Mencium
anak-anak
a) Bibir
عَنْ يَعْلَى الْعَامِرِيِّ أَنَّهُ
خَرَجَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى طَعَامٍ
دُعُوا لَهُ قَالَ فَاسْتَمْثَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ عَفَّانُ قَالَ وُهَيْبٌ فَاسْتَقْبَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَامَ الْقَوْمِ وَحُسَيْنٌ مَعَ غِلْمَانٍ يَلْعَبُ
فَأَرَادَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَأْخُذَهُ
قَالَ فَطَفِقَ الصَّبِيُّ هَاهُنَا مَرَّةً وَهَاهُنَا مَرَّةً فَجَعَلَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُضَاحِكُهُ حَتَّى أَخَذَهُ قَالَ
فَوَضَعَ إِحْدَى يَدَيْهِ تَحْتَ قَفَاهُ وَالْأُخْرَى تَحْتَ ذَقْنِهِ فَوَضَعَ
فَاهُ عَلَى فِيهِ فَقَبَّلَهُ وَقَالَ حُسَيْنٌ مِنِّي وَأَنَا مِنْ حُسَيْنٍ
أَحَبَّ اللَّهُ مَنْ أَحَبَّ حُسَيْنًا حُسَيْنٌ سِبْطٌ مِنْ الْأَسْبَاطِ
Dari
Ya’la Al-Amiri, bahawa dia pernah keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam untuk memenuhi undangan makan-makan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam memenuhi undangan tersebut. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
mendatangi orang-orang sementara Al-Husain sedang bermain bersama beberapa
orang anak, ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ingin mengambilnya,
anak itu pun lari ke sana ke mari hingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam mentertawakannya hingga akhirnya beliau mengambilnya.” Kemudian beliau
meletakkan salah satu tangannya di bawah tengkuk anak itu dan tangan yang lain
di bawah dagunya. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam meletakkan
bibirnya pada bibir anak itu seraya menciumnya, kemudian beliau bersabda:
“Al-Husain sebahagian dari diriku dan aku sebahagian darinya, Allah akan
mencintai siapa yang mencintai Al-Husain. Dan Al-Husain merupakan umat dari
umat-umat yang terbaik.” (Musnad Ahmad, no. 16903, sanad dhaif al-Arnauth,
syawahidnya pada HR. Ahmad no. 10471 dengan sanad yang hasan (dari Abu Hurairah
ra)).
Majoriti
ulama, tidak menggalakkan ibu/bapa mencium mulut anak-anak mereka, kerana ini
boleh menimbulkan syahwat, lebih-lebih lagi pada zaman sekarang. Ini berbeza pada
zaman Nabi saw. Dan jika mencium mana-mana anggota itu boleh menimbulkan
syahwat dan fitnah, maka hal itu tidak diperbolehkan.
b)
Perut
عَنْ عُمَيْرِ بْنِ إِسْحَاقَ قَالَ
رَأَيْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ لَقِيَ الْحَسَنَ فَقَالَ لَهُ اكْشِفْ عَنْ بَطْنِكَ
حَتَّى أُقَبِّلَ حَيْثُ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يُقَبِّلُ مِنْهُ قَالَ فَكَشَفَ عَنْ بَطْنِهِ فَقَبَّلَهُ
Dari
Umair bin Ishaq dia berkata: Aku melihat Abu Hurairah bertemu Al-Hasan (cucu
Rasulullah), lalu Abu Hurairah berkata kepadanya: “Singkaplah (pakaian yang
menutupi) perutmu sehingga aku boleh mencium bahagian yang pernah aku lihat
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menciumnya.” Umair bin Ishaq berkata:
“Kemudian Al-Hasan membukanya dan Abu Hurairah mencium perutnya.” (Musnad
Ahmad, no. 9145 sanad dhaif al-Arnauth)
c) Tangan
مِنْ فَاطِمَةَ كَرَّمَ اللَّهُ وَجْهَهَا
كَانَتْ إِذَا دَخَلَتْ عَلَيْهِ قَامَ إِلَيْهَا فَأَخَذَ بِيَدِهَا وَقَبَّلَهَا
وَأَجْلَسَهَا فِي مَجْلِسِهِ وَكَانَ إِذَا دَخَلَ عَلَيْهَا قَامَتْ إِلَيْهِ
فَأَخَذَتْ بِيَدِهِ فَقَبَّلَتْهُ وَأَجْلَسَتْهُ فِي مَجْلِسِهَا
Apabila
