وجاءت أخت بشر الحافي إلى أحمد بن حنبل، وقالت: إنا نغزل على سطوحنا فتمر
بنا مشاعل الظاهرية، ويقع الشعاع علينا، أفيجوز لنا الغزل في شعاعها؟ (يعني: هل
يجوز لنا أن نغزل في ضوء شعاع غيرنا؟) فقال أحمد: من أنت عافاك الله؟ قالت: أخت
(بشر الحافي) فبكى أحمد!! وقال: من بيتكم يخرج الورع الصادق، لا تغزلي في شعاعها ( 3).
- قلت: هذه حيطة
بالغة، وربما يدخل هذا في باب التنطع في الورع، ولكنه يدل على حرص شديد وورع عظيم
واتقاء للشبهات، وبعد في النظر لتحري الحلال المحض، وترك كل ما يأتي عن طريق آخر،
مما يشك فيه خشية الوقوع في الشبهات
Terjemahan (lebih kurang begini, maaf jika
kurang tepat)
Ada seorang wanita adik kepada
Bisyr al-Hafi datang bertemu dengan Imam Ahmad. “Ustadz, saya adalah seorang
ibu rumah tangga yang sudah lama ditinggal mati suami. Saya ini sangat miskin,
sehingga untuk menghidupi anak-anak saya, saya merajut benang di malam hari,
sementara siang hari saya gunakan untuk mengurus anak-anak saya dan menyambil
sebagai buruh kasar di sela waktu yang ada. Kerana saya tak mampu membeli
lampu, maka pekerjaan merajut itu saya lakukan apabila sedang terang bulan.”
Imam Ahmad rahimahullah mendengar
dengan serius penuturan ibu tadi. Perasaannya sayu mendengar ceritanya yang memprihatinkan.
Wanita itu melanjutkan ceritanya,
“Pada suatu hari, ada rombongan pegawai negara berkemah di depan rumah saya.
Mereka menyalakan lampu yang jumlahnya amat banyak sehingga sinarnya terang
benderang.Tanpa sepengetahuan mereka, saya segera merajut benang dengan
memanfaatkan cahaya lampu-lampu itu.
Tetapi setelah selesai saya
sulam, saya bimbang, apakah hasilnya halal atau haram kalau saya jual? Bolehkah
saya makan dari hasil penjualan itu?
Sebab, saya melakukan pekerjaan
itu dengan diterangi lampu yang minyaknya dibeli dengan wang negara, dan tentu
saja itu tidak lain adalah wang rakyat.”
Maka dengan penuh rasa ingin
tahu, Imam Ahmad rahimahullah bertanya, “Siapa sebenarnya engkau ini?”
Dengan suara serak kerana
penderitaannya yang melarat, wanita ini mengaku, “Saya ini adik perempuan
Basyar Al-Hafi.”
Imam Ahmad rahimahullah makin
terkejut.!
Dengan menghela nafas berat, Imam
Ahmad rahimahullah berkata,“Pada masa kini, ketika orang-orang sibuk memupuk
kekayaan dengan berbagai cara, bahkan dengan menghabisi wang negara dan menipu
serta membebani rakyat yang sudah miskin, ternyata masih ada wanita terhormat
seperti engkau, ibu.
Sungguh, sehelai rambutmu yang
terurai dari sela-sela tudungmu jauh lebih mulia dibanding dengan
berlapis-lapis serban yang kupakai dan berlembar-lembar jubah yang dikenakan
para ulama.
Subhanallah, sungguh mulianya
engkau, hasil rajutan itu engkau haramkan?
Padahal bagi kami itu tidak
apa-apa, sebab yang engkau lakukan itu tidak merugikan kewangan negara…”
Kemudian Imam Ahmad rahimahullah
melanjutkan, “Ibu, izinkan aku memberi penghormatan untukmu. Silakan engkau
meminta apa saja dariku, bahkan sebagian besar hartaku, niscaya akan kuberikan
kepada wanita semulia engkau…”
Diriwayatkan dari Abu Bakr
Ash-Siddiq, dari Rasulullah, beliau bersabda:
لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ جَسَدٌ غُذِيَ بِحَرَامٍ
“Tidak akan masuk ke dalam surga
jasad yang diberi makan dengan yang haram.”
(Sahih Lighairihi, HR. Abu Ya’la,
Al-Bazzar, Ath-Thabarani dalam kitab Al-Ausath dan Al-Baihaqi, dan sebagian
sanadnya hasan. Sahih Targhib 2/150 no. 1730)
Takhrij
Kisah ini saya tak jumpa asalnya
sebiji tepat dengan terjemahan.
Kisah direkodkan oleh Al -
Qushairy dalam ar-Risalah hal. 54 dan al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin 2/96.
Bisyir al-Hafi adalah seorang
sufi di zaman Imam Ahmad (Hilyah Al Auliya, 8/352).
Dalam Irsyad al-Sari 1/144 mengisahkan kisah yang
sama dengan sedikit perbezaan:-
جاءت أخت بشر الحافي إلى أحمد بن حنبل ـ رحمه الله ـ وقالت:
إنا نغزل على سطوحنا بشعلة الملك، هل يجوز لنا الغزل في شعاعها، وقد وقع
علينا المشاعل الظاهرية؟
فقال: من أنت عافاك الله؟
قالت: أخت بشر الحافي، فبكى أحمد، وقال: من بيتكم يخرج الورع الصادق، لا
تغزلي في شعاعها."اهـ.
إرشاد الساري (١\١٤٤)
Cerita ini dikisahkan juga oleh
as-Syatibi, Ibnu Jauzi dalam Hayatus Shafwah dan Syeikh al-Huwaini dalam
ceramah-ceramahnya, maka menurut kajian Fatwa Syabakah Islamiyah no. 32921, kisah
ini tidak nampak sebarang kedhaifannya, kerana dibawakan oleh para ilmuan
hadith.
No comments:
Post a Comment