Riwayat Jabir ra:
عن جابر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « المؤمن يألف ويؤلف ،
ولا خير فيمن لا يألف ، ولا يؤلف، وخير الناس أنفعهم للناس »
Diriwayatkan dari Jabir berkata,
”Rasulullah SAW bersabda,’ Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada
kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah
orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabarani dan Daruquthni)
Riwayat Ibnu Umar ra:
Telah menceritakan
kepada kami Muhammad bin ‘Abdirrahmaan Asy-Syafi’i Al-Himshi : Telah menceritakan
kepada kami Al-Qaasim bin Hasyim As-Simsar : Telah menceritakan kepada kami
‘Abdurrahman bin Qais Adh-Dhabbi : Telah menceritakan kepada kami Sukain bin
Abi Siraj : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Amru bin Dinar, dari Ibnu
‘Umar :
Bahawasannya ada
seorang laki-laki yang mendatangi Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Ia
berkata :
يا رسول الله أي الناس أحب إلى الله ؟ وأي الأعمال أحب إلى الله عز وجل ؟
فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « أحب الناس إلى الله أنفعهم للناس ، وأحب
الأعمال إلى الله سرور تدخله على مسلم ، أو تكشف عنه كربة ، أو تقضي عنه دينا ، أو
تطرد عنه جوعا ، ولأن أمشي مع أخ لي في حاجة أحب إلي من أن أعتكف في هذا المسجد ،
يعني مسجد المدينة ، شهرا ، ومن كف غضبه ستر الله عورته ، ومن كظم غيظه ، ولو شاء
أن يمضيه أمضاه ، ملأ الله عز وجل قلبه أمنا يوم القيامة ، ومن مشى مع أخيه في
حاجة حتى أثبتها له أثبت الله عز وجل قدمه على الصراط يوم تزل فيه الأقدام
Dari Ibnu Umar bahawa seorang
lelaki mendatangi Rasulullah SAW dan berkata, ”Wahai Rasulullah, siapakah orang
yang paling diicintai Allah? dan amal apakah yang paling dicintai Allah swt?”
Rasulullah SAW menjawab, ”Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang
paling bermanfaat buat manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah
kebahagiaan yang engkau masukkan ke dalam diri seorang muslim atau engkau
menghilangkan suatu kesulitan atau engkau melunasi hutang mereka atau
menghilangkan kelaparan mereka. Dan sesungguhnya aku berjalan bersama seorang
saudaraku untuk (menunaikan) suatu keperluan lebih aku sukai daripada aku
beritikaf di masjid ini - iaitu Masjid Madinah—selama satu bulan. Dan
barangsiapa yang menghentikan amarahnya maka Allah akan menutupi kekurangannya
dan barangsiapa menahan amarahnya padahal dirinya sanggup untuk melakukannya
maka Allah akan memenuhi hatinya dengan harapan pada hari kiamat. Dan
barangsiapa yang berjalan bersama saudaranya untuk (menunaikan) suatu keperluan
sehingga tertunaikan (keperluan) itu maka Allah akan meneguhkan kakinya pada
hari tidak tergelincir kaki-kaki (hari perhitungan).
Takhrij
HR. at-Thabarani
dalam Mu’jam al-Kabir 12/453 no. 13646, Mu’jam al-Awsath 6/139-140 no. 6026,
dan Mu’jam as-Shaghir 2/106 no. 861.
Diriwayatkan juga
oleh Asy-Syajri dalam Al-Amali no. 2298, dan Abu Syaikh dalam At-Taubikh no. 94; semuanya dari
‘Abdurrahman bin Qais, dari Sukain bin Abi Siraj, dari ‘Amru bin Dinar,
dari Ibnu ‘Umar ra secara marfu’.
Diriwayatkan juga Ibnu ‘Asakir
dalam At-Tarikh 64/17 dari jalan ‘Abdurrahman bin Qais, dari Miskin bin Abi
Suraij, dari ‘Imran bin Dinar, dari Ibnu ‘Umar ra secara marfu’.
[Penyebutan Miskin bin Abi Suraij
di sini keliru, kerana yang benar adalah Sukain bin Abi Siraj].
