Thursday, 29 July 2021

Kitab Diwan asy-Syafie

 

a) penyusunan bahasa dalam syair Diwan as-Syafie sangat lemah, tidak menggambarkan ketinggian imam as-Syafie sebagai ahli bahasa, kebanyakan adalah pinjaman kalam yang dipindahmasuk ke kitab tersebut, bukan semata-mata kalam imam Syafie, ini adalah kesilapan yang dilakukan oleh pengumpul puisi dalam kitab tersebut .Maka ketepatan puisi tersebut adalah dipertikaikan (Fatwa Soaljawab Islam no.154451; https://www.albayan.ae/opinions/diary/2012-07-24-1.1694645).

 

b) Sanad yang tidak lengkap/ samar/tidak valid (Fatwa Soaljawab Islam no. 179938, Fatwa Syabakah Islamiyah no. 66828).

 

c) telah jelas kedua-dua imam ini mencela para kesufian dan ilmu tarekat yang batil, bagaimana boleh ada pujian sebegitu?

 

d) Kebanyakan syair/kisah dalam dalam kitab tersebut baik Diwan Imam Syafie dan Tanwir Qulub tidak mengutip dari/tanpa rujukan primer, malah tidak ada sanad yang dapat dipertanggungjawabkan kepada kedua-dua imam tersebut. (https://hadithanswers.com/a-poem-attributed-to-imam-shafii-rahimahullah/)

 

e)Kisah-kisah kaitan kesufian kedua-dua imam tersebut kebanyakan dinisbatkan secara dusta dan amatlah meragukan (Fatwa Syabakah Islamiyah no. 136589)

 

Hakikat ilmu tasawuf itu suci bersih dari penyimpangan pada asalnya. Maka itu tidak diingkari oleh  sahabat, tabiien, tabiut tabieen dan imam mazhab.

 

Tentunya istilah sufi adalah istilah yang tidak ada di zaman para sahabat, oleh kerananya ini 

merupakan istilah baru. Maka harus jelas apa yang maksudkan Imam Asy-Syafie dengan sufi yang  beliau cela tersebut (Talbis Iblis 3/938).

 

Jika yang dimaksud dengan sufi adalah suatu kaum yang lebih mendahulukan akhirat daripada dunia maka “sufi” di sini adalah sufi yang baik, dan tentunya para sahabat, para tabi’in, demikian juga para ulama adalah para sufi, termasuk Imam Asy-Syafi’i rahimahullah juga adalah seorang ulama sufi.   Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah imamnya para sufi.

 

Tetapi apabila hakikat ilmu tasawuf itu sudah dimasukkan penyimpangan, memasukkan juga 

amalan/ibadah yang bid’ah, dikenderai pula oleh orang yang dungu dan malas, mewujudkan tarekat-tarekah lalu membentuk hizbi-hizbi, maka inilah yang dicela oleh Imam Syafie seperti kalamnya berikut:

 

“Dasar landasan tasawwuf adalah kemalasan.” (Al-Hilyah 9/136-137).

 

Imam Asy-Syafie berkata:

 

 “Tidaklah ada seorang yang berteman dengan orang-orang sufi selama 40 (empat puluh) hari, kemudian akalnya akan kembali selama-lamanya.”

 

Dan beliau membacakan syair:

 

ودع الذين اذا أتوك تنسكوا ... واذا خلوا فهم ذئاب خفاف 

 

Tinggalkan orang-orang yang bila datang kepadamu menampakkan ibadah. Namun jika bersendirian, mereka serigala buas (Talbis Iblis hal. 371).

 

Suatu waktu Imam Waki’ (salah satu guru Imam Asy-Syafie) berkata kepada Sufyan bin ‘Ashim:

 

“Kenapa engkau meninggalkan hadith Hisyam?” Sufyan bin Ashim menjawab: “Aku berteman dengan satu kaum dari sufiyyah, dan aku merasa kagum dengan mereka, kemudian mereka berkata: ‘Jika kamu tidak menghapus hadith Hisyam, kami akan berpisah denganmu’.” Maka Imam Waki’ berkata: 

 

“Sesungguhnya ada kedunguan pada mereka.” (Talbis Iblis hal. 371-372).

 

 

Dan adalah tidak mustahil juga para imam -imam mazhab memang memuji tokoh-tokoh sufi di zaman mereka. Ini adalah bersesuaian dengan imej mereka yang soleh,bertasawuf bersesuaian dengan syariat. 

 

Dan adalah sangat mustahil mereka akan begitu berlemah-lembut kepada tokoh-tokoh sufi apabila  mengetahui mereka itu menyimpang dan berbuat bid’ah. Sedangkan mereka terkenal akan sikap kerasnya kepada ahli bid’ah.

 

Adalah lumrah setiap zaman, bila ada satu kumpulan yang mematuhi syariat, maka akan adalah satu 

lagi kumpulan yang bertentangan. Begitu jugalah sufi.

 

Sebagai contoh apa yang terjadi di zaman Imam Abu Nua’im, seorang tokoh sufi besar zaman itu  (Sufiyyah muhaqiqin) yang melihat penyimpangan besar pada kumpulan yang mendakwa mereka  adalah sufi (Ghair muhaqiqin). Hal ini mendorong beliau mengarang kitab Hilyatul Auliya’ bagi membezakan ahli -ahli sufi sejati dan yang menyimpang. Hal ini disebutkan beliau sendiri dalam mukadimah kitab tersebut (Hilyatul Auliya 1/3-5). Beliau juga terlihat keras dalam menyerang sufi yang menyimpang tersebut. Beliau menamakan mereka orang yang pemalas, mulhid, hulul, ittihad dan ibahiyyah. Malah beliau juga menyebutkan segala bentuk penyimpangan yang dilakukan oleh mereka. 

 

Hal yang serupa juga dsebutkan oleh Imam Qusyairi dalam kitabnya Risalah Qusyairiyah. Beliau menyatakan hal tersebut persis seperti Imam Abu Nua’im dalam mukadimah kitab tersebut (Risalah Qusyairiyah hal. 27-28).

 

 

Rujukan

 

https://hadithanswers.com/a-poem-attributed-to-imam-shafii-rahimahullah/

 

Fatwa Syabakah Islamiyah no. 59757, 136579, 66828

 

Fatwa Soaljawab Islam no. 4983, 20375, 132603, 179938, 154451

 

Al-Kafi li al-Fatawi no. 1008, 1141

 

Irsyad al-Fatwa no. 28

 

Dr. H. Kholilurrohman, MENGENAL TASAWUF RASULULLAH: Representasi Ajaran al-Qur'an dan  Sunnah. Nurul Hikmah Press.

 

https://www.albayan.ae/opinions/diary/2012-07-24-1.1694645

 

http://kmnu-itb.weebly.com/akhlak--tashawwuf/pendapat-ulama-mengenai-tashawwuf

No comments:

Post a Comment

Kisah hamil perempuan mandul di zaman nabi musa as

  Matan kisah   Seorang wanita telah datang kepada Nabi Musa. Wanita itu berkata: “Doalah kepada Tuhanmu agar mengurniakan kepadaku seor...