Matan hadith
لاَ يَجْتَمِعُ قَوْمٌ مُسْلِمُوْنَ يَدْعُوْ بَعْضُهُمْ وَيُؤَمِّنُ بَعْضُهُمْ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللهُ دُعَاءَهُمْ
Terjemahan
Tidak lah berkumpul suatu kaum Muslimin, lalu sebagian mereka berdoa,
dan sebagian lainnya mengucapkan amin, kecuali Allah pasti mengabulkan doa
mereka.
Takhrij
HR. al-Thabarani dalam al-Mu’jam al-Kabir no. 3536, dan al-Hakim dalam
al-Mustadrak no. 5478 dan Baihaqi dalam Dalail Nubuwah 7/113 dari Habib bin Maslamah al-Fihri ra. Al-Hakim
berkata, hadith ini sahih sesuai persyaratan Muslim. Al-Hafizh al-Haitsami
berkata dalam Majma’ al-Zawaid 10/173, para perawi hadith ini adalah para
perawi hadith sahih, kecuali Ibn Lahi’ah, seorang yang hadithnya bernilai
hasan. Ibnu Hajar al-Asqalani menilai hadith ini gharib dalam Nataij al-Afkar
2/34. Syeikh al-Albani menilai hadith ini dhaif dalam Silsilah Hadith Dhaif no.
5968.
Matan hadith
اَلدَّاعِيْ وَالْمُؤَمِّنُ فِي اْلأَجْرِ شَرِيْكَانِ
Terjemahan
Orang yang berdoa dan orang yang membaca amin sama-sama memperoleh
pahala.
Takhrij
HR. al-Dailami dalam Musnad al-Firdaus no. 3093 dari Ibnu Abbas ra.
As-Suyuthi menilai hadith ini dhaif dalam Jamius Saghir no. 4229. Syeikh
al-Albani menilai hadith ini palsu dalam Silsilah Hadith Dhaif no. 3608.
Muhammad Jarullah Sa’di menilai hadith ini dhaif dalam Al-Nawafih al-‘Ithrah
no. 141. Dan di dalamnya ialah Ismail Al-Shami; Az-Zahabi berkata dia pemalsu
hadith, dan Juwaibir bin Sa’ed, Al-Darqutni dan yang lainnya berkata dia matruk
(Faidhul Qadir 3/536; Silsilah Hadith Dhaif 8/99).
Menurut al-Hafizh Ahmad bin al-Shiddiq al-Ghumari dalam kitabnya
al-Mudawi li-’Ilal al-Jami’ al-Shaghir wa Syarhai al-Munawi 4/43, kelemahan
hadith al-Dailami di atas dapat diperkuat dengan ayat al-Quran. Allah SWT
berfirman tentang kisah Nabi Musa AS:
قَالَ قَدْ أُجِيبَتْ دَعْوَتُكُمَا فَاسْتَقِيمَا. (يونس : ٨٩).
“Allah berfirman: “Sesungguhnya telah diperkenankan doa kamu berdua,
oleh kerana itu tetaplah kamu berdua pada jalan yang lurus.” (QS. Yunus : 89).
Dalam ayat di atas, al-Qur’an menegaskan tentang dikabulkannya doa Nabi
Musa AS dan Nabi Harun AS. Padahal yang berdoa sebenarnya Nabi Musa AS,
sedangkan Nabi Harun AS hanya mengucapkan amin, sebagaimana diterangkan oleh
para ulama ahli tafsir. Penilaian Ghumairi perlu diteliti semula.
No comments:
Post a Comment