Friday 12 January 2024

Kisah ketajaman firasat Imam Syafie rah

 

 

قال أبو نعيمٍ: حدَّثنا عبد الرحمن بن محمَّد بن حمدان: ثنا أبو محمَّد بنُ أبي حاتمٍ: ثنا أحمد بن سلمة بن عبد الله النيسابوري قال: قال أبو بكرٍ ورَّاقُ الحميديِّ: سمعت الحميديَّ يقول: قال محمَّد بن إدريس الشافعيُّ: خرجتُ إلى اليمن في طلب كتب الفراسة حتى كتبتُها وجمعتها، ثمَّ لمَّا حان انصرافي مررتُ على رجلٍ في الطريق، وهو مُحْتَبٍ بفناء داره، أزرق العين ناتئ الجبهة سناطٌ، فقلتُ له: «هل من منزلٍ؟» فقال: «نعم»، قال الشافعيُّ: وهذا النعت أخبث ما يكون في الفراسة، فأنزلني، فرأيتُه أكرم ما يكون من رجلٍ، بعث إليَّ بعَشاءٍ وطيبٍ وعلفٍ لدابَّتي وفراشٍ ولحافٍ، فجعلتُ أتقلَّب الليلَ أجمعَ ما أصنع بهذه الكتب إذا رأيتُ النعتَ في هذا الرجل، فرأيتُ أكرم رجلٍ، فقلتُ: أرمي بهذه الكتب، فلمَّا أصبحت قلتُ للغلام: أسرِجْ، فأسرَجَ، فركبتُ ومررتُ عليه، وقلتُ له: «إذا قدمتَ مكَّةَ، ومررتَ بذي طُوى، فاسألْ عن محمَّد بنِ إدريس الشافعيِّ»، فقال لي الرجل: «أمولًى لأبيك أنا؟» قال: قلت: «لا»، قال: «فهل كانت لك عندي نعمةٌ؟» فقلت: «لا»، فقال: «أين ما تكلَّفتُه لك البارحة؟» قلت: «وما هو؟» قال: «اشتريتُ لك طعامًا بدرهمين، وإدامًا بكذا وكذا، وعطرًا بثلاثة دراهم، وعلفًا لدابَّتك بدرهمين، وكراءُ الفرش واللحاف درهمان!» قال: قلتُ: «يا غلام أعطِه، فهل بقي من شيءٍ؟» قال: «كراء البيت فإنِّي قد وسَّعتُ عليك وضيَّقتُ على نفسي».

 

قال الشافعيُّ: فغبطتُ بتلك الكتب، فقلتُ له بعد ذلك: «هل بقي لك من شيءٍ؟».

 

قال: «امضِ أخزاك الله، فما رأيتُ قطُّ شرًّا منك!».

 

Terjemahan

 

“Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Muhammad bin Hamdan: telah menceritakan kepada kami Abu Muhammad bin Abu Hatim: telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Salamah bin Abdullah an-Naisaburi, ia berkata: telah berkata Abu Bakar Warraq al-Humaidi: aku mendengar al-Humaidi berkata: Imam Muhammad bin Idris asy-Syafi’i bercerita:

 

“Suatu waktu aku pergi ke negeri Yaman untuk mengumpulkan kitab-kitab  tentang firasat buat aku salin dan aku dokumentasikan. Setelah selesai semua yang aku rencanakan itu, aku pun berencana balik kembali ke Mekkah. Di perjalanan aku bertemu seorang lelaki  yang memakai selimut di halaman rumahnya, matanya berwarna biru, lebar dahinya, dan tidak berjanggot. Aku pun bertanya kepadanya: Apakah engkau bersedia menumpang kami bermalam? Lelaki itu menyetujuinya. Padahal dari kitab firasat yang aku pelajari sifat-sifat lelaki ini adalah sifat yang paling buruk,tapi ternyata dia bersedia menampung kami, dan aku menyaksikan sendiri betapa baik hatinya, ia menyediakan makan malam, wewangian, makanan binatang kendaraan kami, bahkan juga menyediakan tilam dan selimut.

