Matan hadith
كنا عندَ النبيِّ ﷺ إذ أقبل راكبٌ حتى أناخ بالنبيِّ ﷺ، فقال
له النبيُّ عليه السلامُ: ما اسمُك؟ قال: أنا زيدُ الخيلِ جئتُك من مسيرةِ تسعٍ، أنضيتُ
راحلتي وأسهرتُ ليلي أسألُ عن خَصلَتَين أسهرَتاني، فقال له النبيُّ ﷺ: بل أنت زيدُ
الخيرِ، فسلْ فرُبَّ معضلةٍ قد سُئِلَ عنها، قال: أسألُك عن علاماتِ اللهِ فيمَن يريدُ
وعلاماتِه فيمن لا يريدُ، قال له النبيُّ ﷺ: كيفَ أصبحتَ؟ قال: أصبحتُ أحبُّ الخيرَ
وأهلَه ومن يعملُ به، وإن عملت به أيقنتُ بثوابِه، وإن فاتني شيءٌ منه حنَنتُ إليه،
فقال له النبيُّ ﷺ: هذه علاماتُ اللهِ فيمَن يريدُ، وعلامتُه فيمَن لا يريدُ ولو أرادك
بالأخرى هيأَكَ لها، ثم لا يُبالِي أيَّ وادٍ سلكتَ
Terjemahan
Abdullah bin Mas’ud ra. berkata:
”Ketika kami dalam majelis Rasulullah Saw., tiba-tiba datang seseorang yg turun
dari kudanya dan mendekati Rasulullah Saw.
sambil berkata, ‘Wahai Rasulullah, saya telah melelahkan kudaku selama
sembilan hari, maka saya jalankan terus menerus, tidak tidur di waktu malam dan
kehausan disiang hari, hingga lelah benar kuda ini, demi hanya untuk menanyakan
kepadamu dua masalah yang telah merisaukan hatiku hingga tidak dapat tidur’.
Rasulullah Saw. bertanya, ‘Siapakah
engkau?’ Jawab orang itu, ‘Zaidul-Khair’ Berkata Rasulullah Saw., ‘ Wahai
Zaidul-Khair, bertanyalah kemungkinan sesuatu yang sulit, yang belum pernah
ditanyainya’ . Berkata Zaidul-Khair, ‘Saya akan bertanya kepadamu tanda-tanda
orang yg disukai dan yg dimurkai?’ Jawab Rasulullah Saw., ‘Untung, untung,
bagaimanakah keadaanmu saat ini wahai Zaid?’ Jawab Zaid, ‘Saya saat ini, suka
kepada amal kebaikan dan orang-orang melakukan amal kebaikan, bahkan suka akan
tersebarnya amal kebaikan itu, dan bila aku ketinggalan merasa menyesal dan
rindu pada kebaikan itu, dan bila aku berbuat amal sedikit atau banyak, tetap
saya yakin pahalanya’. Jawab Rasulullah Saw., ‘Ya itulah dia, andaikan Allah
tidak suka kepadamu, tentu engkau disiapkan untuk melakukan yg lain daripada
itu, dan tidak peduli di jurang yg mana engkau akan binasa’.
Takhrij
HR. Ibnu Abi Ashim dalam Kitab
Sunnah no. 415, Ibnu Adi dalam al-Kamil 2/183, al-Uqaili dalam ad-Dhuafa'
al-Kabir 1/146, at-Thabarani dalam Mu'jam al-Kabir no. 10464, Abu Nua'im dalam
Hilyatul Auliya 1/376.
Hadith munkar dengan sanad
tersebut, menurut Ibnu Adi dalam al-Kamil dan al-Qasarani dalam Dzakiratul
Huffaz 4/1871.
Hadith gharib menurut Abu Nua'im
dalam Hilyatul Auliya.
Sanadnya dhaif menurut al-Albani
dalam Takhrij Kitab Sunnah
No comments:
Post a Comment