saidatina Fatimah r.a mendapati Nabi s.a.w masuk bertemunya, beliau akan
berdiri dan mengambil tangan baginda s.a.w dan terus menciumnya. (HR. Abu Daud
no. 5217, sahih al-Albani)
Memeluk
anak
دَخَلْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أَبِي سَيْفٍ الْقَيْنِ وَكَانَ ظِئْرًا
لِإِبْرَاهِيمَ عَلَيْهِ السَّلَام فَأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِبْرَاهِيمَ فَقَبَّلَهُ وَشَمَّهُ
Kami
pergi bersama Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam menuju rumah Abu Saif
Al-Qayyin (tukang besi). Dia ini adalah
bapa susuan Ibrahim (kerana isteri Abu Saif menyusui putra Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam). Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun mengambil
Ibrahim, lalu menciumnya dengan mulut (bibir) dan hidung beliau. (HR. Bukhari
no. 1303)
Mengusap
kepala anak
Berikut
ini beberapa hadith tentang mengusap kepala anak.
عن إدريس بن محمد بن أنس بن فضالة بن محمد ، قال : حدثنا
جدي ، عن أبيه ، قال : ‘ قدم رسول الله
صلى الله عليه وسلم المدينة ، وأنا ابن
أسبوعين ، فأتي بي إليه فمسح على رأسي ، وقال : ‘ سموه باسمي ،
Dari
Idris bin Muhammad bin Anas bin Fadhalah bin Muhamad berkata: Telah
menceritakan kepada kami datukku dan ayahnya berkata: Rasulullah Saw datang ke
Madinah dan aku baru berumur dua minggu, aku didatangkan kepada Nabi dan beliau
mengusap kepalaku dan bersabda: “Berilah dia nama seperti namaku”. (Tahdzib
Al-Atsar No 740, sanad dhaif al-Albani)
عن سلمة بن وردان قال : رأيت أنس بن مالك
يصافح الناس ، فسألني : من أنت ؟ فقلت : مولى لبني ليث ، فمسح على رأسي ثلاثا وقال
: بارك الله فيك
Dari
Salamah bin Wardan, ia berkata: “Saya melihat Anad bin Malik menjabat tangan
orang-orang lalu dia bertanya kepadaku: ‘Siapa Engkau?’ Saya menjawab: ‘Bekas
Budak Bani Laits’, Dia lalu mengusap kepalaku tiga kali dan berkata “Semoga
Allah memberikan berkah kepadamu”. (HR. Bukhari Sahih Adabul Mufrad no. 743,
sanad hasan al-Albani)
عن يوسف بن عبد الله بن سلام قال : سماني
رسول الله صلى الله عليه وسلم يوسف ، وأقعدني على حجره ، ومسح على رأسي
Dari
Yusuf bin Abdullah bin Salam berkata: “Rasulullah Saw memberikan nama Yusuf
kepadaku dan beliau mendudukkanku di atas pangkuannya dan mengusap usap
kepalaku”. (HR. Bukhari Sahih Adabul Mufrad no. 282, sanad sahih al-Albani)
عن إبراهيم بن مرزوق الثقفي قال : حدثني
أبي – وكان لعبد الله بن الزبير فأخذه الحجاج منه – قال : كان عبد الله بن الزبير
بعثني إلى أمه أسماء بنت أبي بكر ، فأخبرها بما يعاملهم حجاج ، وتدعو لي ، وتمسح
رأسي ، وأنا يومئذ وصيف
Dari
Ibrahim bin Marzuq Ats-Tsaqafi berkata: “Abdullah bin Zubair mengutusku pergi
kepada ibunya, Asma’ binti Abu Bakar. Saya pun memberitahukan kepadanya
perlakuan Hajjaj kepada mereka. Dia (Asma’) mendoakan aku dan mengusap
kepalaku. Saat itu saya seorang budak kecil”. (HR. Bukhari Dhaif Adabul Mufrad
no. 151, dhaif al-Albani)
Al-Thibiy
berkayata: mengusap kepala anak yatim kata metaforik yang berarti mengasihi dan
menyayangi mereka. (Mirqaah al-Mafaatiih Syarh Misykaah al-Mashaabiih 8/3115)
Memeluk
anak
Dari
Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah
mengambilku dan mendudukkanku di atas pahanya serta meletakkan Hasan di paha
beliau yang lainnya, lalu beliau memeluk keduanya dan berdoa,
اللَّهُمَّ ارْحَمْهُمَا فَإِنِّي أَرْحَمُهُمَا
“Ya
Allah kasihilah keduanya karena aku mengasihi keduanya” (HR. Bukhari no. 6003).
