Matan hadith
أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ
أَظَلَّكُمْ شَهْرٌ عَظِيْمٌ، شَهْرٌ مُبَارَكٌ، شَهْرٌ فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ
مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، جَعَلَ اللهُ صِيَامَهُ فَرِيْضَةً، وَقِيَامَ لَيْلِهِ
تَطَوُّعًا، مَنْ تَقَرَّبَ فِيْهِ بِخِصْلَةٍ مِنَ الْخَيْرِ، كَانَ كَمَنْ
أَدَّى فَرِيْضَةً فِيْمَا سِوَاهُ، وَمَنْ أَدَّى فِيْهِ فَرِيْضَةً كَانَ كَمَنْ
أَدَّى سَبْعِيْنَ فَرِيْضَة فِيْمَا سِوَاهُ، وَهُوَ شَهْرُ الصَّبْرِ،
وَالصَّبْرُ ثَوَابُهُ الْجَنَّةُ، وَشَهْرُ الْمُوَاسَاةِ، وَشَهْرٌ يَزْدَادُ
فِيْهِ رِزْقُ الْمُؤْمِنِ، مَنْ فَطَّرَ فِيْهِ صَائِمًا كَانَ مَغْفِرَةً
لِذُنُوْبِهِ، وَعِتْقَ رَقَبَتِهِ مِنَ النَّارِ، وَكَانَ لَهُ مِثْلَ أَجْرِهِ
مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْتَقِصَ مِنْ أَجْرِهِ شَيْءٌ،
قَالُوْا: لَيْسَ كُلُّنَا
نَجِدُ مَا يفطرُ الصَّائِمُ. فَقَالَ : يُعْطِي اللهُ هَذَا الثَّوَابَ مَنْ
فَطَّرَ صَائِمًا عَلَى تَمْرَةٍ أَوْ شَرْبَةَ مَاءٍ أَوْ مَذقَةَ لَبَنٍ، وَهُوَ
شَهْرٌ أَوَّلُهُ رَحْمَةٌ، وَأَوْسَطُهُ مَغْفِرَةٌ، وَآخِرُهُ عِتْقٌ مِنَ
النَّارِ، مَنْ خَفَّفَ عَنْ مَمْلُوْكِهِ غَفَرَ اللهُ لَهُ، وَأَعْتَقَهُ مِنَ
النَّارِ، وَاسْتَكْثِرُوْا فِيْهِ مِنْ أَرْبَعِ خِصَالٍ، : خِصْلَتَيْنِ
تَرْضْوَنِ بِهِمَا رَبَّكُمْ، وَخِصْلَتَيْنِ لَا غِنًى بِكُمْ عَنْهُمَا،
فَأَمَّا الْخِصْلَتَانِ اللَّتَانِ تَرْضَوْنَ بِهِمَا رَبَّكُمْ فَشَهَادَةُ
أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَتَسْتَغْفِرُوْنَهُ، وَأَمَّا اللَّتَانِ لَا
غِنَى بِكُمْ عَنْهُمَا فَتَسْأَلُوْنَ اللهَ الْجَنَّةَ وَ تَعُوْذُوْنَ بِهِ
مِنَ النَّارِ، وَمَنْ أَشْبَعَ فِيْهِ صَائِمًا سَقَاهُ اللهُ مِنْ حَوْضِيْ
شَرْبَةً لَا يَظْمَأُ حَتَّى يَدْخُلَ الْجَنَّةَ.
Terjemahan
Wahai manusia, sunguh telah dekat kepadamu bulan yang agung, bulan yang
penuh dengan keberkahan, yang di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik
(nilainya) dari seribu bulan, bulan yang mana Allah tetapkan puasa di siang
harinya sebagai fardhu, dan shalat (tarawih) di malamnya sebagai sunah. Barang
siapa mendekatkan diri kepada Allah di bulan ini dengan satu kebaikan (amalan
sunnah), maka pahalanya seperti dia melakukan amalan fardhu di bulan-bulan yang
lain. Barangsiapa melakukan amalan fardhu di bulan ini, maka pahalanya seperti
telah melakukan 70 amalan fardhu di bulan lainnya. Inilah bulan kesabaran dan
balasan atas kesabaran adalah syurga, bulan ini merupakan bulan kedermawanan
dan simpati (satu rasa) terhadap sesama. Dan bulan dimana rezeki orang-orang
yang beriman ditambah. Barang siapa memberi makan (untuk berbuka) orang yang
berpuasa maka baginya pengampunan atas dosa-dosanya dan dibebaskan dari api
neraka dan dia mendapatkan pahala yang sama sebagaimana yang berpuasa tanpa
mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa. Mereka (para sahabat) berkata
: “Wahai Rasulullah! tidak semua dari kami mempunyai sesuatu yang boleh
diberikan kepada orang yang berpuasa untuk berbuka.” Rasulullah menjawab:
“Allah akan memberikan pahala ini kepada orang yang memberi buka puasa walaupun
dengan sebiji kurma, atau seteguk air, atau setitis susu”. Inilah bulan yang
permulaannya (sepuluh hari pertama) Allah menurunkan rahmat, yang
pertengahannya (sepuluh hari pertengahan) Allah memberikan ampunan, dan yang
terakhirnya (sepuluh hari terakhir) Allah membebaskan hamba-Nya dari api neraka
. Barangsiapa yang meringankan hamba sahayanya di bulan ini, maka Allah SWT
akan mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka. Dan perbanyaklah
melakukan empat hal di bulan ini, yang dua hal dapat mendatangkan keridhaan
Tuhanmu, dan yang dua hal kamu pasti memerlukannya. Dua hal yang mendatangkan
keridhaan Allah iaitu syahadah (Laailaaha illallaah) dan beristighfar kepada
Allah, dan dua hal yang pasti kalian memerlukannya iaitu mohonlah kepadaNya untuk
masuk syurga dan berlindung kepada-Nya dari api neraka . Dan barang siapa
memberi minum kepada orang yang berpuasa (untuk berbuka), maka Allah akan
memberinya minum dari telagaku (Haudh) dimana dengan sekali minum ia tidak akan
merasakan haus sehingga ia memasuki syurga
Takhrij
HR. Ibnu Adiy dalam al-Kamil Dhuafa’6/512, Ibnu Khuzaimah no. 1887
daripada Salman al-Farisi ra.
Al-‘Aini dalam Umdatul Qari 10/383 menyatakan sanad hadith ini tiada
asalnya.
Syeikh al-Albani dalam Takhrij Misykatul Masabih no. 1906 sanadnya dhaif
jiddan.
Hadith tersebut dari sisi riwayatnya dipandang dhaif (lemah). Namun
diriwayatkan lebih puluhan riwayat (25), dan pada makna-makna kalimahnya
didukung oleh hadith-hadith sahih. Maka pada hakikatnya meskipun hadith ini
riwayatnya dhaif, namun merupakan perpaduan hadith-hadith sahih yang terpisah.
No comments:
Post a Comment