Matan hadith
حَدَّثَنِي الْأُسْتَاذُ أَبُو الْوَلِيدِ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سُلَيْمَانَ بْنِ الْأَشْعَثِ، ثنا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ اللَّيْثِ، حَدَّثَنِي أَبِي، عَنْ جَدِّي، عَنْ عَقِيلٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، أَنَّ رَجُلًا أَهْدَى يَوْمًا لِأَبِي بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ صَحْفَةً مِنْ خَزِيرَةٍ، وَعِنْدَهُ رَجُلٌ يُقَالُ لَهُ الْحَارِثُ بْنُ كَلَدَةَ، وَعِنْدَهُ عِلْمٌ، فَلَمَّا أَكَلَا مِنْهَا، قَالَ ابْنُ كَلَدَةَ فِيهَا سُمٌّ سَنَةٍ، فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَمْ يَمُرَّ الْحَوْلُ حَتَّى مَاتَا فِي يَوْمٍ وَاحِدٍ رَأْسِ السَّنَةِ
Takhrij
Diriwayatkan kepadaku, Al-Ustadz
Abul Walid, dari Abdullah bin Sulaiman bin Al-Asy’ats, dari Abdul Malik bin
Syu’aib bin Al-Laits, dari ayahnya, dari datuknya, dari Aqil, dari Ibnu Syihab;
bahawa suatu hari seorang lelaki memberi hadiah kepada Abu Bakar radhiyallahu
‘anhu, satu mangkuk daging yang direbus. Di sisi Abu Bakar, ada seorang yang
bernama Al-Harits bin Kaladah. Ia punya pengetahuan tentang ilmu perubatan.
Ketika keduanya memakan daging rebus itu, Ibnu Kaladah berkata, “Di dalamnya
terdapat racun satu tahun.” Demi Tuhan yang jiwaku berada dalam genggamanNya,
tidak berlalu satu tahun sampai keduanya mati, pada hari yang sama, di akhir
tahun itu.”
Takhrij
HR. al-Hakim dalam Mustadraknya
no. 4472 dan Abu Nu’aim dalam Al-Thibb Al-Nabawi no. 570, daripada Ibnu Syihab
al-Zuhri.
Sanad Abu Nua'im:-
Ahmad bin Muhammad meriwayatkan
kepada kami dalam kitabnya, dari Abdullah bin Muhammad bin Ziyad Al-Naisaburi,
dari Yusuf bin Sa’id bin Muslim, dari Hajjaj, dari Al-Laits bin Sa’d, dari
Aqil, dari Ibnu Syihab....
Az-Zahabi dalam al-Talkhis
menilai atsar ini mursal.
Jika diamati, akan ditemukan
setidaknya tiga masalah utama dalam sanad hadith summu sanatin.
Pertama, adanya inqitha’ (terputusnya
sanad). Diduga, dalam sanad hadith ini terdapat unsur yang menyebabkan hadith
bernilai dhaif. Iaitu inqitha’ atau terputusnya sanad. Lokasinya
ada pada perawi antara Ibnu Syihab dengan Abu Bakar Al-Shiddiq. Kita dapat mengamatinya
dengan mata kasar.
Ibnu Syihab wafat tahun 125
Hijriah. Sedangkan Abu Bakar wafat tahun 13 Hijriah. Ada jarak 112 tahun antara
wafatnya Abu Bakar dan Ibnu Syibah. Jika kita andaikan Ibnu Syihab berusia 60
tahun, bererti ia lahir sekitar tahun 65 H. Puluhan tahun setelah Abu Bakar
wafat. Dan kenyataannya, menurut keterangan para ulama Ibnu Syihab, iaitu Ibnu
Syihab Al-Zuhri lahir pada tahun 50-an Hijriah. Disebutkan pula keterangan bahawa
Ibnu Syihab hanya meriwayatkan dari 10 orang sahabat Nabi. Tidak ada nama Abu
Bakar di dalamnya.
Di sini, tentu saja Ibnu Syihab
tidak bertemu dengan Abu Bakar. Jika tidak bertemu Abu Bakar, dari mana Ibnu
Syihab dapat kisah ini? Kerana itu, kemungkinanannya, ada satu orang perawi
yang menghubungkan Ibnu Syihab dan Abu Bakar, yang mana perawi tersebu hilang!
Inilah inqitha’.
Kedua, adanya perawi yang
diperselisihkan oleh para ulama tentang kualitinya. Perawi tersebut adalah
Abdullah bin Sulaiman bin Al-Asy’ats (w. 316 H.). Beliau adalah putera Imam Abu
Daud Al-Sijistani, penulis kitab Sunan Abi Daud. Para ulama lebih banyak yang
menilainya sebagai perawi yang terpercaya (tsiqah). Tetapi, anehnya, ayahnya
sendiri menyebut Abdullah bin Sulaiman sebagai pendusta (kazzab).
Akibatnya tentu saja tidak ringan pada hadith yang diriwayatkannya. Kerana,
perawi yang digelari dengan sebutan ini, bererti hadith yang diriwayatkannya
berstatus maudhu’ atau palsu. Imam Al-Daruquthni menilainya tsiqah tetapi
memiliki banyak kesalahan dalam periwayatan hadith.
Ketiga, perawi yang majhul. Dalam jalur
riwayat Imam Abu Nu’aim ditemukan perawi bernama Ahmad bin Muhammad. Tidak
diketahui siapa beliau sebenarnya (majhul). Kerana itu, sementara, status
beliau adalah sebagai perawi yang berkualifikasi majhul. Keberadaan perawi
majhul dalam sebuah sanad, menyebabkan riwayat ini mengalami inqitha’ atau
terputusnya sanad.
No comments:
Post a Comment