Hadith Pertama:
قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {ثَلاثَةٌ تُوْرِثُ
قَسْوَةَ القَلْبِ حُبُّ النَّوْمِ وَحُبُّ الرَّاحَةِ وَحُبُّ الْأَكْلِ}.
Nabi saw. bersabda, “Tiga hal
yang dapat menyebabkan kerasnya hati adalah senang tidur, senang istirahat, dan
senang makan.”
Takhrij
HN. As-Suyuthi dalam Durar
al-Manthur 12/647, Faidhul Qadir 1/279.
As-Suyuthi menyebutkan hadith ini
diriwayatkan oleh Ibnu Mardawih daripada Aisyah ra.
Juga ditemukan dalam sumber Syiah
Usul min al-Kafi 3/289, Bihar al-Anwar 73/57 dan Mausuah Ahadith Ahlul Bait
7/186.
Hadith Kedua:
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَنْ شَبِعَ فِى الدُّنْيَا
جَاعَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ جَاعَ فِى الدُّنْيَا شَبِعَ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ}.
Nabi saw. bersabda, “Siapa yang
kenyang di dunia, maka ia akan lapar di hari Kiamat, dan siapa yang lapar di
dunia maka ia akan kenyang di hari Kiamat.”
Takhrij
HR. al-Bazzar no. 4236, Abu
Nua’im dalam Hilyatul Auliya 7/256, at-Thabarani dalam Mu’jam al-Kabir no. 327,
6087, daripada Wahb bin Abdullah al-Sawaie ra dengan lafaz yang sedikit
berbeza. Ibnu Adi dalam al-Kamil fi Dhuafa’ 6/250 menilai hadith ini munkar.
Hadith gharib menurut Abu Nua’im.
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ أَهْلَ
الشِّبَعِ فِى الدُّنْيَا هُمْ أَهْلُ الْجُوْعِ فِى الْآخِرَةِ غَدًا
Nabi saw. bersabda, “Sungguh
orang yang kenyang di dunia mereka adalah orang yang lapar di akhirat nanti.”
Takhrij
Sama seperti sebelumnya
Hadith Ketiga:
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَنْ أكَلَ فَوْقَ الشَّبَعِ
فَقَدْ أَكَلَ الْحَرَامَ}.
Nabi saw. bersabda, “Siapa yang
makan di atas kekenyangan maka sungguh ia telah makan yang haram.”
Takhrij
Ditemukan dalam Tanqih al-Qaul
hal. 128, Siraj Thalibin 1/427, tanpa sanad.
Hadith Keempat:
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {سَيِّدُ الْعَمَلِ الْجُوْعُ}.
Nabi saw. bersabda, “Tuannya amal
adalah lapar.”
Takhrij
HN. As-Suyuthi dalam Lubabul
Hadith hal. 50, tanpa sanad.
Hadith Kelima:
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الْجُوْعُ مُخُّ الْعِبَادَةِ}.
Nabi saw. bersabda, “Lapar adalah
murninya ibadah.”
Takhrij
HN. Ibnu Jauzi dalam Sifat
al-Safwah 4/236.
Hadith Keenam:
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {أَحْيَوْا قُلُوْبَكُمْ
بِقِلَّةِ الضَّحِكِ وَقِلَّةِ الشَّبَعِ وَطَهِّرُوْهَا بِالْجُوْعِ تَصْفُوْ
وَتَرِقُّ}.
Nabi saw. bersabda, “Hidupkanlah
hati kalian dengan sedikit tertawa dan sedikit kenyang, dan sucikanlah ia
dengan lapar, maka ia akan jernih dan lembut.”
Takhrij
HN. As-Nubki dalam Thabaqat
Syafieyyah 6/165 dan juga ditemukan dalam kitab Ihya’ Ulumuddin 4/129, dalam
nota kaki pentahqiq, beliau berkata tidak memiliki sumber asal.
Hadith Ketujuh:
وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {أَقْرَبُكُمْ
مِنِّيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُكُمْ جُوْعًا وَتَفَكُّرًا}.
Nabi saw. bersabda, “Orang yang
paling dekat di antara kalian denganku di hari Kiamat adalah yang paling banyak
lapar dan berfikir.”
Takhrij
HN. Al-Ghazali dalamn Ihya’
Ulumuddin 2/281, dengan lafaz yang sedikit berbeza.
Hadith Kelapan
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَنْ كَثُرَ طَعَامُهُ كَثُرَ
عَذَابُهُ}.
Nabi saw. bersabda, “Siapa yang
banyak makannya, maka banyak pula azabnya (hisab dan celaannya).”
Takhrij
HR. Ibn Asakir dalam Tarikh
Dimasyq 6/379, dengan lafaz yang sedikit berbeza.
Hadith Kesembilan:
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {لَا صِحَّةَ مَعَ كَثْرَةِ
النَّوْمِ وَلَا صِحَّةَ مَعَ كَثْرَةِ الْأَكْلِ وَلاَ شِفَاءَ بِحَرَامٍ}.
Nabi saw. bersabda, “Tidak ada
kesihatan yang disertai dengan banyaknya tidur, tidak ada kesihatan yang
disertai dengan banyaknya makan, dan tidak ada kesembuhan yang disertai dengan
keharaman.”
Takhrij
HN. As-Suyuthi dalam Lubabul Hadith
hal. 50, tanpa sanad.
Hadith Kesepuluh:
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الصُّبْحَةُ تَمْنَعُ
الرِّزْقَ}.
Nabi saw. bersabda, “Tidur
setelah subuh (tidur di pagi hari) itu dapat menghalangi (sebahagian) rezeki.”
Takhrij
HR. Ahmad no. 530, al-Baihaqi dalam Syuabul Iman 4/1707 dari
Usman bin ‘Affan ra. dan al-Baihaqi dari Anas bin Malik ra. Didhaifkan oleh
Ibnu Adi dalam al-Kamil fi Dhuafa’ 1/532 menilai hadith ini dhaif, az-Zahabi
menilainya munkar dalam Mizan al-‘Itidal 1/193. Ibnu Jauzi menilai hadith ini
tidak sahih dalam al-‘Ilal Mutanahiyah 2/696.
Kesimpulan
Hadith 1-10 di temukan di dalam
Lubabul Hadith karya as-Suyuthi Bab 34, majoritinya tanpa sanad dan dhaif.
Rujukan
Kifayat al-Atqiya’wa minhaj
al-Ashfiya’ hal. 107, Dar Al Kotob Al Ilmiyah.
No comments:
Post a Comment