Thursday, 26 August 2021

Hadith zikir Hasbiyallah

 

Hadith Abu Darda’ radhiyallahu 'anhu yang menyebutkan zikir:

 

حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ، عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ، وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

 

Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepadaNya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arasy yang agung

 

Diriwayatkan secara marfu’, mauquf, dan mursal melalui jalur Mudrik bin Abi Sa’ad Al-Fazari, dari Yunus bin Maisarah bin Halbas.

 

Riwayat marfu’

 

Diriwayatkan oleh Ibnu As-Sunni dalam kitabnya Amal Al-Yaum wa Al-Lailah no.71:

 

قال: حَدَّثَنِي أَحْمَدُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْجَرْمِيُّ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الرَّزَّاقِ الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنِي جَدِّي عَبْدُ الرَّزَّاقِ بْنُ مُسْلِمٍ الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنَا مُدْرِكُ بْنُ سَعْدٍ أَبُو سَعْدٍ، قَالَ: سَمِعْتُ يُونُسَ بْنَ حَلْبَسٍ، يَقُولُ: سَمِعْتُ أُمَّ الدَّرْدَاءِ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " مَنْ قَالَ فِي كُلِّ يَوْمٍ حِينَ يُصْبِحُ وَحِينَ يُمْسِي: حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ، عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ، وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، سَبْعَ مَرَّاتٍ، كَفَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ هَمَّهُ مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ "

 

Ibnu As-Sunni berkata: Telah menceritakan kepadaku, Ahmad bin Sulaiman Al-Jarmi; Telah menceritakan kepada kami, Ahmad bin Abdurrazzaq Ad-Dimasyqi; Telah menceritakan kepadaku datukku iaitu Abdurrazaq bin Muslim Ad-Dimasyqi; Telah menceritakan kepada kami Mudrik bin Sa’ad Abu Sa’ad; Ia berkata: Aku mendengar Yunus bin Halbas berkata: Aku mendengar Ummu Ad-Darda’; dari Abu Ad-Darda’ radhiyallahu 'anhu; dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Barangsiapa yang membaca setiap hari ketika pagi dan petang: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arasy yang agung"; Maka Allah akan mencukupi keperluannya dari urusan dunia dan akhirat”.

 

Diriwayatkan juga oleh Ibnu ‘Asakir dalam kitabnya Taariikh Dimasyq 36/193:

 

عن أبي محمد عبد الرزاق نا أحمد بن عبد الله بن عبد الرزاق المقرئ نا جدي عبد الرزاق بن عمر نا مدرك بن أبي سعد عن يونس بن ميسرة عن أم الدرداء عن أبي الدرداء عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: " من قال كل يوم حين يصبح وحين يمسي لا إله إلا الله عليه توكلت وهو رب العرش العظيم كفاه الله ما أهمه من أمر الدنيا وأمر الآخرة صادقا كان بها أو كاذبا "

 

Dari Abu Muhammad Abdurrazzaq; Telah menceritakan kepada kami, Ahmad bin Abdillah bi Abdurrazzaq Al-Muqri’; … (selanjutnya dengan sanad yang sama).

 

Hanya saja dalam matannya ada tambahan lafaz “ صادقا كان بها أو كاذبا “ (ia jujur dengan keperluannya tersebut atau pun bohong).

 

Sanad ini sangat lemah kerana syaz, menyalahi riwayat yang lebih kuat.

 

Ahmad bin Abdillah bi Abdurrazzaq bin  Umar bin Muslim, Abu Al-Hasan Ad-Dimasyqi Al-Muqri’; Ibnu ‘Asakir berkata: Ia seorang syekh yang shalih dan tsiqah. [Tariikh Dimasyq 71/234].

 

Akan tetapi riwayatnya ini menyalahi riwayat lain yang lebih kuat yang menyebutkannya secara mauquf dari perkataan Abu Ad-Darda’ radhiyallahu 'anhu, sebagaimana berikut ini:

 

 

Riwayat mauquf

 

Diriwayatkan melalui tiga jalur:

 

1.       Jalur Yaziid bin Muhammad Ad-Dimasyqi, Abu Al-Qasim (w.198H); Ia seorang yang tsiqah (Tahdzib al-Kamal 32/234, al-Kasyif 2/389, Taqribut Tahdzib hal. 604).

