Takhrij

Thursday, 26 August 2021

Kejahilan dalam ilmu agama akan membinasakan diri

 

 

Kebodohan dicela oleh Allah Ta’ala Dan Rasul

 

وَإِنْ كَانَ كَبُرَ عَلَيْكَ إِعْرَاضُهُمْ فَإِنِ اسْتَطَعْتَ أَنْ تَبْتَغِيَ نَفَقًا فِي الْأَرْضِ أَوْ سُلَّمًا فِي السَّمَاءِ فَتَأْتِيَهُمْ بِآيَةٍ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَمَعَهُمْ عَلَى الْهُدَى فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْجَاهِلِينَ

 

Dan jika perpalingan mereka (darimu) terasa amat berat bagimu, maka jika kamu dapat membuat lubang di bumi atau tangga ke langit, lalu kamu dapat mendatangkan mukjizat kepada mereka, (maka buatlah).  Kalau Allah menghendaki tentu saja Allah menjadikan mereka semua dalam petunjuk. Sebab itu janganlah kamu sekali-kali termasuk orang-orang yang jahil [QS. Al An’am: 35].

 

قَالَ يَا نُوحُ إِنَّهُ لَيْسَ مِنْ أَهْلِكَ إِنَّهُ عَمَلٌ غَيْرُ صَالِحٍ فَلَا تَسْأَلْنِ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنِّي أَعِظُكَ أَنْ تَكُونَ مِنَ الْجَاهِلِينَ

 

Allah berfirman: “Hai Nuh, sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu (yang dijanjikan akan diselamatkan). Sesungguhnya (perbuatannya) perbuatan yang tidak baik. Sebab itu janganlah kamu memohon kepada-Ku sesuatu yang kamu tidak mengetahui (hakikat)nya. Sesungguhnya Aku memeringatkan kepadamu supaya kamu jangan termasuk orang-orang yang tidak berpengetahuan [QS. Hud: 46].

 

Para Nabi ‘Alaihimussalam berlindung dari kebodohan

 

وَإِذْ قَالَ مُوسَى لِقَوْمِهِ إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تَذْبَحُوا بَقَرَةً قَالُوا أَتَتَّخِذُنَا هُزُوًا قَالَ أَعُوذُ بِاللَّهِ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْجَاهِلِينَ

 

Dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyembelih seekor lembu betina”. Mereka berkata: “Apakah kamu hendak menjadikan kami buah ejekan?” Musa menjawab: “Aku berlindung kepada Allah agar tidak menjadi salah seorang dari orang-orang yang jahil [QS. Al Baqarah: 67].

 

قَالَ رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِين

 

Yusuf berkata: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku.  Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh  [QS. Yusuf: 33].

 

Tidak akan pernah sama orang bodoh dengan orang berilmu

 

قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الأَلْبَابِ

 

Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?.” [QS. Az Zumar:9].

 

Berkata As Sa’di rahimahullah:

 

{ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ } ربهم ويعلمون دينه الشرعي ودينه الجزائي، وما له في ذلك من الأسرار والحكم { وَالَّذِينَ لا يَعْلَمُونَ } شيئا من ذلك؟ لا يستوي هؤلاء ولا هؤلاء، كما لا يستوي الليل والنهار، والضياء والظلام، والماء والنار.

 

Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mnegetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Maksudnya adalah Rabb, mereka dan orang-orang yang mengetahui agama yang berupa syariat dan hukum, dan apa dimilikinya berupa rahsia dan hikmah-hikmah (yang tersembunyi), “ dengan orang-orang yang tidak mengetahui”, iaitu sesuatu pun dari hal itu?! Tidak akan sama mereka dengan mereka, sebagaimana tidak sama malam dan siang, cahaya dan kegelapan serta air dan api.”(Taisir Al Karim Ar Rahman hal. 720).

 

Oleh sebab ini Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah berkata:

 

«من علم ليس كمن لم يعلم»

 

Barang siapa yang berilmu, tidak seperti seorang yang belum mengilmui (Jami’ Bayan Al Ilmu wa Fadhlih, 1/192).

 

Kebodohan ilmu agama adalah tanda buruk yang menujukkan semakin dekatnya hari kiamat

 

عن ابن مسعود وَأَبِي مُوسَى رضي الله عنهما قَالا: قال النبي صلى الله عليه وسلم:إِنَّ بين يَدَيْ السَّاعَةِ لأيَّامًا يَنْزِلُ فيها الْجَهْلُ وَيُرْفَعُ فيها الْعِلْمُ وَيَكْثُرُ فيها الْهَرْجُ وَالْهَرْجُ الْقَتْلُ).

 

Abdullah bin Mas’ud dan Abu Musa Al Asy’ari radhiyallahu ‘anhuma, keduanya berkata: “Nabi Muhammad shallallahu  ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya di hadapan kiamat benar-benar ada hari-hari yang akan turun di dalamnya kebodohan dan diangkat di dalamnya ilmu, dan akan banyak terjadi di dalamnya al Harju (pembunuhan). [HR. Bukhari no. 7062].

