Hadith Abu Darda’ radhiyallahu
'anhu yang menyebutkan zikir:
حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ، عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ، وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ
Cukuplah Allah bagiku; tidak ada
Tuhan selain Dia. Hanya kepadaNya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang
memiliki Arasy yang agung
Diriwayatkan secara marfu’,
mauquf, dan mursal melalui jalur Mudrik bin Abi Sa’ad Al-Fazari, dari Yunus bin
Maisarah bin Halbas.
Riwayat marfu’
Diriwayatkan oleh Ibnu As-Sunni
dalam kitabnya Amal Al-Yaum wa Al-Lailah no.71:
قال: حَدَّثَنِي أَحْمَدُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْجَرْمِيُّ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الرَّزَّاقِ الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنِي جَدِّي عَبْدُ الرَّزَّاقِ بْنُ مُسْلِمٍ الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنَا مُدْرِكُ بْنُ سَعْدٍ أَبُو سَعْدٍ، قَالَ: سَمِعْتُ يُونُسَ بْنَ حَلْبَسٍ، يَقُولُ: سَمِعْتُ أُمَّ الدَّرْدَاءِ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " مَنْ قَالَ فِي كُلِّ يَوْمٍ حِينَ يُصْبِحُ وَحِينَ يُمْسِي: حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ، عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ، وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، سَبْعَ مَرَّاتٍ، كَفَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ هَمَّهُ مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ "
Ibnu As-Sunni berkata: Telah
menceritakan kepadaku, Ahmad bin Sulaiman Al-Jarmi; Telah menceritakan kepada
kami, Ahmad bin Abdurrazzaq Ad-Dimasyqi; Telah menceritakan kepadaku datukku iaitu
Abdurrazaq bin Muslim Ad-Dimasyqi; Telah menceritakan kepada kami Mudrik bin
Sa’ad Abu Sa’ad; Ia berkata: Aku mendengar Yunus bin Halbas berkata: Aku
mendengar Ummu Ad-Darda’; dari Abu Ad-Darda’ radhiyallahu 'anhu; dari Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Barangsiapa yang membaca
setiap hari ketika pagi dan petang: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada
Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang
memiliki 'Arasy yang agung"; Maka Allah akan mencukupi keperluannya dari
urusan dunia dan akhirat”.
Diriwayatkan juga oleh Ibnu
‘Asakir dalam kitabnya Taariikh Dimasyq 36/193:
عن أبي محمد عبد الرزاق نا أحمد بن عبد الله بن عبد الرزاق المقرئ نا جدي عبد الرزاق بن عمر نا مدرك بن أبي سعد عن يونس بن ميسرة عن أم الدرداء عن أبي الدرداء عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: " من قال كل يوم حين يصبح وحين يمسي لا إله إلا الله عليه توكلت وهو رب العرش العظيم كفاه الله ما أهمه من أمر الدنيا وأمر الآخرة صادقا كان بها أو كاذبا "
Dari Abu Muhammad Abdurrazzaq;
Telah menceritakan kepada kami, Ahmad bin Abdillah bi Abdurrazzaq Al-Muqri’; …
(selanjutnya dengan sanad yang sama).
Hanya saja dalam matannya ada
tambahan lafaz “ صادقا كان بها أو كاذبا “ (ia jujur dengan keperluannya
tersebut atau pun bohong).
Sanad ini sangat lemah kerana syaz, menyalahi riwayat
yang lebih kuat.
Ahmad bin Abdillah bi Abdurrazzaq
bin Umar bin Muslim, Abu Al-Hasan
Ad-Dimasyqi Al-Muqri’; Ibnu ‘Asakir berkata: Ia seorang syekh yang shalih dan
tsiqah. [Tariikh Dimasyq 71/234].
