Matan hadith
مَنْ كَانَتِ الدُّنْيَا هَمَّهُ ، فَرَّقَ اللهُ عَلَيْهِ أَمْرَهُ ،
وَجَعَلَ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ ِ، وَلَمْ يَأْتِهِ مِنَ الدُّنْيَا إِلَّا
مَا كُتِبَ لَهُ ، وَمَنْ كَانَتِ الْآخِرَةُ نِيَّـتَهُ ، جَمَعَ اللهُ أَمْرَهُ
، وَجَعَلَ غِنَاهُ فِيْ قَلْبِهِ ، وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ.
Terjemahan
Barangsiapa tujuan hidupnya
adalah dunia, maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya, menjadikan kefakiran
selalu ada dihadapannya, dan ia tidak mendapatkan dunia kecuali menurut
ketentuan yang telah ditetapkan baginya. Barangsiapa yang niat (tujuan)
hidupnya adalah negeri akhirat, Allah akan mengumpulkan urusannya, menjadikan
kekayaan di hatinya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina.
Takhrij
HR Ibnu Majah no. 4105, Ahmad
5/183, ad-Daarimi no. 229, Ibnu Hibban no. 680 daripada Zaid bin Tsabit ra.
Ibnu Hibban menilai hadith ini
sahih, begitu juga al-Dimyathi dalam
al-Mutjir Rabih no. 334, Syeikh al-Albani dalam Silsilah Sahih Targhib no.
3168, Syeikh al-Arnauth dalam takhrij Sahih Ibnu Hibban no. 680 dan al-Wadi'ie
dalam Sahih Musnad no. 358.
Juga terdapat riwayat dari Anas
bin Malik RA berkata; Rasulullah ﷺ bersabda:
مَنْ كَانَتْ الْآخِرَةُ هَمَّهُ جَعَلَ اللَّهُ غِنَاهُ فِي قَلْبِهِ
وَجَمَعَ لَهُ شَمْلَهُ وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ وَمَنْ كَانَتْ
الدُّنْيَا هَمَّهُ جَعَلَ اللَّهُ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ وَفَرَّقَ عَلَيْهِ
شَمْلَهُ وَلَمْ يَأْتِهِ مِنْ الدُّنْيَا إِلَّا مَا قُدِّرَ لَهُ
Barangsiapa yang keinginannya
hanya kehidupan akhirat maka Allah akan memberi rasa cukup dalam hatinya,
menyatukan urusannya yang berserakan dan dunia datang kepadanya tanpa dia cari,
dan barangsiapa yang keinginannya hanya kehidupan dunia maka Allah akan jadikan
kemiskinan selalu membayang-bayangi di antara kedua matanya, mencerai beraikan
urusannya dan dunia tidak akan datang kepadanya kecuali sekedar apa yang telah
ditentukan baginya."
HR. Tirmidzi no. 2465. al-Mubarakfuri berkata: “Pada sanadnya
perawi Yazid al-Raqasyi adalah daif”. Manakala al-Albani berkata: Sanadnya dhaif
tetapi hasan kerana mutaba’ah dan syawahidnya.
No comments:
Post a Comment