Matan
وهو
لواء الحمد فتسير به بين السماطين، آدم وجميع خلق الله يستظلون بظل لوائي يوم
القيامة وطوله مسيرة ألف سنة، سنانه ياقوتة حمراء، قصبته فضة بيضاء، زجه درة
خضراء، له ثلاث ذوائب من نور: ذؤابة في المشرق وذؤابة في المغرب والثالثة وسط
السماء الدنيا مكتوب عليه ثلاثة أسطر، الأول بسم الله الرحمن الرحيم، والثاني
الحمد لله رب العالمين، والثالث لا إله إلا الله، محمد رسول الله، طول كل سطر ألف
سنة، وعرضه مسيرة ألف سنة، وتسير بلوائي والحسن عن يمينك والحسين عن شمالك حتى تقف
بيني وبين إبراهيم في ظل العرش، ثم تكسى حلة خضراء من الجنة ثم ينادي مناد من تحت
العرش، نعم الأب أبوك إبراهيم، ونعم الأخ أخوك علي، أبشر يا علي فإنك تكسى إذا
كسيت، وتدعى إذا دعيت، وتحبى إذا حبيت
Terjemahan
Rasulullah SAW
pernah ditanyai mengenai liwa'ul hamd (panji pujian) tentang lebar, dan
panjangnya. Lalu Beliau menjawab sebagai berikut :
- Panjangnya seperti perjalanan 1 000 tahun,
tertulis di atasnya kalimat tauhid "la ilaha illallah muhammadur
rasululah"
- Lebarnya seperti jarak antara langit dan bumi.
- Gigi-giginya dari batu yaqut merah dan
pegangannya dari emas putih dan batu zamrud hijau.
- Liwa'ul hamd (panji pujian) itu memiliki tiga
ekor (umbul-umbul) yang terlihat seperti cahaya. Ketiga ekor (umbul-umbul)
masing-masing berada timur, di tengah dunia, dan di barat.
- Tertulis di dalamnya 3 baris kalimat, pertama
kalimat basmallah "bismillahir rahmanir rahim", kedua kalimat
hamdallah "alhamdulillahi rabbil 'alamin", dan ketiga kalimat
tauhid "la ilaha illallah muhammadur rasululah".
- Panjang setiap baris seperti perjalanan 1000
tahun. Ada 70000 panji di sekitar liwa'ul hamd (panji pujian), di bawah
setiap panji ada 70000 baris malaikat, dan setiap baris terdiri dari 500000
malaikat yang sentiasa membaca tasbih dan mennsucikan Allah SWT.
Takhrij
HN. Sayyid Hashim
al-Bahrani 5/36 dan Abdul Rahim bin Ahmad al-Qadhi dalam Daqaiq al-Akhbar fi
Dhikr al-Jannah wa al-Nar, wa Yalih Kitab Durar al-Hisan fi al-Ba'th wa Na'im
al-Jinan lil Suyuthi hal. 52 cetakan Darul Kutub al-Ilmiyyah.
Hadith ini maudhu
menurut al-Hafiz Qutb al-Din al-Halimi dalam Al-Muwahib al-ladunniyya bi
al-minah al-Muhammadiyya (المواهب اللدنية بالمنح
المحمدية) 4/268.
Untuk hadith panji
selain panji Liwa al-Hamd dari khabar yang dibawa oleh Imam Jurjani rh:-
Dalam riwayat yang
lain, Syekh Al-Jurjani mengatakan tentang makna sabda Nabi SAW, "liwa'ul
hamdi (panji pujian) ada di tanganku (tangan Nabi SAW)", iaitu ketika hari
kiamat telah ditegakkan, liwa'ul hamd (panji pujian) dikibarkan di hadapan Nabi
SAW. Semua orang mukmin mulai dari keturunan Nabi Adam as sampai orang terakhir
yang lahir di hari kiamat, berada di bawah panji Nabi SAW. Sedangkan orang-orang
kafir berada dalam istirehat kerana belum diseret ke neraka selama liwa'ul
hamdi (panji pujian) dikibarkan.
Panji Selain Liwa'ul Hamd di Hari Kiamat
Dalam
riwayat lain, dijelaskan juga mengenai panji-panji para sahabat selain liwa'ul
hamdi (panji pujian) di hari kiamat, di antaranya adalah :
- Liwa'us shidqi (panji kejujuran) untuk Sahabat
Abu Bakar ra. Setiap orang yang jujur dan senantiasa berkata sesuai fakta
berada di bawah panjinya.
- Liwaul fuqaha' (panji ahli fiqih) untuk
Sahabat Muadz bin Jabal ra. Setiap orang yang ahli fiqih berada di bawah
panjinya.
- Liwa'uz zuhdi (panji kezuhudan) untuk Sahabat
Abu Dzar Al-Ghifari ra. Setiap orang yang zuhud dan orang yang
meninggalkan dunia karena akhiratnya berada di bawah panjinya.
- Liwa'us sakhawah (panji kedermawanan) untuk
Sahabat Utsman bin Affan ra. Setiap orang yang dermawan, suka memberi, dan
suka bersedekah berada di bawah panjinya.
- Liwa'us syuhada' (panji syuhada') untuk
Sahabat Ali bin Abi Thalib ra. Setiap orang yang gugur mati syahid berada
di bawah panjinya.
- Liwa'ul qurra’ (panji bacaan Al-Qur'an) untuk
Sahabat Ubay bin Ka'ab ra. Setiap orang yang sentiasa beristiqamah membaca
Al-Qur'an berada di bawah panjinya.
- Liwa'ul muaddzin (panji tukang adzan) untuk
sahabat Bilal bin Rabah ra. Setiap orang yang mampu beristiqamah
mengumandangkan adzan berada di bawah panjinya.
- Liwaul maqtul dhulman (panji orang-orang yang
terbunuh karena teraniyaya) untuk Husain bin Ali ra. Setiap orang yang
meninggal terbunuh kerana teraniyaya ada di bawah panjinya.
Takhrij
HN. Abdul Rahim bin
Ahmad al-Qadhi dalam Daqaiq al-Akhbar fi Dhikr al-Jannah wa al-Nar, wa Yalih
Kitab Durar al-Hisan fi al-Ba'th wa Na'im al-Jinan lil Suyuthi hal. 52 cetakan
Darul Kutub al-Ilmiyyah.
Tanpa sanad dan status.
Menurut M. Suyudhi Ismail, hadith tanpa adanya sanad maka matan hadith tidak
dapat dikatakan berasal dari Nabi saw (M. Suyudhi Ismail, Metodologi Penelitian
Hadits Nabi hal. 114).
No comments:
Post a Comment