Akan tetapi riwayatnya ini
menyalahi riwayat lain yang lebih kuat yang menyebutkannya secara mauquf
dari perkataan Abu Ad-Darda’ radhiyallahu 'anhu, sebagaimana berikut ini:
Riwayat mauquf
Diriwayatkan melalui tiga jalur:
1. Jalur Yaziid bin Muhammad Ad-Dimasyqi,
Abu Al-Qasim (w.198H); Ia seorang yang tsiqah (Tahdzib al-Kamal 32/234,
al-Kasyif 2/389, Taqribut Tahdzib hal. 604).
Diriwayatkan oleh Abu Daud dalam
kitabnya “As-Sunan” 4/321 no.5081:
قال: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ بْنُ مُسْلِمٍ الدِّمَشْقِيُّ، وَكَانَ مِنْ ثِقَاتِ الْمُسْلِمِينَ مِنَ الْمُتَعَبِّدِينَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُدْرِكُ بْنُ سَعْدٍ، - قَالَ يَزِيدُ: شَيْخٌ ثِقَةٌ - عَنْ يُونُسَ بْنِ مَيْسَرَةَ بْنِ حَلْبَسٍ، عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: «مَنْ قَالَ إِذَا أَصْبَحَ وَإِذَا أَمْسَى، حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ، عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، سَبْعَ مَرَّاتٍ، كَفَاهُ اللَّهُ مَا أَهَمَّهُ صَادِقًا كَانَ بِهَا أَوْ كَاذِبًا»
Abu Daud berkata: Telah
menceritakan kepada kami, Yazid bin Muhammad Ad-Dimasyqi; Telah menceritakan
kepada kami, Abdurrazzaq bin Muslim Ad-Dimasyqi dan ia adalah diantara umat
Islam yang tsiqah dan ahli ibadah; Ia berkata: Telah menceritakan kepada kami,
Mudrik bin Sa’ad – Yaziid berkata: Ia seorang syekh yang tsiqah -; dari Yunus
bin Maisarah bin Halbas, dari Ummi Ad-Darda’, dari Abi Ad-Darda’ radhiyallahu
'anhu, ia berkata: “Barangsiapa yang membaca ketika pagi dan petang:
"Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku
bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arasy yang agung"; tujuh
kali, maka Allah akan mencukupi apa yang menjadi keperluannya baik ia jujur
dengan keperluannya tersebut atau pun bohong”.
2. Jalur Abu Zur’ah Abdurrahman bin ‘Amr
Ad-Dimasyqi (w.281H); Ia seorang yang tsiqah (Tahdzib al-Kamal 17/301,
al-Kasyif 1/638, Taqribut Tahdzib hal. 347):
Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir
dalam kitabnya Tariikh Dimasyq 36/149:
عن أبي زرعة حدثني عبد الرزاق بن عمر بن مسلم نا مدرك بن أبي سعد عن يونس بن ميسرة بن حلبس عن أم الدرداء عن أبي الدرداء قال: ما من عبد يقول حسبي الله لا إله إلا هو عليه توكلت وهو رب العرش العظيم سبع مرات صادقا كان بها أو كاذبا إلا كفاه الله ما همه .
3. Jalur Ibrahim bin Abdillah bin Shafwan
(Tarikh al-Islam 5/1080):
Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir
dalam kitabnya Tarikh Dimasyq 36/149:
عن إبراهيم بن عبد الله بن صفوان نا عبد الرزاق بن عمر نا أبو سعد مدرك بن أبي سعد الفزاري عن يونس بن ميسرة بن حلبس عن أم الدرداء قال: سمعت أبا الدرداء يقول : من قال حسبي الله لا اله الا هو عليه توكلت وهو رب العرش العظيم سبع مرات كفاه الله ما أهمه كان به صادقا أو كاذبا
Syekh Albani rahimahullah
berkata: Sanad riwayat yang mauquf ini, semua perawinya tsiqah.
Al-Mundziri rahimahullah berkata:
قد يُقَال إِن مثل هَذَا لَا يُقَال من قبل الرَّأْي وَالِاجْتِهَاد فسبيله سَبِيل الْمَرْفُوع
Boleh dikatakan bahawa riwayat
seperti ini tidak disampaikan atas dasar pendapat atau ijtihad, maka sekalipun
ia mauquf (dari Abi Ad-Darda’) akan tetapi hukumnya marfu’ (dari Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam)”.
