Monday, 7 September 2020

Hadith berkaitan malaikat Ruman



Matan hadith

وفي رواية عبد الله بن سلام قال: سألت رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم عن أول ملك يدخل في القبر على الميت قبل منكر ونكير. فقال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم: ملك يتلألأ وجهه كالشمس اسمه: رومان يدخل على الميت ثم يقول له: اكتب ما عملت من حسنة وسيئة. فيقول: بأي شيء أكتب؟ أين قلمي ودواتي ومدادي؟ فيقول: ريقك مدادك وقلمك إصبعك، فيقول: على أي شيء أكتب وليس معي صحيفة؟ قال: صحيفتك كفنك فاكتب. فيكتب ما عمله في الدنيا خيرا، وإذا بلغ سيئاته يستحي منه فيقول له الملك: يا خاطئ ما تستحي من خالقك حين عملته في الدنيا فتستحي الآن، فيرفع الملك العمود
ليضربه. فيقول: إرفع عني حتى أكتبها فيكتب فيها جميع حسناته وسيئاته ثم يأمره أن يطوي ويختم. فيقول: بأي شيء أختم؟ وليس معي خاتم. فيقول: أختمها بظفرك وعلقها في عنقك إلى يوم القيامة. كما قال الله تعالى: وكل إنسان ألزمناه طائره في عنقه ونخرج له يوم القيامة كتابا يلقيه منشورا

Terjemahan

Diriwayatkan dari Sahabat Abdullah bin Salam, akan datang kepada mayat seorang malaikat sebelum datangnya Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir, wajahnya bersinar terang seperti matahari, namanya adalah Malaikat Ruman. Malaikat Ruman datang kepada mayat kemudian duduk seraya berkata kepada mayat, "Tulislah apa yang telah kamu perbuat, baik kebaikan maupun keburukan !". Lalu, mayat itu bertanya kepadanya, "Dengan apa aku akan menulis ? Di mana pena, tinta, dan bekas tintaku ?". Malaikat Ruman pun menjawab, "Ludahmu adalah tintamu dan penamu adalah jari-jarimu !". Lalu mayat itu bertanya, "Pada apa aku akan menulis sedangkan tidak ada lembaran amal bagiku ?". Nabi SAW bersabda (melanjutkan kisah ini), lalu Malaikat Ruman memotong kain kafannya sepotong dan memberikan kepada mayat seraya berkata, "Ini adalah lembaran amalmu, maka tulislah !". Mayat itu pun menulis kebaikan yang telah dilakukannya di dunia. Tatkala sampai pada keburukannya (saat menulis amalnya), maka mayat itu merasa malu kepada Malaikat Ruman. Lalu Malaikat Ruman berkata, "Wahai orang yang berbuat dosa, mengapa kamu tidak malu kepada Penciptamu ketika kamu melakukannya di dunia dan kamu malu kepadaku sekarang ?". Malaikat itu pun mengangkat sebuah tiang lalu memukul mayat itu. Lalu, mayat itu berkata, "Angkatlah (tiang ini) dariku sehingga aku menulis keburukanku. Mayat itu pun menulis semua kebaikan dan keburukannya di dalam lembaran itu. Lalu, Malaikat Ruman memerintahkan kepada mayat itu untuk melipat dan menguncinya. Mayat itu pun melipatnya dan bertanya, "Dengan apa aku akan menguncinya sedangkan tidak ada kunci bersamaku ?". Lalu, Malaikat Ruman menjawab, "Kuncilah lembaran itu dengan kukumu !". Mayat itu pun mengunci lembaran itu dengan kukunya dan menggantungkan lembaran itu di lehernya sampai hari kiamat, sebagaimana Allah SWT berfirman :

وَكُلَّ إِنْسَانٍ أَلْزَمْنَاهُ طَائِرَهُ فِيْ عُنُقِهِ وَنُخْرِجُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كِتَابًا يَلْقَاهُ مَنْشُوْرًا

"Dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. Dan Kami keluarkan baginya pada hari kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka" (Al-Isra' : 13).

Takhrij

HR. Muhammad Baqir al-Majlisi dalam Bihar al-Anwar 59/234,  Ali Khan al-Madini al-Shirazi dalam Riyadhus Salikin fi Syarah Sayyidil Sajidin  2/66-67 dan Jazairi Ni’matulllah  dalam Nurul Anwar fi Syarah al-Sahifatul Sajadiyyah hal. 94 (kesemuanya adalah kitab Syiah). Tanpa sanad.

Dan tambahan seterusnya ditemukan dalam Kitab Daqaiq al-Akhbar hal. 29. Juga tanpa sanad.





Kemudian, datanglah sesudah itu Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir.


Demikian pula tatkala orang yang bermaksiat melihat kitab catatan amalnya di hari kiamat. Ketika Allah SWT memerintahkannya untuk membaca (kitab catatan amal itu), dia pun membaca kebaikan-kebaikannya.

Tatkala telah sampai pada keburukannya, dia diam, lalu Allah SWT berkata, "Mengapa kamu tidak membaca ?". Dia pun menjawab, "Aku malu kepada-Mu". Lalu Allah SWT berkata, "Mengapa kamu tidak malu di dunia dan sekarang kamu malu kepada-Ku ?".


Hamba itu pun menyesal dan tidaklah memberi manfaat padaya penyesalan itu. Lalu Allah SWT berkata :

خُذُوْهُ فَغُلُّوْهُ، ثُمَّ الْجَحِيْمَ صَلُّوْهُ

"Peganglah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya. Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala" (Al-Haqqah : 30-31).


Berkaitan hadith malaikat Ruman ini, hadithnya semua palsu. Maka riwayat menceritakan kisah berkaitan tidak ada yang sahih, lebih teruk palsu, lagi-lagi berasal dari sumber syiah.

Sanad dan matan hadith

حَدَّثَنَا أَبِي، ثَنَا إِبْرَاهِيمُ، ثَنَا أَحْمَدُ، ثَنَا عُثْمَانُ بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ عُتْبَةَ بْنِ ضَمْرَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ: فِتَانُ الْقَبْرِ ثَلَاثَةٌ: أَنْكَرٌ وَنَاكُورٌ وَسَيِّدُهُمْ رُومَانُ

Terjemahan

Fitnah kubur itu tiga, pertanyaan malaikat munkar dan nakir serta ruman.

Takhrij

HR. Abu Nua’im dalam Hilyatul Auliya’ 6/104, daripada Dhamrah ra. Sebahagian riwayat menyebut “empat”.

Ibnu Jauzi dalam Maudhuatnya 3/546 menilai hadith ini palsu.

Az-Zahabi dalam Tartib Maudhuat no. 305 menilai hadith ini batil.

Al-Jurqani dalam al-Abatil wa al-Manakir 1/477 menilai hadith ini munkar.


No comments:

Post a Comment

Kisah hamil perempuan mandul di zaman nabi musa as

  Matan kisah   Seorang wanita telah datang kepada Nabi Musa. Wanita itu berkata: “Doalah kepada Tuhanmu agar mengurniakan kepadaku seor...