 

عن أَنَسِ رضي الله عنه قال: قال رسول اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: إِنَّ من أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَثْبُتَ الْجَهْلُ وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا)

 

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya dari tanda kiamat adalah akan diangkatnya ilmu, ditetapkannya kebodohan, diminumnya khamr dan terlihatnya (terbiasa) pezinaan.” [HR. Bukhari no. 80 dan Muslim no. 2671].

 

Kebodohan mendatangkan kesesatan dan menyesatkan

 

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « إِنَّ اللَّهَ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ النَّاسِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ حَتَّى إِذَا لَمْ يَتْرُكْ عَالِمًا اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالاً فَسُئِلُوا فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا ».

 

Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seungguhnya Allah tidak akan mencabut ilmu seketika dari manusia, akan tetapi mencabut ilmu dengan dicabutnya (diwafatkannya) para alim, sehingga tidak meninggalkan seorang alim pun. Akhirnya orang-orang menjadikan pemimpin-pemimpin orang-orang bodoh. Lalu mereka ditanya dan mereka memberi fatwa tanpa ilmu. Maka mereka telah sesat dan menyesatkan (HR. Muslim no. 2673).

 

Orang bodoh ilmu tentang dasar-dasar agama itu ketinggalan kebelakang

 

Berkata As Suyuthi rahimahullah:

 

«كل من جهل تحريم شيء ممّا يشترك فيه غالب النّاس لم يقبل إلّا أن يكون قريب عهد بالإسلام، أو نشأ ببادية يخفى عليه مثل ذلك»)

 

Setiap orang yang bodoh tentang pengharaman sesuatu dari perkara yang kebanyakan manusia bersepakat di dalamnya, maka tidak akan diterima darinya (kebodohan ini), kecuali ia baru masuk Islam atau seorang yang hidup di daerah pedalaman, tersembunyi baginya perkata tersebut (Al Asybah wa An Nazhair hal. 200).

 

Bodoh tanda kehinaan dan perendahan dari allah ta’ala

 

عَنِ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِى سُفْيَانَ وَهُوَ يَخْطُبُ يَقُولُ إِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّينِ وَإِنَّمَا أَنَا قَاسِمٌ وَيُعْطِى اللَّهُ ».

 

Mu’awiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu ‘anhuma, ketika berhothbah berkata: “Sesungguhnya aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Barang siapa yang diinginkan oelh Allah kebaikan, nescaya Allah memahamkannya dalam urusan agama. Sesungguhnya aku hanyalah pembagi, Yang Memberi adalah Allah.” [HR. Bukhari no. 71].

 

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

 

Nescaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” [QS. Al Mujadilah:11].

 

Berkata Al Hasan Al Basri rahimahullah:

 

إِذَا اِسْتَرْذَلَ اَللَّهُ عَبْدًا زَهَّدَهُ فِي اَلْعِلْمِ.

 

Jika Allah menghendaki untuk menghinakan seorang hamba, nescaya Allah akan menjauhkannya di dalam ilmu.

 

 

 Orang bodoh laksana mayat hidup

 

وَفي الجَهلِ قَبلَ المَوتِ مَوتٌ لأَهلِهِفَأَجسامُهُم قَبلَ القُبورِ قُبورُ

وَإِنَّ اِمرَءاً لَم يُحيى بِالعِلمِ مَيِّتٌفَلَيسَ لَهُ حَتّى النَشورِ نُشورُ

 

Dan di dalam kebodohan sebelum kematian datang adalah kematian bagi orang bodoh … Badan-badan mereka sebelum dikubur adalah kuburan. Dan sesungguhnya seseorang yang tidak menghidupkan hidupnya dengan ilmu adalah seorang mayat … Tidak ada baginya (bahagiannya) sampai dibangkitnya manusia dari kuburnya [Adab Ad Dunya wa Ad Din hal. 51].

 

Cuba bezakan antara ilmu dan kebodohan, antara seorang yang berlimu dengan seorang yang bodoh

 