Diriwayatkan juga oleh
Ibnu Basyran dalam Al-Amali no. 53 dan Al-Mu’afa bin Zakariyya dalam Al-Jalisus
Shalih no. 154; dari dua jalan (Daud bin Al-Muhabbar dan Muhammad bin
‘Ar’arah), dari Sukain bin Abi Siraj, dari ‘Abdullah bin Dinar, dari Ibnu
‘Umar ra secara marfu’.
Riwayat Ibnu Abbas:-
Dari Ibnu Abbas secara
marfu’ dengan lafaz sama seperti hadith Jabir ra, diriwayatkan oleh Imam al-Bushiri
dalam Zawaid Musnad Asyirah no. 5176 dari jalan Jabarah, Abdus Shamad bin Azraq,
Sukain bin Abi Siraj, dari Abdullah bin Dinar dari Maimun bin Mihran,
dari Ibnu Abbas ra.
Diriwayatkan juga oleh
Al-Mu’afa bin Zakariyya dalam Al-Jalisus
Shalih no. 43 dari Sukain bin Abi Siraj, dari ‘Abdullah bin Dinar, dari Ibnu
‘Abbas ra secara marfu’.
Diriwayatkan juga oleh
Al-Mu’afa bin Zakariyya dalam Al-Jalisus
Shalih no. 155 dari jalan Sukain bin Abi Siraj, dari ‘Abdullah bin
Dinar, dari Maimun bin Mihran, dari Ibnu ‘Abbas ra secara marfu’.
Dibawakan oleh Ibnu
Hajar dalam Al-Mathalib al-‘Aaliyyah no. 982 dari jalan Miskin bin Abi Siraj
– dan yang benar adalah Sukain bin Abi Siraj, dari ‘Abdullah bin Dinar,
dari Maimun bin Mihran secara mursal.
Dari beberapa jalur riwayat
di atas terdapat idlthirab yang bermuara pada Sukain bin Abi Siraij.
Penyakit idlthirab
ini terutama disebabkan oleh diri Sukain:-
Sukain bin Abi Siraj;
seorang yang tidak tsiqah (laisa bitsiqah).
- Al-Azdi berkata :
Munkarul-hadith
- Ibnu Hibbaan berkata
: Ia meriwayatkan hadith-hadith maudlu.
- Ibnu ‘Adi berkata :
Tidak ma’ruf.
- Abu Nu’aim berkata
: Meriwayatkan dari ‘Abdullah bin Dinar hadith-hadith palsu
[Adh-Dhu’afa’ oleh Abu
Nu’aim hal. 90 no. 92 dan Lisanul Miizan 4/96 no. 3526].
Adapun jalan riwayat
yang benar yang dibawakan Sukain adalah : dari ‘Abdullah bin Dinar, dari Ibnu
‘Umar secara marfu’ sebagaimana akan dijelaskan selanjutnya.
Adapun ‘Abdullah bin
Dinar (Al-Qurasyi Al-‘Adawi, Abu ‘Abdirrahman Al-Madani maula ‘Abdullah bin
‘Umar bin Al-Khatthab), maka ia seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-4 dan
wafat tahun 127 H. Dipakai oleh Al-Bukhari, Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi,
An-Nasaie, dan Ibnu Majah [Taqribut Tahdzib hal. 504 no. 3320].
Oleh kerana itu,
jalan riwayat ini sangat lemah.
Sukain bin Abi Siraj
mempunyai mutaba’ah dari :
1. Malik bin Anas.
Ada tiga jalan :
a. Musa bin Muhammad Al-Muwaqqari.
Diriwayatkan oleh Abu
Nu’aim dalam Al-Hilyah 6/348 : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin
Muhammad bin Ja’far : Telah menceritakan kepada kami ‘Ali bin Rustum : Telah
menceritakan kepada kami Al-Haitsam bin Khalid : Telah menceritakan kepada kami
Musa bin Muhammad Al-Muwaqari : Telah menceritakan kepada kami Malik, dari
'Abdullah bin Dinar, dari Ibnu 'Umar secara marfu'.
Sanadnya sangat lemah kerana Musa bin Muhammad seorang
pendusta [Lisanul Miizan, 8/216-218 no. 8030 & 8/220-221 no. 8030].
b. ‘Abdul Hamid bin Bahr.
