a) penyusunan bahasa dalam syair
Diwan as-Syafie sangat lemah, tidak menggambarkan ketinggian imam as-Syafie
sebagai ahli bahasa, kebanyakan adalah pinjaman kalam yang dipindahmasuk ke
kitab tersebut, bukan semata-mata kalam imam Syafie, ini adalah kesilapan yang
dilakukan oleh pengumpul puisi dalam kitab tersebut .Maka ketepatan puisi
tersebut adalah dipertikaikan (Fatwa Soaljawab Islam no.154451;
https://www.albayan.ae/opinions/diary/2012-07-24-1.1694645).
b) Sanad yang tidak lengkap/
samar/tidak valid (Fatwa Soaljawab Islam no. 179938, Fatwa Syabakah Islamiyah
no. 66828).
c) telah jelas kedua-dua imam ini
mencela para kesufian dan ilmu tarekat yang batil, bagaimana boleh ada pujian
sebegitu?
d) Kebanyakan syair/kisah dalam
dalam kitab tersebut baik Diwan Imam Syafie dan Tanwir Qulub tidak mengutip
dari/tanpa rujukan primer, malah tidak ada sanad yang dapat
dipertanggungjawabkan kepada kedua-dua imam tersebut.
(https://hadithanswers.com/a-poem-attributed-to-imam-shafii-rahimahullah/)
e)Kisah-kisah kaitan kesufian
kedua-dua imam tersebut kebanyakan dinisbatkan secara dusta dan amatlah
meragukan (Fatwa Syabakah Islamiyah no. 136589)
Hakikat ilmu tasawuf itu suci
bersih dari penyimpangan pada asalnya. Maka itu tidak diingkari oleh sahabat, tabiien, tabiut tabieen dan imam
mazhab.
Tentunya istilah sufi adalah
istilah yang tidak ada di zaman para sahabat, oleh kerananya ini
merupakan istilah baru. Maka
harus jelas apa yang maksudkan Imam Asy-Syafie dengan sufi yang beliau cela tersebut (Talbis Iblis 3/938).
Jika yang dimaksud dengan sufi
adalah suatu kaum yang lebih mendahulukan akhirat daripada dunia maka “sufi” di
sini adalah sufi yang baik, dan tentunya para sahabat, para tabi’in, demikian
juga para ulama adalah para sufi, termasuk Imam Asy-Syafi’i rahimahullah juga
adalah seorang ulama sufi. Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
adalah imamnya para sufi.
Tetapi apabila hakikat ilmu
tasawuf itu sudah dimasukkan penyimpangan, memasukkan juga
amalan/ibadah yang bid’ah,
dikenderai pula oleh orang yang dungu dan malas, mewujudkan tarekat-tarekah
lalu membentuk hizbi-hizbi, maka inilah yang dicela oleh Imam Syafie seperti
kalamnya berikut:
“Dasar landasan tasawwuf adalah
kemalasan.” (Al-Hilyah 9/136-137).
Imam Asy-Syafie berkata:
“Tidaklah ada seorang yang berteman dengan
orang-orang sufi selama 40 (empat puluh) hari, kemudian akalnya akan kembali
selama-lamanya.”
Dan beliau membacakan syair:
ودع الذين اذا أتوك تنسكوا ... واذا خلوا فهم ذئاب خفاف
Tinggalkan orang-orang yang bila
datang kepadamu menampakkan ibadah. Namun jika bersendirian, mereka serigala
buas (Talbis Iblis hal. 371).
Suatu waktu Imam Waki’ (salah
satu guru Imam Asy-Syafie) berkata kepada Sufyan bin ‘Ashim:
“Kenapa engkau meninggalkan
hadith Hisyam?” Sufyan bin Ashim menjawab: “Aku berteman dengan satu kaum dari
sufiyyah, dan aku merasa kagum dengan mereka, kemudian mereka berkata: ‘Jika kamu
tidak menghapus hadith Hisyam, kami akan berpisah denganmu’.” Maka Imam Waki’
berkata:
“Sesungguhnya ada kedunguan pada
mereka.” (Talbis Iblis hal. 371-372).
Dan adalah tidak mustahil juga
para imam -imam mazhab memang memuji tokoh-tokoh sufi di zaman mereka. Ini
adalah bersesuaian dengan imej mereka yang soleh,bertasawuf bersesuaian dengan
syariat.
Dan adalah sangat mustahil mereka
akan begitu berlemah-lembut kepada tokoh-tokoh sufi apabila mengetahui mereka itu menyimpang dan berbuat
bid’ah. Sedangkan mereka terkenal akan sikap kerasnya kepada ahli bid’ah.
Adalah lumrah setiap zaman, bila
ada satu kumpulan yang mematuhi syariat, maka akan adalah satu
lagi kumpulan yang bertentangan.
Begitu jugalah sufi.
Sebagai contoh apa yang terjadi
di zaman Imam Abu Nua’im, seorang tokoh sufi besar zaman itu (Sufiyyah muhaqiqin) yang melihat
penyimpangan besar pada kumpulan yang mendakwa mereka adalah sufi (Ghair muhaqiqin). Hal ini
mendorong beliau mengarang kitab Hilyatul Auliya’ bagi membezakan ahli -ahli
sufi sejati dan yang menyimpang. Hal ini disebutkan beliau sendiri dalam
mukadimah kitab tersebut (Hilyatul Auliya 1/3-5). Beliau juga terlihat keras
dalam menyerang sufi yang menyimpang tersebut. Beliau menamakan mereka orang
yang pemalas, mulhid, hulul, ittihad dan ibahiyyah. Malah beliau juga
menyebutkan segala bentuk penyimpangan yang dilakukan oleh mereka.
Hal yang serupa juga dsebutkan
oleh Imam Qusyairi dalam kitabnya Risalah Qusyairiyah. Beliau menyatakan hal
tersebut persis seperti Imam Abu Nua’im dalam mukadimah kitab tersebut (Risalah
Qusyairiyah hal. 27-28).
Rujukan
https://hadithanswers.com/a-poem-attributed-to-imam-shafii-rahimahullah/
Fatwa Syabakah Islamiyah no.
59757, 136579, 66828
Fatwa Soaljawab Islam no. 4983,
20375, 132603, 179938, 154451
Al-Kafi li al-Fatawi no. 1008,
1141
Irsyad al-Fatwa no. 28
Dr. H. Kholilurrohman, MENGENAL
TASAWUF RASULULLAH: Representasi Ajaran al-Qur'an dan Sunnah. Nurul Hikmah Press.
https://www.albayan.ae/opinions/diary/2012-07-24-1.1694645
http://kmnu-itb.weebly.com/akhlak--tashawwuf/pendapat-ulama-mengenai-tashawwuf
No comments:
Post a Comment