Imam Ibnu Sirin rahimahullah
berkata:
إِنَّ هَذَا الْعِلْمَ دِيْنٌ فَانْظُرُوْا عَمَّنْ تَأْخُذُوْنَ دِيْنَكُمْ.
“Sesungguhnya ilmu ini adalah
agama, maka perhatikanlah kepada siapa kalian mengambil agama kalian.” (Sahih
Muslim, 1/7).
Sa’id Al Musayyib rahimahullah
berkata:
لَيْسَتْ عِبَادَةُ اللَّه بِالصَّوْمِ وَالصَّلَاة وَلَكِنْ بِالْفِقْهِ فِيْ دِيْنِهِ
"Ibadah kepada Allah itu
bukan dengan puasa, solat akan tetapi dengan bertafaqquh (mempelajari)
agamanya” (Mifatah Daaris Sa’aadah, Ibnu Qoyyim 1/389)
Muhammad bin Syihab Az Zuhri
rahimahullah berkata:
«مَا عُبِدَ اللَّهُ بِمِثْلِ الْفِقْهِ»
“Tidak ada bentuk mengibadahi
Allah seperti mempelajari ilmu agama” (Mifatah Daaris Sa’aadah, Ibnu Qayyim
1/390)
Imam Al Hasan Bashri rahimahullah
berkata ;
لَأَنْ أَتَعَلَّمَ بَابًا مِنْ الْعِلْمِ فَأُعَلِّمَهُ مُسْلِمًا أَحَبُّ إلَيَّ مِنْ أَنْ تَكُونَ لِي الدُّنْيَا كُلُّهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ تَعَالَى
“Sungguh aku mempelajari satu
bab Ilmu lalu aku ajarkan kepada seorang muslim itu lebih aku cintai daripada
aku memiliki dunia dan seluruh isinya lalu saya infaqkan di jalan Allah Ta’ala”
(Al Majmu’ Syarah Al Muhadzab, An Nawawi 1/21)
Imam Syafi’i rahimahullah
berkata:
طَلَبُ الْعِلْمِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ النَّافِلَةِ
“Menuntut ilmu lebih utama
daripada solat sunnah.” (Shifatush Shafwah, 2/251).
Beliau rahimahullah juga
mengatakan:
لَيْسَ شَيْءٌ بَعْدَ الْفَرَائِضِ أَفْضَلَ مِنْ طَلَبِ الْعِلْمِ
“Tidak ada sesuatu yang lebih
utama setelah yang fardhu dibandingkan mencari ilmu” (Al Majmu’ Syarah Al Muhazzab,
An Nawawi 1/121)
Dalam gubahan syairnya Imam
Syafi’i rahimahullah berkata:
تَعَلَّمْ فَلَيْسَ الْمَرْءُ يُوْلَدُ عَالِـمًــا
وَلَيْسَ أَخُوْ عِلْمٍ كَمَنْ هُوَ جَاهِـلُ
وَإِنَّ كَبِيْرَ الْقَوْمِ لَا عِلْمَ عِـنْـدَهُ
صَغِيْرٌ إِذَا الْتَفَتْ عَلَيْهِ الْجَحَافِلُ
وَإِنَّ صَغِيْرَ الْقَوْمِ إِنْ كَانَ عَالِمًا
كَبِيْرٌ إِذَا رُدَّتْ إِلَيْهِ الْمَحَـافِـلُ
“Belajarlah, kerana tak seorangpun
dilahirkan berilmu
Dan tidaklah orang yang berilmu
seperti orang bodoh
Biarpun pembesar bangsa tapi
tidak berilmu
Ia kecil ketika pasukan
mengepungnya
Biarpun orang kecil tapi berilmu
Ia besar ketika banyak orang
merujuk kepadanya” (Ad Diwan As Syafi’I hal. 69)
Penyair mengatakan dalam gubahan syairnya:
مَا اْلفَخْرُ إِلَّا لِأَهْلِ اْلعِلْمِ إنَّهُمُو
عَلَى اْلهُدَى لِمَنِ اسْتَهْدَى أَدِلَّاءُ
وَقَدْرُ كُلِّ امْرِئٍ مَا كَانَ يُحْسِنُهُ
وَاْلجَاهِلُوْنَ لِأَهْلِ اْلعِلْمِ أَعدَاءُ
“Tiada kemuliaan kecuali bagi ahli
ilmu
Mereka pemandu jalan hidayah bagi
pencarinya
Nilai setiap orang itu tergantung
apa yang dia tekuni
sedangkan orang yang bodoh
terhadap orang berilmu memusuhi " (Al Majmu’ Syarah Muhazzab 1/21).
Penyair lain mengatakan:
يُعَدُّ رَفِيْعُ القَوْمِ مَنْ كَانَ عَالِمًا
وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِيْ قَوْمِهِ بِحَاسِبِ
وَإِنْ حَلَّ أَرْضًا عَاشَ فِيْهَا بِعِلْمِهِ
وَمَا عَالِمٌ فِيْ بَلْدَةٍ بِغَرِيْبِ
“Orang berilmu dipandang sebagai
orang Petinggi bangsa,
meskipun tak tergolong orang bangsawan,
dibumi manapun ia tinggal tetap
hidup dengan ilmunya,
dan seorang berilmu tak kan asing
dinegeri manapun”. (Uyunul Akhbar, Ibnu Qutaibah, 2/136).
No comments:
Post a Comment