Asal: ia adalah pendapat Imam
as-Suyuthi dalam Kitabnya al-Hawi 2/239-256.
أَنَّ مُدَّةَ الدُّنْيَا سَبْعَةُ آلاَفِ سَنَةٍ ، وَأَنَّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ فِي أَوَاخِرِ الأَلِفِ السَّادِسَةِ .
Umur dunia itu hanya 7000 tahun.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri diutus pada akhir-akhir seribu yang
keenam. [Maksudnya bererti separuh kedua darinya, sekitar tahun ke-5500.
Berarti umur umat Islam ini lebih dari 1000 tahun dan kurang dari 1500 tahun].
Imam As-Suyuthi menegaskan,
لاَ يَمْكِنُ أَنْ تَكُوْنَ المُدَّةُ أَلْفاً وَخَمْسَمِائَةٍ أَصْلاً
“Tidak mungkin umur umat Islam
lebih dari 1500 tahun.”
Dasar dalil:-
Dari Abu Hurairah radhiyallahu
‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَثَلُكُمْ وَمَثَلُ أَهْلِ الْكِتَابَيْنِ كَمَثَلِ رَجُلٍ اسْتَأْجَرَ
أُجَرَاءَ فَقَالَ مَنْ يَعْمَلُ لِى مِنْ غُدْوَةَ إِلَى نِصْفِ النَّهَارِ عَلَى
قِيرَاطٍ فَعَمِلَتِ الْيَهُودُ ، ثُمَّ قَالَ مَنْ يَعْمَلُ لِى مِنْ نِصْفِ
النَّهَارِ إِلَى صَلاَةِ الْعَصْرِ عَلَى قِيرَاطٍ فَعَمِلَتِ النَّصَارَى ثُمَّ
، قَالَ مَنْ يَعْمَلُ لِى مِنَ الْعَصْرِ إِلَى أَنْ تَغِيبَ الشَّمْسُ عَلَى
قِيرَاطَيْنِ فَأَنْتُمْ هُمْ ، فَغَضِبَتِ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى ، فَقَالُوا
مَا لَنَا أَكْثَرَ عَمَلاً ، وَأَقَلَّ عَطَاءً قَالَ هَلْ نَقَصْتُكُمْ مِنْ
حَقِّكُمْ قَالُوا لاَ . قَالَ فَذَلِكَ فَضْلِى أُوتِيهِ مَنْ أَشَاءُ
Permisalan kalian dengan ahli
kitab (Yahudi dan Nashrani) seperti permisalan seseorang yang diberi upah.
Ditanya, “Siapa yang mahu bekerja dari pagi hingga pertengahan siang (waktu
zawal atau waktu Zuhur) lalu mendapat upah satu qirath?” Lalu yang bekerja
ketika itu adalah orang Yahudi. Kemudian ditanya lagi, “Siapa yang mau bekerja
dari pertengahan siang hingga waktu Asar dengan mendapat upah satu qirath?”
Lantas yang bekerja adalah Nasrani. Lalu ditanya lagi, “Siapa yang mahu bekerja
dari ‘Asar hingga matahari tenggelam, upahnya dua qirath?” Itulah kalian umat
Islam. Yahudi dan Nasrani lantas marah. Mereka katakan, “Kami lebih banyak
bekerja, namun kenapa kami diberi sedikit?” Dijawab, “Apakah upah kalian
dikurangi?” Mereka jawab, “Tidak.” Lalu dijawab, “Itulah keutamaanku dan
keutamaan yang diberi pada siapa saja yang dikehendaki oleh Allah.” (HR.
Bukhari no. 2268)
Syarah hadith dalam Fathul Baari 4/566, Ibnu Hajar mengatakan
seperti:-
“Hadith ini dijadikan dalil bahawa
kewujudan umat ini mencapai lebih dari seribu tahun, berdasarkan dari hadits
ini ialah bahawa kewujudan Yahudi setara dengan gabungan kewujudan (umur) Nasrani
dan Muslimin. Sedangkan ahli sejarah telah sepakat bahawa jarak waktu yang
dilalui umat Yahudi hingga diutusnya Nabi saw adalah lebih dari 2000 tahun, sedangkan tempoh
yang dilalui Nasrani hingga diutusnya Nabi saw adalah 600 tahun, dan ada pula
yang mengatakan kurang dari itu, sehingga tempoh yang akan dilalui kaum Muslimin
pasti lebih dari seribu tahun.”
