Sanadnya dan matan hadith
Dari Amr bin Shamir dari Jaabir
dari Muhammad Ibn Ali berkata:
إِنَّ لِمَهْدِينَا آيَتَيْنِ لَمْ تَكُونَا مُنْذُ خَلْقِ السَّمَوَاتِ
وَالأَرْضِ تَنْكَسِفُ الْقَمَرُ لأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ وَتَنْكَسِفُ
الشَّمْسُ فِى النِّصْفِ مِنْهُ وَلَمْ تَكُونَا مُنْذُ خَلَقَ اللَّهُ
السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ.
Terjemahan
Sesungguhnya, Al-Mahdi yang kita
nantikan itu memiliki dua mukjizat yang belum pernah terjadi semenjak Allah
menciptakan langit dan bumi, (yakni) bulan mengalami gerhana pada malam pertama
(awal) bulan Ramadan, sedangkan matahari mengalami gerhana pada pertengahan
bulan itu, dan kedua hal itu belum pernah terjadi sejak Allah menciptakan
langit dan bumi.
Takhrij
AR. al-Daruquthni 2/65.
Atsar ini palsu, merupakan
kedustaan atas nama Muhammad bin Ali al-Hanafiyah rahimahullah (Mausuah fi
Ahadith al-Mahdi al-Dhaifan wal Maudhuah hal. 169).
Hadith ini berhenti pada Muhammad
bin Ali yang merupakan cucu Rasulullah SAW.
Di dalam rantaian perawi yang
meriwayatkan hadith ini juga terdapat seorang yang bernama Amar bin Shamir.
Imam Daraquthni menyatakan bahawa perawi ini tidak boleh dipercayai.
Di dalam kitab Mizanul I’tidal,
Imam az-Zahabi telah membawakan penilaian para ulama mengenai terhadap Amar bin
Shamir.
Antaranya: Imam Yahya Bin Mu’en
berkata perawi ini majhul.
Imam Jauzjani berkata dia seorang
pendusta
Ibni Hibbaan menyatakan dia
seorang Syiah yang mencaci sahabat dan mereka-reka hadith dengan menggunakan
nama-nama ulama yang berautoriti.
Imam Bukhari menilainya munkarul
hadith.
Imam Yahya berkata: “Perawiannya
tidak patut diterima”.
Berkata Imam Sulaimani: “Amar
mereka-reka cerita bagi menyokong dakwaan Syiah”.
Imam Nasaai berkata: “Perawiannya
ditolak.”
Rujukan
Fatwa Soaljawab Islam no. 26836.
No comments:
Post a Comment