Tuesday 24 December 2019

Hadith keutamaan makmum dibelakang imam


Matan hadith

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ عَلِيِّ بْنِ مُقَدَّمٍ قَالَ حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ يَعْقُوبَ قَالَ أَخْبَرَنِي التَّيْمِيُّ عَنْ أَبِي مِجْلَزٍ عَنْ قَيْسِ بنِ عُبَادٍ قَالَ بَيْنَا أَنَا فِي الْمَسْجِدِ فِي الصَّفِّ الْمُقَدَّمِ فَجَبَذَنِي رَجُلٌ مِنْ خَلْفِي جَبْذَةً فَنَحَّانِي وَقَامَ مَقَامِي فَوَاللَّهِ مَا عَقَلْتُ صَلَاتِي فَلَمَّا انْصَرَفَ فَإِذَا هُوَ أُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ فَقَالَ يَا فَتَى لَا يَسُؤْكَ اللَّهُ إِنَّ هَذَا عَهْدٌ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَيْنَا أَنْ نَلِيَهُ ثُمَّ اسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ فَقَالَ هَلَكَ أَهْلُ الْعُقَدِ وَرَبِّ الْكَعْبَةِ ثَلَاثًا ثُمَّ قَالَ وَاللَّهِ مَا عَلَيْهِمْ آسَى وَلَكِنْ آسَى عَلَى مَنْ أَضَلُّوا قُلْتُ يَا أَبَا يَعْقُوبَ مَا يَعْنِي بِأَهْلِ الْعُقَدِ قَالَ الْأُمَرَاءُ

Terjemahan

Telah mengkabarkan kepada kami Muhammad bin 'Umar bin 'Ali bin Muqaddam dia berkata: telah menceritakan kepada kami Yusuf bin Ya'qub dia berkata: telah mengkabarkan kepadaku At-Taimi dari Abu Mijlaz dari Qais bin 'Ubad dia berkata: "Tatkala aku solat di masjid pada shaf terdepan, tiba-tiba seorang laki-Iaki menarikku dari belakang dan menyingkirkanku, lalu ia berdiri di tempatku tadi berdiri. Demi Allah, aku tidak fokus dengan shalatku. Setelah selesai solat, ternyata dia adalah Ubay bin Ka'ab. Kemudian ia berkata: 'Hai pemuda, semoga Allah tidak memburukkanmu. Ini adalah ajaran (wasiat) Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam kepada kita, agar kami berdiri di belakangnya.' Lalu ia menghadap ke kiblat dan berkata: 'Demi Rabb Ka'bah, Celakalah Ahlul 'Aqdi' -ia ucapkan tiga kali-, Kemudian ia berkata: 'Demi Allah, aku tidak sedih kepada mereka, tetapi aku sedih kepada orang yang menyesatkan.' Aku berkata: 'Wahai Abu Ya'qub, siapa yang di maksud dengan Ahlul 'Aqdi?' Ia menjawab: 'Para penguasa.'"

Takhrij

HR. al-Nasai no. 808, Ibnu Hibban no. 2181, Ibnu Khuzaimah no.1573. Disahihkan oleh Syeikh al-Albani dalam Sahih Sunan Nasai no. 806.

Sanadnya sahih menurut Ibnu Hibban, Ibnu Khuzaimah, al-Arnauth dan al-Wadai’i.

Imam Nasaie memasukkan hadith ni dalam bab siapa yang layak berada di belakang imam dan seterusnya. Ubay bin Kaab itu adalah sahabat yang mana memang terkenal dengan  hafalan dan bagusnya bacaan al-Quran beliau. Dan memang inilah syarat makmum yang sepatutnya berdiri di belakang imam. Sebab jika imam tidak boleh meneruskan solatnya, maka pengganti dibelakangnya hendaklah berkeupayaan mengimamkan jemaah jika bagus dari segi bacaan dan hafalan al-Qurannya.

No comments:

Post a Comment

Hadith tidurnya orang alim lebih baik dari ibadahnya orang jahil

  Matan hadith   نوم العالم أفضل من عبادة الجاهل   Terjemahan   Tidurnya orang alim lebih baik dari ibadahnya orang jahil   ...