Ini bererti bahawa Ibnu Hajar
sekadar menukil pendapat sebagian kalangan dalam menafsirkan hadith tersebut
tanpa menyebut siapa orang yang berpendapat. Dengan kata lain, ini pendapat
yang bersumber dari orang yang tak dikenali yang agaknya bukan tergolong ulama yang
dijadikan sandaran. Andai saja orangnya tergolong ulama yang dipegang, pastilah
namanya layak untuk disebutkan. Jadi, Ibnu Hajar sendiri sama sekali tidak
boleh dianggap menyetujui pendapat tersebut kerana beliau sendiri menukilnya
dengan shighat mabni lil majhul, yang identik dengan shighat tamridh, dan
shighat tamridh mengesankan lemahnya pendapat yang dinukil.
Ibnu Hajar juga mengatakan sebelumnya
sebagai berikut: “Hadith ini juga mengandungi isyarat akan singkatnya umur dunia
yang tersisa. Jadi, pengiraan umur umat Islam sama dengan umur Yahudi dikurangi
umur Nasrani, atau 2000 lebih sedikit dikurangi 600 tahun, yakni 1400 tahun
lebih sedikit.”
Sementara itu, As–Suyuti dalam
kitab (Al-Al-Kasyf An Mujaawazah Hadzihi Ummah Al-Alf) mengatakan: “Berdasarkan
sejumlah riwayat (atsar), umur umat ini (islam) adalah lebih dari seribu tahun,
namun lebihnya tidak mungkin lebih dari 500 tahun (Al-Kasyf hal. 206).
Maksudnya, maksima umur umat ini adalah 1500 tahun.”
Bantahan
1. hadith dalam Sahih
Bukhari di atas, bukanlah dalam konteks menjelaskan umur umat Islam, melainkan
sekadar membuat perumpamaan. Hal ini dijelaskan oleh Ibnu Rajab Al-Hanbali:
“Hadith ini disampaikan oleh Nabi shallallaahu’alaihi wa sallam sekedar sebagai
perumpamaan, dan perumpamaan itu cenderung bersifat longgar.” (Fath Al-Bari 4/341).
Dengan demikian, ketika Nabi menyerupakan kewujudan kita dibanding umat-umat
sebelumnya ialah seperti tempoh antara masuknya waktu asar hingga terbenam
matahari, maka ini sekedar permisalan dengan maksud mubalaghah (majas
hiperbola) dalam menjelaskan dekatnya terjadinya hari kiamat. Dan hal ini bukan
bererti bahawa kewujudan umat akan sesingkat itu. Dari sini, jelaslah bahawa
Nabi tidak menjelaskan umur umat Islam dalam hadith tersebut, sebagaimana yang
dipahami oleh sebahagian orang. Sementara itu, Imam Haramain mengatakan: “Hukum-hukum agama tidak boleh
diambil dari hadith-hadith yang disampaikan dalam bentuk perumpamaan.” (Fathul
Baari 2/50).
2. Hadith tersebut
membicarakan sedikit atau banyaknya amal bukan umur umat (Fathul Bari 2/50-51).
3. Hanya Allah swt yang
mengetahui tarikh kiamat seperti dirakamkan dalam al-Quran:-
Allah Ta’ala
berfirman,
يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ ۖ قُلْ إِنَّمَا
عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ ۚ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا
“Manusia bertanya
kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang
hari berbangkit itu hanya di sisi Allah”. Dan tahukah kamu (hai Muhammad),
boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.” (QS. Al-Azhab: 63)
Ibnu Katsir
rahimahullah berkata,
يقول تعالى مخبراً لرسوله صلوات الله وسلامه عليه أنه لا
علم له بالساعة وإن سأله الناس عن ذلك، وأرشده أن يردّ علمها إلى الله عز وجل اهـ .
