Friday, 9 August 2024

Hadith tidurnya orang alim lebih baik dari ibadahnya orang jahil

 

Matan hadith

 

نوم العالم أفضل من عبادة الجاهل

 

Terjemahan

 

Tidurnya orang alim lebih baik dari ibadahnya orang jahil

 

Takhrij

 

Tidak ditemui asal, palsu menurut Fatwa Syabakah Islamiyah no. 97083

 

Ia banyak ditemukan dalam kitab Syiah:

 

 

Diriwayatkan oleh Syeikh Ash-Shaduuq dalam kitabnya Man laa Yahdhuruhu al-Faqiih 4/352-367 dari Ali ra:

 

عن حماد بن عمرو، وأنس بن محمد عن أبيه، جميعا – يعني حمادا ومحمدا والد أنس – عن جعفر بن محمد، عن أبيه، عن جده، عن علي بن أبي طالب، عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال له : - وذكر حديثا طويلا جدا – وفيه: " يا علي ! نوم العالم خير من عبادة العابد " .

 

Dari Hammad bin ‘Amr dan Anas bin Muhammad, dari bapanya; Keduanya (iaitu Hammad dan Muhammad bapa Anas) meriwayatkan dari Ja’far bin Muhammad, dari bapanya, dari datuknya, dari Ali bin Abi Thalib, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahawasanya beliau bersabda: - Kemudian menyebutkan hadith yang sangat panjang – dan disebutkan di dalamnya “Wahai Ali, Tidurnya orang yang berilmu lebih baik daripada ibadahnya seorang ahli ibadah”

 

Selain itu, hadith ini ditemukan dalam kitab Syiah lain seperti Makarim al-Akhlaq hal. 441 oleh at-Tabrisi; Bihar al-Anwar oleh al-Majlisi, 2/25 (Palsu, Fatwa Soaljawab Islam no.  171514)

 

Ditemukan juga satu hadith dengan lafaz yang sedikit berbeza:

 

Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam kitabnya Hilyatul Auliyaa’ 4/385:

 

قال: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ، قَالَ: ثنا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْحَسَنِ، قَالَ: نا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى الصُّوفِيُّ، قَالَ: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى الضَّرِيرُ، قَالَ: ثنا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي الْبَخْتَرِيِّ، عَنْ سَلْمَانَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «نَوْمٌ عَلَى عِلْمٍ خَيْرٌ مِنْ صَلَاةٍ عَلَى جَهْلٍ».

 

Dari Salman, bahawasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidur dalam keadaan berilmu lebih baik dari pada shalat dalam keadaan bodoh”.

 

Abu Nu’aim berkata:

 

كَذَا رَوَاهُ الْأَعْمَشُ عَنْ أَبِي الْبَخْتَرِيِّ، وَأَرْسَلَهُ أَبُو الْبَخْتَرِيِّ عَنْ سَلْمَانَ أَيْضًا

 

Seperti inilah Al-A’masy meriwayatkannya dari Abu Al-Bakhtari, dan Abu Al-Bakhtari juga meriwayatkannya secara mursal (terputus) dari Salman.

 

Syeikh Albani berkata: Hadith ini lemah, sanadnya mudzlim (banyak perawinya yang tidak diketahui), mulai dari perawi setelah Al-A’amasy aku tidak mengetahui siapa mereka. [Silsilah Hadith Dhaif no.4697]

 

Rujukan

 

Fatwa Soaljawab Islam no.  171514

No comments:

Post a Comment

Kisah hamil perempuan mandul di zaman nabi musa as

  Matan kisah   Seorang wanita telah datang kepada Nabi Musa. Wanita itu berkata: “Doalah kepada Tuhanmu agar mengurniakan kepadaku seor...