Matan hadith
مَنْ صَلَّى صَلَاةً لَمْ
تَنْهَهُ صَلَاتُهُ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ لَمْ يَزْدَدْ مِنَ اللَّهِ
إِلَّا بُعْدًا
Terjemahan
Siapa yang melakukan shalat yang tidak mencegahnya dari perbuatan keji dan mungkar maka tidak bertambah dari Allâh Subhanahu wa Ta’ala kecuali semakin jauh
Takhrij
HR. Thabarani dalam Mu’jam al-Kabir no. 1102 dan al-Qudhaie dalam Munas
as-Syihab 2/43, Ibnu Abi Hatim sepertimana disebutkan dalam Tafsir Ibnu Katsir
2/414, daripada Ibnu Abbas ra. secara marfu’, sanadnya dhaif jiddan.
Secara mauquf,
مَنْ لَمْ تَأْمُرْهُ
صَلاَتُهُ بِالْمَعْرُوْفِ وَ لَمْ تَنْهَهُ عَنِ الْمُنْكَرِ لَمْ يَزْدَدْ مِنَ
اللهِ إِلاَّ بُعْدًا
Siapa yang shalatnya tidak mengajaknya berbuat kebaikan dan tidak
mencegahnya dari kemungkaran, tidak bertambah dari Allâh Subhanahu wa Ta’ala
kecuali semakin jauh.
Takhrij
HR. Ahmad dalam al-Zuhd no. 871 dan at-Thabari dalam Tafsirnya 10/144 ,
at-Thabarani dalam Mu’jam al-Kabir 9/103, al-Baihaqi dalam Syuabul Iman
3/174dari sahabat Ibnu Mas’ud ra. Sanadnya sahih.
Ada riwayat yang marfu’
لاَ صَلاةَ لِمَن لَمْ
يُطِعِ الصَّلاةَ، وَطاعَةُ الصَّلاةِ أنْ تَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالمُنكَرِ
Tidak ada solat bagi yang tidak mentaati solat. Mentaati solat adalah mencegah dari perbuatan
keji dan mungkar.
Takhrij
HR. at-Thabari dalam tafsirnya 20/155, Ibnu Abi Hatim dalam tafsirnya
no. 17342 dan al-Wahidi dalam al–Wasîth 3/421 dari jalan Juwaibir dari
ad-Dhahak dari Ibnu Mas’ud. Sanadnya hadith ini lemah sekali dengan ada
Juwaibir seorang perawi yang lemah sekali (at-Taqrib hal. 987)
Ada juga marfu’ dari Ibnu Umar ra. dalam al-Majruhin 2/297,
ad-Daraquthni dalam Gharaib Malik meyatakan hadith ini bathil (Takhrij Ahadits
al-Kasyaf az-Zailaie 3/44).
Juga marfu’ dari al-Hasan sepertimana disebutkan Ibnu Abi Hâtim dalam
Tafsirnya sebagaimana disampaikan Ibnu Katsîr 2/414. Riwayat ini dhaif.
Daripada Hasan al-Basri secara mursal:
مَنْ صَلَّى صَلاَةً فَلَمْ
تَأْمُرْهُ بِالْمَعْرُوْفِ وَ لَمْ تَنْهَهُ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَ الْمُنْكَرِ
لَمْ يَزْدَدْ بِهَا مِنَ اللهِ إِلاَّ بُعْدًا،
Siapa yang melakukan Solat lalu Solatnya tidak mengajaknya berbuat
kebaikan dan tidak mencegahnya dari perbuatan keji dan kemungkaran, tidak
bertambah dari Allâh kecuali semakin jauh.
Takhrij
HR. Baihaqi dalam Syuabul Iman 3/174. Al-Hafiz al-Iraqi berkata hadith
ini mursal, tetapi sanadnya sahih.
Syaekh al-Albani pun menambahkan, “Sanadnya kepada al-Hasan yang sahih
namun itu tidak mesti hadithnya sahih sebagaimana sudah diketahui dalam ilmu
mushthalah hadith. Apalagi itu termasuk mursal al-Hasan iaitu al-Bashri. Ibnu
Sa’ad berkata: Semua yang dimursalkan al-Hasan bukanlah hujjah.
Kesimpulan
Syaikh al-Albâni t menyatakan, “Kemudian saya mendapatkan Syaikhul Islâm
Ibnu Taimiyah berkata pada sebagian fatwanya: Hadits ini tidak sah dari Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam, tapi shalat itu memang bisa mencegah dari
perbuatan keji dan mungkar sebagaimana dijelaskan Allâh Azza wa Jalla dalam
al-Qur`an. Kesimpulannya shalat tidak menambah pelakuya jauh, bahkan orang yang
shalat lebih baik dari yang tidak shalat dan lebih dekat kepada Allâh walaupun
ia seorang fasiq. Saya katakan bahwa seakan-akan beliau mengisyaratkan
pelemahan hadits ini dari sisi pengertian (matannya) juga dan inilah yang
benar. (Silsilah Hadith Dhaif no. 2).
No comments:
Post a Comment