 

Maka di malam itu aku merasa bimbang, apa yang mesti aku perbuat dengan kitab-kitab firasat ini sementara ternyata sifat yang disebutkan di dalam kitab ini jauh berbeza dengan kebaikan hati lelaki yang menjamu kami ini. Akhirnya aku putuskan untuk membuang saja kitab-kitab tersebut. Saat pagi menjelang aku memerintahkan pembantuku untuk mempersiapkan pelana, kami pun siap berangkat kembali. Sebelumnya kami menemui lelaki-tersebut. Aku berkata kepadanya, “Jika engkau datang ke Mekah dan berada di Dzi Thuwa, tanyalah tentang Muhammad bin Idris asy-Syafii.” Tiba-tiba laki-laki itu berucap dengan ucapan tidak terduga: “Apakah aku adalah bekas hamba ayahmu?! Jawabku: Bukan begitu.” Ia berucap kembali: “Apakah engkau mempunyai hutang kepadaku? Jawabku kembali: Bukan begitu.” Laki-laki itu akhirnya berucap: “Bagaimana dengan perkara yang aku lakukan tadi malam? Tanyaku: “Perkara apa itu?” Jelasnya: “Aku telah membelikan makanan seharga dua dirham untukmu, lauk seharga demikian, wewangian seharga tiga dirham, makanan binatangmu juga dua dirham. Juga sewa tilam dan selimut sebanyak dua dirham!” Maka ucapku kepada pembantuku: Berikanlah harga semua itu kepadanya.” Dan kepadanya aku tanyakan lagi apakah ada hal lain yang masih tersisa? Jawabnya: “Ya, sewa rumah yang telah aku lapangkan buat kalian hingga aku merasa sempit dirumahku sendiri.” Aku pun teringat kembali kitab-kitab firasat yang telah aku buang itu. Aku berucap kembali kepada lelaki itu: “Adakah hal lain yang tersisa? Ia menjawab: Pergilah, semoga Allah menghinakan kalian, sungguh aku tidak pernah melihat orang yang lebih buruk selain dari dirimu.”

 

Takhrij

 

AR. Abu Nua'im dalam Hilyatul Auliya 9/143; Adab as-Syafi'i wa Manaqibuh oleh Ibn Abi Hatim 1/97

 

 

Kisah lain

 

Imam As Syafi’i dan Muhammad bin Hasan sama-sama duduk di depan Kaabah, lewatlah seorang lelaki. Maka kedaanya berkata satu sama lain, “mari kita uji firasat mengenai pekerjaan orang ini.” Salah satu dari keduanya mengatakan,”ia seorang penjahit.” Yang lain mengatakan,”ia tukang kayu.” Lelaki itu pun menyatakan,”dulu aku penjahit, namun kini aku seorang tukang kayu.”

 

Di kesempatan lain Imam As Syafi’i  ketika bertemu seseorang, ia berfirasat seakan-akan melihat dengan cahaya Allah. “Engkau penduduk Shana’a?” Tanya Imam As Syafi’i. “Ya.” Jawab laki-laki tersebut. “Engkau seorang pandai besi?” Tanya Imam As Syafi’i lagi. “Ya.” Jawab laki-laki itu. (Manaqib Imam As Syafi’i li Al Baihaqi  2/ 131)

 

 

Rujukan

 

Fatwa Syabakah ISlamiyah no. 132035

 

https://al-maktaba.org/book/31621/62977#p1

No comments:

Post a Comment

Hadith tidurnya orang alim lebih baik dari ibadahnya orang jahil

  Matan hadith   نوم العالم أفضل من عبادة الجاهل   Terjemahan   Tidurnya orang alim lebih baik dari ibadahnya orang jahil   ...