Wednesday, 2 July 2025

Riwayat palsu Al-Imam Asy-Syafii Ngalap Berkah di Kuburan Abu Hanifah

 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata,

 

وهذا كذلك معلوم كذبه بالاضطرار عند من له معرفة بالنقل فإن الشافعي لما قدم بغداد لم يكن ببغداد قبر ينتاب للدعاء عنده البتة بل ولم يكن هذا على عهد الشافعي معروفا وقد رأى الشافعي بالحجاز واليمن والشام والعراق ومصر من قبور الأنبياء والصحابة والتابعين من كان أصحابها عنده وعند المسلمين، أفضل من أبي حنيفة وأمثاله من العلماء. فما باله لم يتوخ الدعاء إلا عنده

 

“Dan hal ini juga telah diketahui secara pasti sebagai kedustaan di sisi orang yang mengetahui ilmu keabsahan riwayat, kerana sesungguhnya Asy-Syafii sendiri ketika beliau berada di Baghdad, tidak dijumpai satupun kuburan yang dikeramatkan sebagai sarana untuk berdoa, bahkan ini tidak pernah ada di masa beliau. Padahal Asy-Syafii telah melihat kuburannya para Nabi, para shahabat, para tabiin yang ada di Hijaz, Yaman, Syam, Irak yang jelas-jelas mereka itu kedudukannya jauh lebih utama dari Abu Hanifah dan para ulama yang selevel dengannya. Maka bagaimana mungkin Asy-Syafii secara khusus mendatangi kuburan Abu Hanifah untuk berdoa?" (Iqtidha’ Ash-Shirathil Mustaqim 2/692)

 

Al-'Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,

 

والحكاية المنقولة عن الشافعي أنه كان يقصد الدعاء عند قبر أبي حنيفة من الكذب الظاهر

 

"Dan hikayat yang dinukilkan konon dari Asy-Syafii bahawa beliau bersengaja doa di sisi kuburan Abu Hanifah adalah dusta yang terang." ( Ighatsatul Lahafan 1/246)

 

Al-'Allamah Al-Mu'allimi rahimahullah berkata,

 

"Siapa sosok Umar bin Ishaq bin Ibrahim perawi hikayat ini? Siapa gurunya? Apakah keduanya rawi yang terpercaya di sisi Al-Khathib Al-Baghdadi sebagaimana yang diklaim Al-Kautsari?"(At-Tankil 1/60)

 

Al-'Allamah Al-Albani rahimahullah berkata,

 

"Riwayat Al-Imam Asy-Syafii tabarruk di kuburan Abu Hanifah adalah riwayat yang dha'ifah (lemah) bahkan batil. Karena Umar bin Ishaq bin Ibrahim rawi yang tidak dikenal, tidak pula disebutkan namanya dalam kutubur rijal (kitab identitas para perawi)." (Silsilah Hadith Dhaif 1/31)

 

Berdasarkan keterangan para ulama di atas serta para ulama yang lain, bahwa riwayat yang menyebutkan Al-Imam Asy-Syafii ngalap berkah di kuburan Abu Hanifah TIDAK TEPAT.

 

Ini hanya daur ulang syubhat (kerancuan) yang dilakukan oleh kalangan yang ghuluw (berlebih-lebihan) kepada kuburan orang saleh di samping ghairah menjaja stigma wahabi.

 

Lalu bagaimana sebetulnya madzhab Al-Imam Asy-Syafii rahimahullah terkait masalah ini?

 

Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata,

 

فيه تصريح بالنهي عن الصلاة إلى القبر قال الشافعي رحمه الله وأكره أن يعظم مخلوق حتى يجعل قبره مسجدا مخافة الفتنة عليه وعلى من بعده من الناس

 

"Hadith ini terkandung di dalamnya larangan yang tegas solat menghadap kuburan. Al-Imam Asy-Syafii rahimahullah berkata, "Dan aku membenci bila ada individu yang diagungkan sampai-sampai kuburannya dijadikan sebagai tempat ibadah kerana mengkhuwatirkan fitnah atasnya dan fitnah orang-orang yang datang setelahnya." (Syarah Shahih Muslim 7/38)

No comments:

Post a Comment

Hadith Keutamaan Menziarahi Orang Sakit

  Matan hadith   قَالَ -صلىّ الله عليه وسلّم-: إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ...