Matan hadith
وفي رواية عبد الله بن سلام
قال: سألت رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم عن أول ملك يدخل في القبر على الميت
قبل منكر ونكير. فقال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم: ملك يتلألأ وجهه كالشمس
اسمه: رومان يدخل على الميت ثم يقول له: اكتب ما عملت من حسنة وسيئة. فيقول: بأي
شيء أكتب؟ أين قلمي ودواتي ومدادي؟ فيقول: ريقك مدادك وقلمك إصبعك، فيقول: على أي
شيء أكتب وليس معي صحيفة؟ قال: صحيفتك كفنك فاكتب. فيكتب ما عمله في الدنيا خيرا،
وإذا بلغ سيئاته يستحي منه فيقول له الملك: يا خاطئ ما تستحي من خالقك حين عملته
في الدنيا فتستحي الآن، فيرفع الملك العمود
ليضربه. فيقول: إرفع عني حتى
أكتبها فيكتب فيها جميع حسناته وسيئاته ثم يأمره أن يطوي ويختم. فيقول: بأي شيء
أختم؟ وليس معي خاتم. فيقول: أختمها بظفرك وعلقها في عنقك إلى يوم القيامة. كما
قال الله تعالى: وكل إنسان ألزمناه طائره في عنقه ونخرج له يوم القيامة كتابا
يلقيه منشورا
Terjemahan
Diriwayatkan dari Sahabat Abdullah bin Salam, akan datang kepada mayat
seorang malaikat sebelum datangnya Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir, wajahnya
bersinar terang seperti matahari, namanya adalah Malaikat Ruman. Malaikat Ruman
datang kepada mayat kemudian duduk seraya berkata kepada mayat, "Tulislah
apa yang telah kamu perbuat, baik kebaikan maupun keburukan !". Lalu, mayat
itu bertanya kepadanya, "Dengan apa aku akan menulis ? Di mana pena, tinta,
dan bekas tintaku ?". Malaikat Ruman pun menjawab, "Ludahmu adalah
tintamu dan penamu adalah jari-jarimu !". Lalu mayat itu bertanya,
"Pada apa aku akan menulis sedangkan tidak ada lembaran amal bagiku
?". Nabi SAW bersabda (melanjutkan kisah ini), lalu Malaikat Ruman
memotong kain kafannya sepotong dan memberikan kepada mayat seraya berkata,
"Ini adalah lembaran amalmu, maka tulislah !". Mayat itu pun menulis
kebaikan yang telah dilakukannya di dunia. Tatkala sampai pada keburukannya
(saat menulis amalnya), maka mayat itu merasa malu kepada Malaikat Ruman. Lalu
Malaikat Ruman berkata, "Wahai orang yang berbuat dosa, mengapa kamu tidak
malu kepada Penciptamu ketika kamu melakukannya di dunia dan kamu malu kepadaku
sekarang ?". Malaikat itu pun mengangkat sebuah tiang lalu memukul mayat
itu. Lalu, mayat itu berkata, "Angkatlah (tiang ini) dariku sehingga aku
menulis keburukanku. Mayat itu pun menulis semua kebaikan dan keburukannya di
dalam lembaran itu. Lalu, Malaikat Ruman memerintahkan kepada mayat itu untuk
melipat dan menguncinya. Mayat itu pun melipatnya dan bertanya, "Dengan
apa aku akan menguncinya sedangkan tidak ada kunci bersamaku ?". Lalu,
Malaikat Ruman menjawab, "Kuncilah lembaran itu dengan kukumu !". Mayat
itu pun mengunci lembaran itu dengan kukunya dan menggantungkan lembaran itu di
lehernya sampai hari kiamat, sebagaimana Allah SWT berfirman :
وَكُلَّ إِنْسَانٍ
أَلْزَمْنَاهُ طَائِرَهُ فِيْ عُنُقِهِ وَنُخْرِجُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
كِتَابًا يَلْقَاهُ مَنْشُوْرًا
"Dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya
(sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. Dan Kami keluarkan baginya pada
hari kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka" (Al-Isra' : 13).
Takhrij
HR. Muhammad Baqir al-Majlisi dalam Bihar al-Anwar 59/234, Ali Khan al-Madini al-Shirazi dalam Riyadhus
Salikin fi Syarah Sayyidil Sajidin 2/66-67 dan Jazairi Ni’matulllah dalam Nurul Anwar fi Syarah al-Sahifatul
Sajadiyyah hal. 94 (kesemuanya adalah kitab Syiah). Tanpa sanad.
Dan tambahan seterusnya ditemukan dalam Kitab Daqaiq al-Akhbar hal. 29. Juga
tanpa sanad.
Kemudian, datanglah sesudah itu Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir.
Demikian pula tatkala orang yang bermaksiat melihat kitab catatan
amalnya di hari kiamat. Ketika Allah SWT memerintahkannya untuk membaca (kitab
catatan amal itu), dia pun membaca kebaikan-kebaikannya.
Tatkala telah sampai pada keburukannya, dia diam, lalu Allah SWT
berkata, "Mengapa kamu tidak membaca ?". Dia pun menjawab, "Aku
malu kepada-Mu". Lalu Allah SWT berkata, "Mengapa kamu tidak malu di
dunia dan sekarang kamu malu kepada-Ku ?".
Hamba itu pun menyesal dan tidaklah memberi manfaat padaya penyesalan
itu. Lalu Allah SWT berkata :
خُذُوْهُ فَغُلُّوْهُ، ثُمَّ
الْجَحِيْمَ صَلُّوْهُ
"Peganglah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya. Kemudian
masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala" (Al-Haqqah :
30-31).
Berkaitan hadith malaikat Ruman ini, hadithnya semua palsu. Maka riwayat
menceritakan kisah berkaitan tidak ada yang sahih, lebih teruk palsu, lagi-lagi
berasal dari sumber syiah.
Sanad dan matan hadith
حَدَّثَنَا أَبِي، ثَنَا
إِبْرَاهِيمُ، ثَنَا أَحْمَدُ، ثَنَا عُثْمَانُ بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ عُتْبَةَ بْنِ
ضَمْرَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ: فِتَانُ الْقَبْرِ ثَلَاثَةٌ: أَنْكَرٌ وَنَاكُورٌ وَسَيِّدُهُمْ
رُومَانُ
Terjemahan
Fitnah kubur itu tiga, pertanyaan malaikat munkar dan nakir serta ruman.
Takhrij
HR. Abu Nua’im dalam Hilyatul Auliya’ 6/104, daripada Dhamrah ra.
Sebahagian riwayat menyebut “empat”.
Ibnu Jauzi dalam Maudhuatnya 3/546 menilai hadith ini palsu.
Az-Zahabi dalam Tartib Maudhuat no. 305 menilai hadith ini batil.
Al-Jurqani dalam al-Abatil wa al-Manakir 1/477 menilai hadith ini munkar.
No comments:
Post a Comment