“Allah mengabarkan
kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahawa beliau tidak ada
pengetahuan tentang hari kiamat, di mana orang-orang bertanya tentang hal itu.
Namun ilmu tentang hari kiamat dikembalikan kepada Allah.”
Syaikh Asy-Syinqithi
mengatakan,
ومعلوم أن (إنما) صيغة حصر ، فمعنى الآية : أن الساعة لا
يعلمها إلا الله وحده اهـ .
“Innama
(sesungguhnya) dalam ayat ini bermakna hasyr (pembatasan, yang bererti hanya).
Sesungguhnya kiamat tidak diketahui kecuali hanya Allah saja.” (6:64)
Dalam hadith Jibril
disebutkan,
قَالَ , فَأَخْبِرْنِي عَنِ السَّاعَةِ , قَالَ ” مَا
المَسْئُوْلُ بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ
Orang itu berkata lagi, “Beritahukan
kepadaku tentang kiamat.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,”
Orang yang ditanya itu tidak lebih tahu dari yang bertanya.” (HR. Muslim no. 8)
4. Hadith yang digunakan
oleh as-Suyuthi itu dhaif (as-Sakhawi dalam Maqasid Hasanah hal. 444; Ibnu
Katsir dalam Nihayah al-Fitan 1/25, 2/28; Ibnu Qayyim dalam al-Manarul Munif
1/80). Sementara atsar sahabat yang sahih dalam bab ini, menurut para ulama
sumbernya adalah dari ahli kitab. Al -Imam As-Sakhawi berkata : “Setiap riwayat
yang menyebutkan batasan hari kiamat dengan ta’yin (penetapan), adakalanya
tidak ada asalna atau tidak kuat sanadnya.” (Maqasid Hasanah hal. 693)
5. Perhitungan
as-Suyuthi bercanggah dengan tanda-tanda kiamat. pendapat As-Suyuthi tersebut
dibantah oleh As-Shan’ani dalam risalahnya yang berjudul كم الباقي من عمر الدنيا؟ (Berapa Sisa Umur Dunia? Hal. 40). As-Shan’ani menyebutkan
atsar-atsar yang menjadi pijakan As-Suyuti, iaitu:
a)
Atsar Abdullah bin Amru bin Ash yang berbunyi:
يبقى الناس
بعد طلوع الشمس من مغرهبا مائة وعشرين سنة
Setelah matahari terbit dari Barat, manusia akan tetap
eksis selama 120 tahun.
b)
Bahwasanya Isa Al-Masih akan tetap hidup selama 40
tahun setelah membunuh Dajjal.
c)
Kemudian setelah itu Isa akan menggantikan
kepemimpinan seorang lelaki dari Bani Tamim selama 3 tahun.
d)
Dan bahwasanya manusia akan tetap hidup 100 tahun
setelah Allah mengirim angin baik yang mencabut roh setiap mukmin, akan tetapi
mereka yang masih hidup tersebut tidak mengenal agama apa pun.
Setelah menyebutkan atsar-atsar tadi, As-Shan’ani lantas
berkata:
فهذه مئتان وثلاث وستون سنة، ونحن الآن في قرن الثاني عشر، ويضاف إليه
مئتان وثلاث وستون سنة، فيكون الجميع أربعة عشر مئاة وثلاث وستون، وعلى قوله إنه
لا يبلغ خمسمئة سنة بعد الألف، يكون منتهى بقاء الأمة بعد الألف: أربعمئة وثلاث
وستين سنة، يتخرج منه أن خروج الدجال –أعاذنا الله من فتنته– قبل انخرام هذه المئة
التي نحن فيها!
Bererti, jumlah temponya ialah 263 tahun, sedangkan kita saat ini berada
pada abad ke-12 hijriyah, yang bila ditambah 263 tahun, bererti totalnya 1463
tahun. Dan menurut pendapat As-Suyuti yang mengatakan, ‘Bahawa penangguhan umur
umat islam tidak lebih dari 500 tahun setelah berlalu seribu tahun,’ bererti
batas akhir akhir umat Islam setelah melalui 1000 tahun, adalah 463 tahun.
Kesimpulannya, keluarnya Dajjal –semoga Allah melindungi kita darinya– adalah
sebelum abad ke-12 H ini berakhir.