قَالَ: ” أَخَذَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ بِيَدِي فَأَخْرَجَنِي إِلَى نَاحِيَةِ الْجَبَّانِ، فَلَمَّا أَصْحَرْنَا جَلَسَ ثُمَّ تَنَفَّسَ ثُمَّ قَالَ: ” يَا كُمَيْلُ بْنَ زِيَادٍ الْقُلُوبُ أَوْعِيَةٌ فَخَيْرُهَا أَوْعَاهَا، وَاحْفَظْ مَا أَقُولُ لَكَ: النَّاسُ ثَلَاثَةٌ: فَعَالِمٌ رَبَّانِيٌّ، وَمُتَعَلِّمٌ عَلَى سَبِيلِ نَجَاةٍ، وَهَمَجٌ رَعَاعٌ أَتْبَاعُ كُلِّ نَاعِقٍ، يَمِيلُونَ مَعَ كُلِّ رِيحٍ، لَمْ يَسْتَضِيئُوا بِنُورِ الْعِلْمِ، وَلَمْ يَلْجَئُوا إِلَى رُكْنٍ وَثِيقٍ. الْعِلْمُ خَيْرٌ مِنَ الْمَالِ، الْعِلْمُ يَحْرُسُكَ، وَأَنْتَ تَحْرُسُ الْمَالَ، الْعِلْمُ يَزْكُو عَلَى الْعَمَلِ، وَالْمَالُ تُنْقِصُهُ النَّفَقَةُ، وَمَحَبَّةُ الْعَالِمِ دَيْنٌ يُدَانُ بِهَا، الْعِلْمُ يُكْسِبُ الْعَالِمَ الطَّاعَةَ فِي حَيَاتِهِ، وَجَمِيلَ الْأُحْدُوثَةِ بَعْدَ مَوْتِهِ، وَصَنِيعَةُ الْمَالِ تَزُولُ بِزَوَالِهِ. مَاتَ خُزَّانُ الْأَمْوَالِ وَهُمْ أَحْيَاءٌ، وَالْعُلَمَاءُ بَاقُونَ مَا بَقِيَ الدَّهْرُ، أَعْيَانُهُمْ مَفْقُودَةٌ، وَأَمْثَالُهُمْ فِي الْقُلُوبِ مَوْجُودَةٌ

 

Berkata Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu kepada Kumail bin Ziyad (seorang tabien) rahimahullah: “Wahai Kumail bin Ziyad, hati itu bagaikan wadah. Maka sebaik-baik hati adalah yang paling dijaga, dan hafalkanlah apa yang aku ucapkan untukmu. Manusia itu ada tiga jenis:

 

1. Seorang yang berilmu yang bersifat Rabbani

2. Seorang yang belajar yang meniti jalan keselamatan

3. Seorang yang tidak teratur bodoh, mengikuti setiap orang yang menuntunnya. Ia bergerak bersamaan dengan setiap hembusan angin. Ia tidak mengambil cahaya dengan cahaya ilmu, tidak bersandar kepada asas yang kuat.

 

Ilmu Lebih Baik Dari Harta:

 

1. Ilmu yang akan menjagamu, sedangkan kamu yang akan menjaga harta.

2. Ilmu akan menyucikan jika diamalkan. Sedangkan harta akan berkurang dengan dinafkahkan.

3. Mencintai ilmu adalah agama yang dianut.

4. Ilmu menghasilkan ketaatan orang mengilmuinya di dalam kehidupannya.

5. Ilmu menghasilkan kenangan yang baik setelah kematiannya. Sedangkan pembuat harta akan hilang.

6. Para penyimpan harta dinyatakan mati sedangkan mereka masih hidup. Adapun para ulama (orang-orang yang berilmu) akan selalu hidup (/dikenang) selama masih ada dunia. Jasad mereka hilang, tetapi keberadaan mereka di dalam hati-hati (manusia) selalu ada…” [faqih Wa Al Mutafaqqih no. 177].

 

 

Kebodohan adalah penyakit mematikan

 

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

 

والجهل داء قاتل وشفاؤه*** امران في التركيب متفقان

نص من القرآن أو من سنة*** وطبيب ذاك العالم الرباني

 

Dan kebodohan itu adalah penyakit yang mematikan. Ubatnya adalah dua perkara yang saling bergandingan (iaitu) nas dari Al Quran atau dari As Sunnah. Dan doktornya adalah seorang alim yang Rabbani” [Al Qashidah An Nuniyyah Al Kafiyah Asy Syafiya hal. 265].

 

 

Ubatilah dengan menuntut ilmu dan jangan bosan menuntut ilmu

 

Berkata Sa’id bin Jubair rahimahullah:

 

لا يزال الرجل عالماً ما تعلم فإذا ترك التعلم وظن أنه قد استغنى واكتفى بما عنده فهو أجهل ما يكون.

 

Seseorang masih saja disebut sebagai orang yang berilmu selama ia belajar. Jika ia meninggalkan belajar dan mengira ia tidak memerlukan dan telah mencukupkan dengan apa yang ia miliki, maka ia adalah orang yang paling bodoh.” [al-Majmu’ an-Nawawi 1/29].

 

Dan orang bodoh adalah orang yang berat dalam menuntut ilmu

 

وَقَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُرَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ – : لَا يُثَبِّطُ عَنْ طَلَبِ الْعِلْمِ إلَّا جَاهِلٌ .

 

Tidak ada seorang yang berat dari menuntut ilmu kecuali orang yang bodoh [Ghadza Al Albab fi Syarh Manzhumat Al Adab, 2/517].

 

Rujukan

 

https://www.google.com/amp/s/nasihatsahabat.com/jangan-merasa-keren-jika-masih-bodoh-dalam-ilmu-agama/

No comments:

Post a Comment