Dalam Mushannaf Ibn Abi Syaibah
ada dua atsar yang menjelaskan hukum makanan dari ritual yang tidak diajarkan
syariat Islam, iaitu:
أَنَّ امْرَأَةً سَأَلَتْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: إِنَّ لَنَا
أَطْيَارًا مِنَ الْمَجُوسِ، وَإِنَّهُ يَكُونُ لَهُمُ الْعِيدُ فَيُهْدُونَ لَنَا،
فَقَالَتْ: أَمَّا مَا ذُبِحَ لِذَلِكَ الْيَوْمِ فَلَا تَأْكُلُوا، وَلَكِنْ كُلُوا
مِنْ أَشْجَارِهِمْ
Sesungguhnya seorang perempuan
bertanya kepada ‘Aisyah: “Sungguh kami memiliki beberapa tetangga dari Majusi,
dan mereka memiliki beberapa ritual yang kemudian selalu memberikan hadiah
makanan kepada kami dari ritual tersebut?” ‘Aisyah menjawab: “Adapun yang
disembelih untuk hari itu maka jangan dimakan. Tetapi silahkan makan yang dari
pepohonan mereka.” (AR. Ibn Abi Syaibah no. 24371, sanadnya dhaif*)
عَنْ أَبِي بَرْزَةَ، أَنَّهُ كَانَ لَهُ سُكَّانٌ مَجُوسٌ،
فَكَانُوا يُهْدُونَ لَهُ فِي النَّيْرُوزِ، وَالْمِهْرَجَانِ، فَكَانَ يَقُولُ لِأَهْلِهِ:
مَا كَانَ مِنْ فَاكِهَةٍ فَكُلُوهُ، وَمَا كَانَ مِنْ غَيْرِ ذَلِكَ فَرُدُّوهُ
Dari Abu Barzah, bahwasanya ia
bertetangga dengan beberapa penduduk beragama Majusi. Mereka sering memberikan
hadiah kepadanya pada waktu perayaan Nairuz (tahun baru) dan Mihrajan (awal
musim semi). Maka ia berkata kepada keluarganya: “Jika itu buah-buahan maka
silahkan makan. Jika yang selain itu maka tolaklah.” (AR. Ibn Abi Syaibah no.
24372, sanadnya dhaif*).
Akan tetapi terdapat riwayat
penyokong yang sahih dari Ali ra,
قال عنترة أتيت علي بن أبي طالب رضي الله عنه بالرحبة، يوم
نيروز، أو مهرجان، وعنده دهاقين وهدايا.
Antarah berkata: Saya datang
kepada Ali bin Abi Thalib ra, di Al-Rahba, pada hari Nairuz, atau hari raya
Mahrajan, dan dia memiliki dua makanan ringan dan hadiah (AR. Ibnu Asakir dalam
Tarikh Dimasyq 42/447, sahih)
Rujukan
https://shamela.ws/book/36155/116*
https://www.islamink.com/2020/09/blog-post_11.html
No comments:
Post a Comment