Dari Abu Hurairah Radhiyallahu
‘Anhu, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:
وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَوْ لَمْ تُذْنِبُوا لَذَهَبَ اللَّهُ بِكُمْ،
وَلَجَاءَ بِقَوْمٍ يُذْنِبُونَ ، فَيَسْتَغْفِرُونَ اللَّهَ فَيَغْفِرُ لَهُمْ
Demi Zat yang diriku berada
ditanganNya, jika kalian tidak berbuat dosa Allah akan hilangkan kalian dan
Allah akan datangkan kaum lain yang berdosa, lalu mereka pun minta ampun kepada
Allah, Allah pun ampuni dosa mereka (HR. Imam Muslim 2749).
Syarah
Syeikh Shalih al Fauzan hafizahullah
menjelaskan makna hadith ini ketika beliau mengatakan:
Makna hadith ini sangat jelas, bahwa Allah
-subhanahu wa ta’ala- senang jika hamba-Nya meminta ampun kepada-Nya dan Allah
-subhanahu wa ta’ala- akan mengampuni mereka supaya nampak keutamaan Allah
-subhanahu wa ta’ala- dan pengaruh dari sifat-Nya yaitu Al Ghafar dan Al Ghafur
(Yang Maha Mengampuni) dan ini sebagaimana disebutkan di dalam firman-Nya:
قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا
تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا
إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَه
“Katakanlah: “Hai hamba-hambaKu
yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa
dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya.
Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah
kamu kepada Rabbmu, dan berserah dirilah kepada-Nya” [QS. Az-Zumar: 53-54]
Hadith ini menunjukkan dua
perkara yang agung:
a. Yang pertama bahawa
Allah subhanahu wa ta’ala Maha memaafkan, suka memaafkan, Maha pengampun, dan
suka mengampuni.
b. Yang kedua di dalam
hadith ini ada khabar gembira bagi orang-orang yang bertaubat kepada Allah
dimana Allah subhanahu wa ta’ala akan menerima taubat mereka dan akan
mengampuni dosa-dosa mereka maka janganlah mereka berputus asa dari rahmat
Allah subhanahu wa ta’ala dan jangan pula terus menerus melakukan maksiat. Akan
tetapi yang mereka harus lakukan adalah bertaubat dan beristighfar kepada Allah
subhanahu wa ta’ala kerana Allah subhanahu wa ta’ala membukakan pintu istighfar
bagi mereka. Demikian pula pintu membukakan pintu taubat. Inilah makna dari
hadith tersebut.
Hadith ini juga telah
menghilangkan kesombongan dari manusia karena terkadang manusia sombong
terhadap dirinya dan ilmunya, padahal manusia adalah tempat kesalahan tempat
ketergelinciran dan tempat kekurangan. Maka kewajipan anda adalah bersegera
bertaubat dan beristighfar dari segala kekurangannya, kesalahannya, dan
tergelincirnya. Jangan dia beranggapan bahawa dia adalah makhluk yang sempurna
atau dia merasa tidak perlu pada istighfar.
Hadith ini memberikan dorongan
dan motivasi untuk beristighfar kepada Allah kerana Allah subhanahu wa ta’ala
senang jika hamba-hamba-Nya beristighfar dan bertaubat kepadaNya.
Juga menjelaskan bahawa setiap
Bani Adam akan sering melakukan kesalahan dan sebaik-baik orang yang berbuat
salah adalah orang yang bertaubat kepada Allah sebagaimana disebutkan dalam hadith
riwayat Imam Ahmad dalam musnadnya dari hadith Anas bin Malik radhiyallahu
‘anhu.
Hadith ini tidak bermakna Allah
subhanahu wa ta’ala senang jika hambaNya melakukan dosa atau senang dengan kemaksiatan,
akan tetapi Allah subhanahu wa ta’ala membenci kekufuran dan tidak pula redha
dengan kekufuran serta tidak senang dengan kemaksiatan. Akan tetapi Allah suka
jika hamba-Nya yang berbuat dosa dan maksiat dia bersegera bertobat kepada
Allah subhanahu wa ta’ala serta beristighfar kepadanya. Inilah makna dari hadith
tersebut”
Rujukan
alfawzan.af.org.sa/node/6061
https://abuubaidillah.com/andai-kau-tak-berbuat-dosa
No comments:
Post a Comment