Diriwayatkan oleh
Ibnu Hibban dalam Al-Majruhin 2/142 dan Ar-Rafi’i dalam At-Tadwin 2/308;
semuanya dari 'Abdul Hamiid bin Bahr, dari Malik bin Anas, 'Abdullah bin Dinar,
dari Ibnu 'Umar secara marfu'.
Akan tetapi
Ad-Daruquthni memberikan kritikan dan berkata :
عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ بَحْرٍ إِنَّمَا يَرْوِي حَدِيثَ مَالِكٍ، عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنْ زُهَيْرِ بْنِ عَبَّادٍ، عَنْ مَالِكٍ، وَلَمْ
يَرْوِهِ عَنْ مَالِكٍ نَفْسِهِ
Abdul Hamid bin Bahr.
Hanyalah yang meriwayatkan hadith Malik dari ‘Abdullah bin Dinar adalah dari
Zuhair bin ‘Abbad, dari Malik. Ia sendiri tidak meriwayatkan dari Malik
[Ta’liqat ad-Daraquthni ‘ala al-Majruhin, 1/185]. dan pernyataan Ad-Daraquthni
ini dikuatkan dalam jalur periwayatan c di bawah.
Sanadnya sangat lemah kerana faktor ‘Abdul-Hamid bin
Bahr:-
-
Ibnu Hibban dan Ibnu ‘Adi berkata: Mencuri hadith.
-
Ad-Daraquthni berkata: Dhaif.
-
Al-Hakim dan Abu Sa’id An-Naffasy berkata :
Meriwayatkan dari Malik bin Mighwal dan Syarik hadith-hadith yang terbalik.
-
Abu Nu’aim berkata : Meriwayatkan dari Malik dan Syarik
hadith-hadith munkar [Lisanul Mizan 5/69-70 no. 4570].
c. Zuhair bin ‘Abbaad
Diriwayatkan oleh Ibn
an-Nahhas dalam Al-Amali no. 535 : Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Qasim
Ismail bin Ya’qub bin Ibrahim Al-Bazzaz yang terkenal dengan nama Ibnul-Jirab
pada tahun 341 H, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
‘Abdillah bin Manshur Al-Faqih, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami
Zuhair bin ‘Abbad Ar-Ruasiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Malik bin
Anas, dari 'Abdullah bin Dinar, dari Ibnu 'Umar secara marfu'.
Sanadnya sahih, semua
perawinya tsiqah :
-
Ismail bin Ya’qub bin Ibrahim bin Ahmad bin ‘Isa bin Al-Jirab
Al-Baghdadi, Abul-Qasim – terkenal dengan nama Ibnul Irab; seorang yang tsiqah.
Lahir tahun 262 H dan wafat tahun 345 H [Tarikh Baghdad 7/303-304 no. 3298 dan
Siyar A’lam an-Nubala’ 15/497-498 no. 279].
-
Muhammad bin ‘Abdillah bin Manshur, Abu Isma’il Asy-Syaibani
Al-‘Askari Al-Faqiih – dikenali dengan Al-Bathikhi; seorang yang tsiqah.
Wafat tahun 283 H [Tarikh Baghdad 3/441-443 no. 967, Tarikh Dimasyq 54/39-40
no. 6580, dan Mausu’ah Aqwal Ad-Daraquthni hal. 592 no. 3176].
-
Zuhair bin ‘Abbad Ar-Ruasi; seorang yang tsiqah.
Wafat tahun 238 H [Al-Jarh wat-Ta’diil 3/591, Ats-Tsiqat 8/256, dan Lisanul Mizan
3/528 no. 3246].
Sanadnya sahih.
Jadi, mutaba’ah Malik
bin Anas ini sahih melalui jalan riwayat ketiga (Zuhair bin ‘Abbad).
Malik bin Anas bin Malik
bin Abi ‘Amir bin ‘Amru Al-Ashbahi Al-Humairi, Abu ‘Abdillah Al-Madani
Al-Faqih; imam Darul-Hijrah, tsiqah, yang tidak perlu dipertanyakan lagi.
Termasuk thabaqah ke-7, lahir tahun 93 H, dan wafat tahun 179 H. Dipakai oleh
Al-Bukhari, Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasaie , dan Ibnu Majah
[Taqribut-Tahdzib, hal. 913 no. 6465].
