Matan hadith
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ عَلِيِّ بْنِ مُقَدَّمٍ قَالَ
حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ يَعْقُوبَ قَالَ أَخْبَرَنِي التَّيْمِيُّ عَنْ أَبِي
مِجْلَزٍ عَنْ قَيْسِ بنِ عُبَادٍ قَالَ بَيْنَا أَنَا فِي الْمَسْجِدِ فِي
الصَّفِّ الْمُقَدَّمِ فَجَبَذَنِي رَجُلٌ مِنْ خَلْفِي جَبْذَةً فَنَحَّانِي
وَقَامَ مَقَامِي فَوَاللَّهِ مَا عَقَلْتُ صَلَاتِي فَلَمَّا انْصَرَفَ فَإِذَا
هُوَ أُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ فَقَالَ يَا فَتَى لَا يَسُؤْكَ اللَّهُ إِنَّ هَذَا
عَهْدٌ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَيْنَا أَنْ
نَلِيَهُ ثُمَّ اسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ فَقَالَ هَلَكَ أَهْلُ الْعُقَدِ وَرَبِّ
الْكَعْبَةِ ثَلَاثًا ثُمَّ قَالَ وَاللَّهِ مَا عَلَيْهِمْ آسَى وَلَكِنْ آسَى
عَلَى مَنْ أَضَلُّوا قُلْتُ يَا أَبَا يَعْقُوبَ مَا يَعْنِي بِأَهْلِ الْعُقَدِ
قَالَ الْأُمَرَاءُ
Terjemahan
Telah mengkabarkan kepada kami Muhammad bin 'Umar bin 'Ali bin Muqaddam
dia berkata: telah menceritakan kepada kami Yusuf bin Ya'qub dia berkata: telah
mengkabarkan kepadaku At-Taimi dari Abu Mijlaz dari Qais bin 'Ubad dia berkata:
"Tatkala aku solat di masjid pada shaf terdepan, tiba-tiba seorang
laki-Iaki menarikku dari belakang dan menyingkirkanku, lalu ia berdiri di
tempatku tadi berdiri. Demi Allah, aku tidak fokus dengan shalatku. Setelah
selesai solat, ternyata dia adalah Ubay bin Ka'ab. Kemudian ia berkata: 'Hai
pemuda, semoga Allah tidak memburukkanmu. Ini adalah ajaran (wasiat) Rasulullah
Shallallahu 'alaihi wa sallam kepada kita, agar kami berdiri di belakangnya.'
Lalu ia menghadap ke kiblat dan berkata: 'Demi Rabb Ka'bah, Celakalah Ahlul
'Aqdi' -ia ucapkan tiga kali-, Kemudian ia berkata: 'Demi Allah, aku tidak
sedih kepada mereka, tetapi aku sedih kepada orang yang menyesatkan.' Aku
berkata: 'Wahai Abu Ya'qub, siapa yang di maksud dengan Ahlul 'Aqdi?' Ia
menjawab: 'Para penguasa.'"
Takhrij
HR. al-Nasai no. 808, Ibnu Hibban no. 2181, Ibnu Khuzaimah no.1573.
Disahihkan oleh Syeikh al-Albani dalam Sahih Sunan Nasai no. 806.
Sanadnya sahih menurut Ibnu Hibban, Ibnu Khuzaimah, al-Arnauth dan
al-Wadai’i.
Imam Nasaie memasukkan hadith ni dalam bab siapa yang layak berada di
belakang imam dan seterusnya. Ubay bin Kaab itu adalah sahabat yang mana memang
terkenal dengan hafalan dan bagusnya
bacaan al-Quran beliau. Dan memang inilah syarat makmum yang sepatutnya berdiri
di belakang imam. Sebab jika imam tidak boleh meneruskan solatnya, maka
pengganti dibelakangnya hendaklah berkeupayaan mengimamkan jemaah jika bagus
dari segi bacaan dan hafalan al-Qurannya.
No comments:
Post a Comment