 

Diriwayatkan oleh Abu Daud dalam kitabnya “As-Sunan” 4/321 no.5081:

 

قال: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ بْنُ مُسْلِمٍ الدِّمَشْقِيُّ، وَكَانَ مِنْ ثِقَاتِ الْمُسْلِمِينَ مِنَ الْمُتَعَبِّدِينَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُدْرِكُ بْنُ سَعْدٍ، - قَالَ يَزِيدُ: شَيْخٌ ثِقَةٌ - عَنْ يُونُسَ بْنِ مَيْسَرَةَ بْنِ حَلْبَسٍ، عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: «مَنْ قَالَ إِذَا أَصْبَحَ وَإِذَا أَمْسَى، حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ، عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، سَبْعَ مَرَّاتٍ، كَفَاهُ اللَّهُ مَا أَهَمَّهُ صَادِقًا كَانَ بِهَا أَوْ كَاذِبًا»

 

Abu Daud berkata: Telah menceritakan kepada kami, Yazid bin Muhammad Ad-Dimasyqi; Telah menceritakan kepada kami, Abdurrazzaq bin Muslim Ad-Dimasyqi dan ia adalah diantara umat Islam yang tsiqah dan ahli ibadah; Ia berkata: Telah menceritakan kepada kami, Mudrik bin Sa’ad – Yaziid berkata: Ia seorang syekh yang tsiqah -; dari Yunus bin Maisarah bin Halbas, dari Ummi Ad-Darda’, dari Abi Ad-Darda’ radhiyallahu 'anhu, ia berkata: “Barangsiapa yang membaca ketika pagi dan petang: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arasy yang agung"; tujuh kali, maka Allah akan mencukupi apa yang menjadi keperluannya baik ia jujur dengan keperluannya tersebut atau pun bohong”.

 

2.       Jalur Abu Zur’ah Abdurrahman bin ‘Amr Ad-Dimasyqi (w.281H); Ia seorang yang tsiqah (Tahdzib al-Kamal 17/301, al-Kasyif 1/638, Taqribut Tahdzib hal. 347):

 

Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir dalam kitabnya Tariikh Dimasyq 36/149:

 

عن أبي زرعة حدثني عبد الرزاق بن عمر بن مسلم نا مدرك بن أبي سعد عن يونس بن ميسرة بن حلبس عن أم الدرداء عن أبي الدرداء قال: ما من عبد يقول حسبي الله لا إله إلا هو عليه توكلت وهو رب العرش العظيم سبع مرات صادقا كان بها أو كاذبا إلا كفاه الله ما همه .

 

3.       Jalur Ibrahim bin Abdillah bin Shafwan (Tarikh al-Islam 5/1080):

 

Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir dalam kitabnya Tarikh Dimasyq 36/149:

 

عن إبراهيم بن عبد الله بن صفوان نا عبد الرزاق بن عمر نا أبو سعد مدرك بن أبي سعد الفزاري عن يونس بن ميسرة بن حلبس عن أم الدرداء قال: سمعت أبا الدرداء يقول : من قال حسبي الله لا اله الا هو عليه توكلت وهو رب العرش العظيم سبع مرات كفاه الله ما أهمه كان به صادقا أو كاذبا

 

Syekh Albani rahimahullah berkata: Sanad riwayat yang mauquf ini, semua perawinya tsiqah.

 

Al-Mundziri rahimahullah berkata:

 

قد يُقَال إِن مثل هَذَا لَا يُقَال من قبل الرَّأْي وَالِاجْتِهَاد فسبيله سَبِيل الْمَرْفُوع

 

Boleh dikatakan bahawa riwayat seperti ini tidak disampaikan atas dasar pendapat atau ijtihad, maka sekalipun ia mauquf (dari Abi Ad-Darda’) akan tetapi hukumnya marfu’ (dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam)”.

 

Syekh Albani berkata:

 

ذلك من الممكن بالنسبة لأصل الحديث، بخلاف الزيادة؛ فإنها غريبة منكرة؛ كما قال ابن كثير، وهو ظاهر جداً؛ إذ لا يعقل أن يؤجر المرء على شيء لا يصدق به، بل هذا شيء غير معهود في الشرع. والله أعلم.

 

Hal itu mungkin dari sisi asal hadith, kecuali tambahannya (iaitu lafaz: صادقا كان بها أو كاذبا ); Kerana sesungguhnya tambahan tersebut aneh dan mungkar, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Katsir. Dan itu sangat jelas sekali, kerana tidak masuk akal jika seseorang diberi atas sesuatu yang ia tidak jujur dengannya (berbohong), bahkan ini sesuatu yang tidak pernah didapati dalam syari’at. Wallahu a’lam!” (Silsilah Hadith Dhaif 11/449 no.5286).

 

Al-Hafiz Ibnu Katsir rahimahullah menyebutkan riwayat Abu Daud yang mauquf, akan tetapi tidak menyebutkan tanbahan tersebut. Dan menyebutkan riwayat Ibnu ‘Asakir secara mauquf dan marfu’ dan ada tambahan pada keduanya, kemudian mengatakan bahawa tambahan lafaz tersebut adalah aneh dan mungkar [Tafsiir Ibnu Katsiir 4/214].

 

 

Riwayat mursal

 

Diriwayatkan oleh Ath-Thabarani dalam kitabnya Ad-Du’a no.1038:

 

قال: حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَيُّوبَ بْنِ حَذْلَمِ الدِّمَشْقِيُّ، ثنا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، ثنا مُدْرِكُ بْنُ أَبِي سَعْدٍ الْفَزَارِيُّ، عَنْ يُونُسَ بْنِ مَيْسَرَةَ بْنِ حَلْبَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَالَ: حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَأَكْفِيَنَّ عَبْدِي صَادِقًا كَانَ أَوْ كَاذِبًا "

 

Ath-Thabarani berkata: Telah menceritakan kepada kami, Sulaiman bin Ayyub bin Hadzlam Ad-Dimasyqi; Telah menceritakan kepada kami, Hisyam bin ‘Ammar; Telah menceritakan kepada kami, Mudrik bin Abi Sa’ad Al-Fazaariy, dari Yunus bin Maisarah bin Halbas, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepadaNya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arasy yang agung"; Allah berfirman: Sungguh Aku akan mencukupi (keperluan) hambaKu, baik ia jujur dengan keperluannya tersebut atau pun bohong”.

 

Sanad ini lemah kerana terputus (mursal); Yunus bin Maisarah bin Halbas Ad-Dimasyqi (w.132H), seorang tabi’in yang tsiqah namun tidak pernah bertemu dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (Tahdzib al-Kamal 32/544, al-Kasyif 2/404, Taqribut Tahdzib hal. 614).

 

Dan Hisyam bin ‘Ammar, Abu Al-Waliid Ad-Dimasyqi (w.245H); Az-Zahabiy mengatakan: Ia shaduq, banyak meriwayatkan hadith, dan memiliki beberapa hadith mungkar. Ibnu Hajar berkata: Ia shaduq, akan tetapi di masa tuanya ia banyak keliru, maka hadithnya yang terdahulu lebih sahih (Tahdzib al-Kamal 30/242, Mizan al-I’tidal 4/302, Taqribut Tahdzib hal. 573).

 

Syeikh Syu’aib dan Abdul Qadir Al-Arnauth berpendapat, isnad hadith tersebut sahih (Zaadul Ma’ad 2/376).

No comments:

Post a Comment

Kisah hamil perempuan mandul di zaman nabi musa as

  Matan kisah   Seorang wanita telah datang kepada Nabi Musa. Wanita itu berkata: “Doalah kepada Tuhanmu agar mengurniakan kepadaku seor...