2. Bakr bin Khunais.
Diriwayatkan oleh Ibnu
Abi Dunya dalam Qadhaul Hawaij no. 36 dan dalam Ishthina’ Al-Ma’ruf] hal. 79 :
Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Ja’d, ia berkata : telah menceritakan
kepada kami Muhammad bin Yaziid, dari Bakr bin
Khunais, dari ‘Abdullah bin Dinar, dari ‘sebahagian sahabat Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam’.
Sebagian sahabat nabi
yang dimaksudkan di sini tidak lain adalah ’Abdullah bin ‘Umar
radliyallaahu ‘anhumaa.
Ad-Daraquthni dalam
Al-Fawaid no. 32 dan Ibnu ‘Asakir dalam At-Tariikh 41/292 meriwayatkan dari
Bakr bin Khunais dengan menyebutkan ‘Abdullah bin ‘Umar.
Sanadnya lemah kerana
faktor Bakr bin Khunais:
Bakr bin Khunais
Al-Kuufiy Al-‘Aabid; seorang yang lemah, meriwayatkan hadith-hadith munkar.
Termasuk thabaqah ke-7, dipakai oleh At-Tirmidzi dan Ibnu Majah. Ia dinilai
oleh Ibnu Hajr dalam At Taqrib, sebagai perawi shaduq lahu aghlath (memiliki
kesalahan). Namun sebahagian Aimah Jarh wa Ta’dil melemahkannya, seperti
an-Nasaie, Abu Hatim, Ali ibnul Madini,
al-Bazzar, al-Uqaili, Imam Abu Zur’ah dan lain-lain. Sebahagian menilainya matruk,
seperti ad-Daruquthni, bahkan Ibnu Hibban menuduhnya sebagai perawi
hadith-hadith palsu. Disamping itu juga sebahagian ulama memberikan penilaian
positif, seperti Yahya bin Ma’in,
al-‘Ijli dan lain-lain. Barangkali yang pertengahan bahawa beliau adalah ahlu
syawahid/mutaba’ah. [Taqribut Tahdziib hal. 175 no. 747 dan Tahrirut Taqrib
1/180-181 no. 739].
Jadi, sanad jalan
riwayat ini layyin (lemah).
Ibnu ‘Umar mempunyai
syahid dari Jabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhum:-
Diriwayatkan oleh
Al-Qadha’ie dalam Musnad Asy-Syihab no. 129, Ath-Thabarani dalam Al-Awsath no.
5787, Al-Baihaqi dalam Syuabul Iman no. 7252, dan Ibnu ‘Asakir dalam At-Tarikh 8/404;
Abu Said an-Nuqasy dalam Fawaid Iraqiyyin no. 98, semuanya dari jalan
‘Ali bin Bahram : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Malik bin Abi Karimah,
dari Ibnu Juraij, dari ‘Atha’, dari Jabir, ia berkata : Telah
bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
الْمُؤْمِنُ إِلْفٌ مَأْلُوفٌ، وَلا خَيْرَ فِي مَنْ لا يُأْلَفُ، وَخَيْرُ
النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ
Seorang mukmin itu
adalah orang yang boleh menerima dan diterima orang lain, dan tidak ada
kebaikan bagi orang yang tidak boleh diterima orang lain. Dan sebaik-baik
manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.
Sanadnya lemah kerana kemajhulan
‘Ali bin Bahram Abu Hujiyyah dan tadlisnya Ibnu Juraij.
Ali bin Bahram,
al-Haitsami dalam Majmuz Zawaid, mengatakan tidak mengetahuinya. Kemudian
Syeikh al-Albani dalam Silsilah Hadith Dhaif no. 403 menemukan bahawa Ali bin Bahram
ini disebutkan boigrafinya oleh Imam al-Khathib al-Baghdadi dalam Tarikhnya
11/353, bahawa beliau memiliki beberapa murid, namun tidak disebutkan jarh mahupun
ta’dil kepadanya, sehingga dikategorikan sebagai perawi majhul hal.
Abdul Malik bin Abi
Kariimah, ditsiqahkan oleh beberapa ulama, seperti Abu Thahir ibnu Sarah, Abu
al-Arab dan Imam Ahmad bin Abi Khalid
Abdul Malik bin Abdul
Aziz ibnu Juraij, perawi tsiqah yang mudallis, dan disini beliau meriwayatkan
dengan sighat tadlis (‘an’anah).