Ya’la
bin Marrah berkata, “Kami pernah keluar bersama Rasulullah lalu kami diundang
untuk makan. Tiba-tiba, Husein bermain di jalan. Rasulullah pun segera
mendahului orang-orang lalu membentangkan kedua tangan beliau. Anak itu berlari
menghindar ke sana kemari. Rasulullah mencandainya hingga akhirnya beliau dapat
menangkapnya. Satu tangan beliau memegang dagu Husein dan tangan satu lagi
memegang kepala lalu beliau memeluknya. Setelah itu, beliau bersabda, “Husein
bagian dariku dan aku adalah bagian darinya. Allah mencintai orang yang
mencintai Husein. Husein adalah satu dari cucu-cucuku (Silsilah Hadith Sahih
al-Albani no. 312).
Mengusap
Wajah atau Kedua Pipi
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَدْ مَسَحَ وَجْهَهُ زَمَنَ الْفَتْحِ
Dari
Mush’ab bin Abdillah berkata,” Abdullah bin Tsa’labah, dilahirkan empat tahun
sebelum hijrah. Dia dibawa menghadap Rasulullah saw. Beliau mengusap wajahnya
dan memberkatinya pada tahun pembebasan kota Mekah. Rasulullah saw meninggal
dunia pada waktu dia berusia empat belas tahun.” (HR. Hakim 3/379, lafaz Ahmad
no. 23666, sanad sahih al-Arnauth).
صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الْأُولَى، ثُمَّ خَرَجَ إِلَى أَهْلِهِ وَخَرَجْتُ
مَعَهُ، فَاسْتَقْبَلَهُ وِلْدَانٌ، فَجَعَلَ يَمْسَحُ خَدَّيْ أَحَدِهِمْ
وَاحِدًا وَاحِدًا
“Saya
menunaikan solat Zhuhur bersama dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam, kemudian beliau keluar menuju ke rumah isteri beliau dan saya pun
keluar bersama beliau. Muncullah anak-anak menemui beliau, beliaupun mulai
mengusap kedua pipi salah seorang dari mereka, satu persatu”. (HR. Muslim no.
2329)
Menyentuh
Bahu
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَضَعَ يَدَهُ عَلَى كَتِفِي أَوْ
عَلَى مَنْكِبِي شَكَّ سَعِيدٌ ثُمَّ قَالَ اللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِي الدِّينِ
وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيلَ
Dari
Ibnu Abbas, bahawa Rasulullah saw pernah meletakkan tangan beliau di atas bahuku
– Sa’id (perawi hadith) ragu – kemudian
beliau : ”Ya Allah, anugerahkanlah kepadanya pemahaman agama yang dalam dan
ajarilah dia tentang penafsiran. (HR. Ahmad no. 2397, sahih Ahmad Syakir).
قَالَ أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَنْكِبِي فَقَالَ كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيبٌ
أَوْ عَابِرُ سَبِيلٍ
Dari
Ibnu Umar, dia berkata: “Suatu ketika, Rasulullah memegang bahuku, lalu
bersabda: “Jadilah engkau di dunia seperti orang asing atau pengembara” (HR.