Jadi, ternyata atsar-atsar yang dijadikan pijakan oleh
As-Suyuti untuk menentukan batas umur umat Islam maksimal adalah 1500 tahun itu
memiliki pengiraan yang berbeza. Sebabnya, 1500 tahun itu masih dikurangi
peristiwa-peristiwa berikut:
-
Tempoh 120 tahun setelah matahari terbit dari barat.
-
Tempoh 40 tahun dari keberadaan Isa Al-Masih setelah
terbunuhnya Dajjal.
-
Tempoh 3 tahun ketika Isa menggantikan kepemimpinan
seorang lelaki Bani Tamim.
-
Tempoh 100 tahun setelah semua orang beriman
diwafatkan melalui berhembusnya angin baik.
Totalnya dari data di atas ialah 120 + 40 + 3 + 100 =
263 tahun. Kesimpulannya, umur umat Islam harus berakhir setelah melalui (1500
– 263 =) 1237 tahun. Dengan kata lain, semua peristiwa besar tadi mestinya
telah muncul pada tahun 1237 H menurut kiraan As-Suyuti (yang ternyata tidak
terjadi)!
Syaikh Muhammad Shalih
Al-Munajjid membantah perkataan Imam As-Suyuthi:
Imam Suyuthi menyebutkan bahwa
Imam Mahdi muncul setelah 1200 H. Sekarang kita sudah menginjak 1400-an
Hijriyah, Imam Mahdi pun belum muncul. Imam Suyuthi katakan bahawa manusia akan
tinggal ketika matahari terbit dari arah tenggelamnya selama 120 tahun, lalu
kiamat terjadi. Bererti kalau sekarang 1400 H, berarti harusnya matahari sudah
terbit dari arah tenggelamnya selama 20 tahun. Dajjal muncul pada kepala
seratus tahun, lalu Isa bin Maryam akan membunuhnya. Isa akan hidup setelah itu
empat puluh tahun. Padahal kita berada pada 100 tahun terakhir menurut perhitungan
Imam Suyuthi. Namun sampai saat ini Dajjal belum keluar dan Isa bin Maryam juga
belum turun.
Al-Allaamah Shiddiq Hasan Khaan,
beliau berkata, “Sekarang sudah lebih dari 1300 tahun, namun Imam Mahdi belum
juga keluar, Nabi Isa belum turun,
Dajjal juga belum datang, Semua ini
menunjukkan bahwa prediksi ini tidaklah benar (Lawami’ Al-Anwar Al-Bahiyah
2/66, Al-Idzaa’ah hal. 184).
Syaikh Muhammad Rasyid Ridha juga
membantah pendapat imam As-Suyuthi secara panjang lebar, diantaranya beliau
berkata “Sepertinya, buku beliau dibangun di atas dua hadits palsu dan dusta.”(
Tafsir al Manar 9/470-482).
Kesimpulan
Semua ini hanya pendapat dan
dugaan.
Hal ini sebagaimana yang diakui
sendiri oleh al Imam Ibnu Rajab al Hanbali dalam Fathul Bari 4/343 : “Apa-apa
yang disebut dalam (pembahasan) yang demikian itu hanyalah merupakan
perkiraan-perkiraan yang tidak berfaedah kepastian (‘ilm).
As-Sakhawi dalam Al-Ajwibah Al-Mardhiyyah 1/96 berkata : “Ibnu
Katsir menegaskan Demikian pula hadith-hadith tentang pembatasan hari Kiamat
secara pasti, semuanya tidak sahih sanadnya.”
Dan sebaiknya tetaplah beramal
untuk mempersiapkan diri
Rujukan
Fatwa Soaljawab Islam no. 33689
http://www.konsultasislam.com/2017/08/umur-umat-muhammad-1500-tahun-saja.html
https://rumaysho.com/23085-umur-umat-islam-hanya-1500-tahun.html
https://kipmi.or.id/koreksi-pemahaman-terhadap-hadits-tentang-umur-umat-islam-2.html
https://mtaufiknt.wordpress.com/2017/03/21/umur-umat-islam-maksimal-1500-tahun/
No comments:
Post a Comment