‘Atha’ bin Abi Rabah
salah satu Aimah Tabi’in yang masyhur.
Kesimpulan :
Namun barangkali
hadithnya Bakr ini, dapat dikuatkan dengan hadithnya Jabir ra kerana perawi
yang majhul hal dapat digunakan sebagai penguat, sehingga minimalnya dengan
saling menguatkan ini, hadithnya menjadi hasan.
Dihasankan oleh Syeikh Al-Albani
dalam Silsilah Hadith Sahih no. 426, 906 dan dalam Sahih al-Targhib wa
al-Tarhib no. 2623.
Syeikh Al-Albani mengatakan bahawa
sanad hadith ini lemah, namun hadith ini mempunyai syahid yang menguatkannya.
Syeikh Al-Albani dalam Silsilah hadith Sahih telah melakukan takhrij hadith
dalam bab ini. Di no. 426 dengan lafaz : “sebaik-sebaik manusia adalah yang
paling bermanfaat bagi manusia lainnya”. Dan di no. 906 dengan lafaz : “yang
paling dicintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah yang paling bermanfaat bagi
orang lain”. Syeikh al-Albani menghasankan semua lafaz diatas berdasarkan baik
sangka kepada Bakr bin Khunais dan penguat dari jalan lainnya, sebagaimana
disebutkan diatas.
Selain Syeikh al-Albani yang
menghasankan hadith ini, as-Sakhawi dalam Maqasid al-Hasanah no. 515 juga
menguatkan hadith ini, begitu juga Syaikh Bari’ Irfan Taufik dalam Kunuzus Sunnah
Nabawiyyah hal. 98, 171 menghasankan hadith ini. Asy-Syaikh Dr. Abdullah
al-Faqih juga menyetujui penghasanan Syeikh al-Albani dalam beberapa fatwanya
(Fatwa Syabakah Islamiyah no. 111512 dan artikel lainnya dalam laman fatwa
tersebut).
Kerana terdapat lagi satu riwayat
penguat:
Dalam riwayat
al-Thabarani dalam Mu’jam al-Awsath no. 5541 lainnya, Abu Nu’aim dalam Hilyatul
Auliya’ 2/102, al-Baihaqi dalam Syuabul Iman no. 7048 dari Ibnu Mas’ud ra,
al-Baihaqi mendhaifkan sanad hadith ini, tetap dikuatkan oleh al-Ajluni dalam
Kasyaful Khafa’ 1/457 dengan redaksi berikut:
الخلق كلهم عيال الله. فأحب الخلق إلى الله من أحسن إلى عياله
Ciptaan, semua mereka
(itu) adalah keluarga Allah swt. maka ciptaan yang paling dicintai oleh Allah
adalah mereka yang berbuat baik pada keluarganya.
Mengutip pendapat al-‘Askari, bahawa
ungkapan keluarga merupakan metafora dan menjadi luas maknanya seolah Allah swt
menjamin rezeki hamba-hambaNya dan mencukupi bagi mereka, maka ciptaan tersebut
seperti keluarga bagi-Nya. Dari tiga riwayat tersebut dapat diambil
kandungannya iaitu semua manusia adalah satu keluarga, dan mereka yang paling
dicintai oleh Allah swt adalah mereka yang paling bermanfaat dengan cara
berbuat baik pada sesama manusia yang tak lain adalah keluarganya sendiri.
(Kashyful Khafa’ 1/432).
Rujukan
Fatwa Soaljawab Islam no. 254247,
333570
Fatwa Syabakah Islamiyah no.
111512
https://al-maktaba.org/book/31621/18783
https://www.alukah.net/sharia/0/127972/%D9%85%D9%86-%D9%87%D9%85-%D8%AE%D9%8A%D8%B1-%D8%A7%D9%84%D9%86%D8%A7%D8%B3-%D8%B9%D9%86%D8%AF-%D8%A7%D9%84%D9%84%D9%87-%D9%88%D8%A3%D8%AD%D8%A8%D9%87%D9%85-%D8%A5%D9%84%D9%8A%D9%87%D8%9F/
No comments:
Post a Comment