Sanad dan matan
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَعْمَرٍ، ثَنَا يَحْيَى بْنُ
عَبْدِ اللهِ، ثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ، أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ، رَضِيَ اللهُ
تَعَالَى عَنْهُ خَرَجَ فِي سَوَادِ اللَّيْلِ اللَّيْلِ فَرَأَهُ طَلْحَةُ، فَذَهَبَ
عُمَرُ فَدَخَلَ بَيْتًا ثُمَّ دَخَلَ بَيْتًا آخَرَ، فَلَمَّا أَصْبَحَ طَلْحَةُ ذَهَبَ
إِلَى ذَلِكَ الْبَيْتِ فَإِذَا بِعَجُوزٍ عَمْيَاءَ مُقْعَدَةٍ، فَقَالَ لَهَا: مَا
بَالُ هَذَا الرَّجُلِ يَأْتِيكِ؟ قَالَتْ: إِنَّهُ يَتَعَاهَدُنِي مُنْذُ كَذَا وَكَذَا،
يَأْتِينِي بِمَا يُصْلِحُنِي، وَيُخْرِجُ عَنِّي الْأَذَى، فَقَالَ طَلْحَةُ: «ثَكِلَتْكَ
أُمُّكَ يَا طَلْحَةُ أَعَثَرَاتِ عُمَرَ تَتْبَعُ؟»
Muhammad bin Ma'mar menceritakan
kepada kami,Yahya bin Abdullah menceritakan kepada kami, Al Auza'i menceritakan
kepada kami, bahawa Umar bin Khaththab & keluar rumah di malam yang gelap,
lalu Thalhah melihatnya. Kemudian Umar masuk sebuah rumah, kemudian masuk ke
rumah yang lain. Dipagi harinya, Thalhah pergi ke rumah itu dan ternyata
penghuninya adalah seorang perempuan tua, buta dan lumpuh. Lalu Thalhah
bertanya kepada perempuan ifu, "Apa yang dilakukan lelaki yang datang
kepadamu ifu?" Dia menjawab, 'Dia selalu datang kerumahku sejak hari itu.
Dia datang untuk membawa keperluanku dan membuang kotoranku." Thalhah
berkata, "Celaka kau, wahai Thalhah! Apakah kamu mencuba menyelidiki
kesalahan-kesalahan Umar?"
Takhrij
AR. Abu Nua'im dalam Hilyatul
Auliya no. 1/47
Sanadnya dhaif, Yahya bin
Abdillah dilemahkan Imam Ahmad, Abu Zur'ah, Abu Hatim. Yahya bin Ma'in berkata
Yahya bin Abdillah tidak mendengar dari al-Auzaie (Mizanul I'tidal 5/128 no.
9033)
114.
حَدَّثَنَا أَبُو مُحَمَّدِ بْنُ حَيَّانَ، ثَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ رُسْتَه، ثَنَا شَيْبَانُ، وَثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ مَالِكٍ،
ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي، ثَنَا عَبْدُ
الصَّمَدِ، ثَنَا أَبُو الْأَشْهَبِ، عَنِ الْحَسَنِ، أَوْ غَيْرِهِ، شَكَّ أَبُو الْأَشْهَبِ،
وَلَمْ يَذْكُرِ أَحْمَدَ بْنُ حَنْبَلٍ الشَّكَّ فَقَالَ: عَنِ الْحَسَنِ، قَالَ:
مَرَّ عُمَرُ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ عَلَى مَزْبَلَةٍ فَاحْتَبَسَ عِنْدَهَا،
فَكَأَنَّ أَصْحَابَهُ تَأَذَّوْا بِهَا، فَقَالَ: «هَذِهِ دُنْيَاكُمُ الَّتِي تَحْرِصُونَ
عَلَيْهَا، أَوْ تَتَّكَلَّمُونَ عَلَيْهَا» قَالَ الشَّيْخُ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى:
وَكَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ فَنَاءِ الْمَلَاذِّ مُنْتَهِيًا، وَلِبَاقِي الْمَعَادِ
مُبْتَغِيًا، يُلَازِمُ الْمَشَقَّاتِ، وَيُفَارِقُ الشَّهَوَاتِ. وَقَدْ قِيلَ: إِنَّ
التَّصَوُّفَ حَمْلُ النَّفْسِ عَلَى الشَّدَائِدِ، الَّذِي هُوَ مِنْ أَشْرَفِ الْمَوَارِدِ
Abu Muhammad bin Hayyan
menceritakan kepada kami, Muhammad bin Abdullah bin Rustah menceritakan kepada
kami, Syaiban menceritakan kepada kami; dan Abu Bakar bin Malik menceritakan
kepada kami, Abdullah bin Ahmad bin Hanbal menceritakan kepada kami, dia berkata:
Ayahku menceritakan kepadaku, Abdushshamad menceritakan kepada kami, Abu Asyhab
menceritakan kepada kami, dari Hasan atau selainnya -Abu Asyhab ragu, dan dia
tidak menyebut Ahmad bin Hanbal, melainkan langsung dari Hasan- dia berkata:
Umar ra melewati tempat sampah lalu dia berdiam diri di samping tempat sampah
itu sehingga para sahabatnya terganggu dengan sampah itu. Kemudian Umar
berkata, "lnilah dunia yang kalian cita-citakan atau selalu
perbincangkan."
Syaikh (Abu Nu'aim) berkata: Umar
ra , adalah orang yang meninggalkan perlindungan sementara dan mencari tempat
kembali yang abadi. Dia senantiasa menghadapi berbagai kesulitan
danmeninggalkan berbagai syahwat. Sebuah pujangga mengatakan bahawa tasawwuf adalahvmenggiring
jiwa kepada kesulitan-kesulitan yang sumber kebajikan yang paling mulia.
Takhrij
AR. Abu Nua'im dalam Hilyatul
Auliya no. 1/48, sanadnya sahih
Rujukan
https://shorturl.at/ejAhV
No comments:
Post a Comment