Bukhari no. 6416)
Al-Hafizh
Ibnu Hajar berkata: ”Hadith ini menerangkan bolehnya guru menyentuh anggota
tubuh murid ketika memberikan pelajaran dan nasihat. Hal itu dilakukan dalam
rangka membangun kedekatan psikologis, dan agar murid lebih perhatian terhadap
pelajaran yang akan disampaikan. Biasanya, hal itu hanya dilakukan terhadap
murid yang mendapat perhatian khusus (Fathul Bari 11/235).
Menepuk
Dada
لَمَّا بَعَثَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى الْيَمَنِ فَقُلْتُ تَبْعَثُنِي وَأَنَا رَجُلٌ حَدِيثُ
السِّنِّ وَلَيْسَ لِي عِلْمٌ بِكَثِيرٍ مِنْ الْقَضَاءِ قَالَ فَضَرَبَ صَدْرِي
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ اذْهَبْ فَإِنَّ
اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ سَيُثَبِّتُ لِسَانَكَ وَيَهْدِي قَلْبَكَ قَالَ فَمَا
أَعْيَانِي قَضَاءٌ بَيْنَ اثْنَيْنِ
Tatkala
Rasulullah hendak mengutusku ke Yaman, aku berkata: “Bagaimana mungkin engkau
akan mengutusku, sedangkan *usiaku masih muda*, dan aku tidak memiliki banyak
pengetahuan mengenai masalah peradilan. “Ali melanjutkan: ”Lalu Rasulullah
menepuk dadaku dan bersabda,”Pergilah sesungguhnya Allah akan memantapkan
lidahmu dan menunjuki hatimu.” Ali berkata;” setelah itu, memutuskan perkara di
antara dua orang bukanlah hal yang berat untuku (HR. Ahmad no. 1145, sahih
al-Arnauth)
Kesimpulan
Ibnu
Batthal rahimahullah berkata, “Menyayangi anak kecil, memeluknya, menciumnya,
dan lembut kepadanya termasuk dari amalan-amalan yang diredhai oleh Allah dan
akan diberi ganjaran oleh Allah. Tidakkah engkau perhatikan Al-Aqra’ bin Haabis
menyebutkan kepada Nabi bahwa ia memiliki 10 orang anak laki-laki tidak
seorangpun yang pernah ia cium, maka
Nabi pun berkata kepada Al-Aqra’ ((Barang siapa yang tidak menyayangi maka
tidak akan disayang)). Maka hal ini menunjukan bahawa mencium anak kecil,
menggendongnya, ramah kepadanya merupakan perkara yang mendatangkan rahmat
Allah. Tidak engkau perhatikan bagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menggendong
(cucu beliau) Umamah putrinya Abul ‘Aash (suami Zainab putri Nabi) di atas
leher beliau tatkala beliau sedang solat?, padahal solat adalah amalan yang
paling mulia di sisi Allah dan Allah telah memerintahkan kita untuk sentiasa
khusyuk dan konsentrasi dalam solat. Keadaan Nabi yang menggendong Umamah
tidaklah bertentangan dengan kekhusyukan yang diperintahkan dalam solat. Nabi
khuwatir akan memberatkan Umamah (si kecil cucu beliau) kalau beliau
membiarkannya dan tidak digendong dalam solat. Pada sikap Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam ini merupakan teladan yang paling besar bagi kita, maka
hendaknya kita meneladani beliau dalam menyayangi anak-anak baik masih kecil
maupun yang besar, serta berlemah lembut kepada mereka” (Syarah Sahih Bukhari karya
Ibnu Batthal, 9/211-212)
Ibnu
Bathal rahimahullah mengatakan, “(Orang tua) diperbolehkan mencium anak-anak
kecil di bahagian anggota tubuhnya yang manapun dan juga untuk anak yang telah
besar selama bukan pada auratnya. Inilah pendapat majoriti ulama.” (Fathul
Bari, 1/427)
Rujukan
Fatwa
Soaljawab Islam no. 159539, 10142, 9595
Fatwa
Islamweb no. 9009
No comments:
Post a Comment