Syekh Albani berkata:
ذلك من الممكن بالنسبة لأصل الحديث، بخلاف الزيادة؛ فإنها غريبة منكرة؛ كما قال ابن كثير، وهو ظاهر جداً؛ إذ لا يعقل أن يؤجر المرء على شيء لا يصدق به، بل هذا شيء غير معهود في الشرع. والله أعلم.
Hal itu mungkin dari sisi asal hadith,
kecuali tambahannya (iaitu lafaz: صادقا كان بها أو كاذبا ); Kerana sesungguhnya tambahan
tersebut aneh dan mungkar, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Katsir. Dan itu
sangat jelas sekali, kerana tidak masuk akal jika seseorang diberi atas sesuatu
yang ia tidak jujur dengannya (berbohong), bahkan ini sesuatu yang tidak pernah
didapati dalam syari’at. Wallahu a’lam!” (Silsilah Hadith Dhaif 11/449 no.5286).
Al-Hafiz Ibnu Katsir rahimahullah
menyebutkan riwayat Abu Daud yang mauquf, akan tetapi tidak menyebutkan
tanbahan tersebut. Dan menyebutkan riwayat Ibnu ‘Asakir secara mauquf dan
marfu’ dan ada tambahan pada keduanya, kemudian mengatakan bahawa tambahan
lafaz tersebut adalah aneh dan mungkar [Tafsiir Ibnu Katsiir 4/214].
Riwayat mursal
Diriwayatkan oleh Ath-Thabarani
dalam kitabnya Ad-Du’a no.1038:
قال: حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَيُّوبَ بْنِ حَذْلَمِ الدِّمَشْقِيُّ، ثنا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، ثنا مُدْرِكُ بْنُ أَبِي سَعْدٍ الْفَزَارِيُّ، عَنْ يُونُسَ بْنِ مَيْسَرَةَ بْنِ حَلْبَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَالَ: حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَأَكْفِيَنَّ عَبْدِي صَادِقًا كَانَ أَوْ كَاذِبًا "
Ath-Thabarani berkata: Telah
menceritakan kepada kami, Sulaiman bin Ayyub bin Hadzlam Ad-Dimasyqi; Telah
menceritakan kepada kami, Hisyam bin ‘Ammar; Telah menceritakan kepada kami,
Mudrik bin Abi Sa’ad Al-Fazaariy, dari Yunus bin Maisarah bin Halbas, ia
berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang
membaca: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya
kepadaNya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arasy yang
agung"; Allah berfirman: Sungguh Aku akan mencukupi (keperluan) hambaKu,
baik ia jujur dengan keperluannya tersebut atau pun bohong”.
Sanad ini lemah kerana terputus
(mursal); Yunus bin Maisarah bin Halbas Ad-Dimasyqi (w.132H), seorang tabi’in
yang tsiqah namun tidak pernah bertemu dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam (Tahdzib al-Kamal 32/544, al-Kasyif 2/404, Taqribut Tahdzib hal. 614).
Dan Hisyam bin ‘Ammar, Abu
Al-Waliid Ad-Dimasyqi (w.245H); Az-Zahabiy mengatakan: Ia shaduq, banyak
meriwayatkan hadith, dan memiliki beberapa hadith mungkar. Ibnu Hajar berkata:
Ia shaduq, akan tetapi di masa tuanya ia banyak keliru, maka hadithnya yang
terdahulu lebih sahih (Tahdzib al-Kamal 30/242, Mizan al-I’tidal 4/302,
Taqribut Tahdzib hal. 573).
Syeikh Syu’aib dan Abdul Qadir
Al-Arnauth berpendapat, isnad hadith tersebut sahih (Zaadul Ma’ad 2/376).
No comments:
Post a Comment