Tuesday 21 March 2023

Hadith malam Nisfu Syaaban adalah penetapan takdir yang baru dan ajal?

 

 

Matan hadith

 

عَنْ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِي ﷺ قَالَ: هَلْ تَدْرِيْنَ مَا هَذِهِ اللَّيْلَة؟ قَالَتْ: مَا فِيْهَا يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ فَقَالَ: فِيْهَا أَنْ يُكْتَبَ كُلُّ مَوْلُوْدِ بَنِي آَدَمَ فِي هَذِهِ السَّنَةِ، وَفِيْهَا أَنْ يُكْتَبَ كُلُّ هَالِكٍ مِنْ بَنِي آدَمَ فِي هَذِهِ السَّنَةِ، وَفِيْهَا تُرْفَعُ أَعْمَالُهُمْ، وَفِيْهَا تَنْزِلُ أَرْزَاقُهُمْ

 

Terjemahan

 

Dari Aisyah, dari Nabi Muhammad, beliau bertanya: "Apakah kamu tahu ada apa dengan malam ini?" Sayyidah Aisyah kembali bertanya: "Ada apa di dalamnya, wahai Rasulullah?" Maka nabi menjawab: "Di dalamnya ditulis semua anak yang dilahirkan dari keturunan Nabi Adam pada tahun ini.

 

Takhrij

 

HR. Baihaqi dalam al-Da’watul Kabir 2/145, sanadnya dhaif menurut al-Baihaqi

 

Tidak ditemui sanadnya menurut Syeikh al-Albani dan beliau cenderung hadith tersebut dhaif, dalam Takhrij Misykatul Mashabih no. 1257.

 

Walaubagaimanapun terdapat beberapa pandangan ulama terkemudian menggunakan ayat di bawah sebagai hujah:

 

                                           إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ. فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

 

Demi Kitab (Al Quran) yang menjelaskan, sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah (QS. Ad-Dukhan: 2-4).

 

Kebanyakan salaf mentafsirkan malam yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah lailatulqadar, sedangkan sebahagian lain (seperti Ikrimah [Tafsir Al-Qurtubi 16/126], berpendapat bahawa malam yang dimaksudkan adalah Nisfu Syaaban,  juga dimasyhurkan oleh Sayyid Muhammad al-Maliki (Madza fi Sya'ban hal. 72-75)

 

Akan tetapi pandangan di atas (malam Nisfu Syaaban) lebih awal telah dibantah oleh at-Thabari (Tafsir Ath-Thabari 11/221) dan Ibnu Katsir.

 

Berkata Al-Hafiz Ibnu Kathir rahimahullah dalam Tafsirnya 7/246:

 

ومن قال : إنها ليلة النصف من شعبان -كما روي عن عكرمة-فقد أبعد النَّجْعَة فإن نص القرآن أنها في رمضان

 

Kerana itu, siapa yang mengatakan, yang dimaksudkan malam pada ayat di atas adalah malam nisfu syaban (sebagaimana riwayat dari Ikrimah) maka itu pendapat yang terlalu jauh, kerana nas Al-Quran dengan tegas bahawa malam itu terjadi di bulan ramadhan.

 

 

Hadith dhaif penetapan ajal:

 

Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda :

 

تقطع الآجال من شعبان إلى شعبان ، حتى إن الرجل لينكح ويولد له وقد خرج اسمه في الموتى

 

Ajal (umur) diputuskan dari Syaaban ke Syaaban. Hingga seseorang (dikala) menikah dan mempunyai anak maka namanya sudah keluar (dalam catatan) orang yang mati (HR. Ibnu Zanzawaih dan Ad-Dailami sepertimana disebutkan dalam Silsilah Hadith Dhaif no. 6607 dari Abu Hurairah)

 

Hadith ini dilemahkan oleh as- Syaukani dalam Fathul Qadir 4/801.

 

Syeikh al-Albani menilai hadith ini munkar dalam Silsilah Hadith Dhaif no. 6607.

 

 

أخرج أبو يعلى عن عائشة أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يصوم شعبان كله ، فسألته ؟ قال : (إن الله يكتب فيه كل نفس ميتة تلك السنة ، فأحب أن يأتيني أجلي وأنا صائم

 

Diriwayatkan oleh Abu Ya’la dari Aisyah ra. sesungguhnya Nabi sallallahu alaihi wa  sallam sering berpuasa pada bulan Syaaban. Maka saya bertanya kepadanya? (beliau) menjawab, "Sesungguhnya pada bulan itu, Allah telah menetapkan jiwa yang mati pada tahun itu, dan aku ingin ketika ajal menjemput, aku dalam keadaan berpuasa  (HR. Abu Ya’la dalam Al-Musnad 8/311).

 

-Dalam sanadnya terdapat Suwaid bin Said Al-hadatsani, Muslim bin Khalid Az-Zinji dan Turaif, mereka itu semuanya dilemahkan sebagaimana tercantum dalam kitab-kitab tarajim (biografi para perawi hadith).

 

 

 

Ad-Dainuri meriwayatkan dalam kitab Al-Mujalasah dari Rasyid bin Sa’ad sesungguhnya Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda:

 

في ليلة النصف من شعبان يوحي الله إلى ملك الموت بقبض كل نفس يريد قبضها في تلك السنة

 

Pada malam pertengahan Syaaban, Allah memberikan wahyu kepada malaikat maut untuk mencabut setiap jiwa yang ingin dicabutnya pada tahun itu (Al-Mujalasah wa Jawahirul Ilmi, hal. 206).

 

-Hadithnya mursal. Syeikh al-Albani mendhaifkannya dalam kitab Dhaif Jami' no. 4019.

 

 

أخرج ابن جرير والبيهقي في " شعب الإيمان " عن الزهري ، عن عثمان بن محمد بن المغيرة بن الأخنس قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (تقطع الآجال من شعبان إلى شعبان ، حتى إن الرجل ينكح ويولد له وقد خرج اسمه في الموتى)

 

Ibnu Jarir dan Baihaqi meriwayatkan dalam Syuabul Iman dari Az-Zuhri dari Utsman bin  Muhammad bin Mughirah bin Al-Akhnas, dia berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Ajal (umur) diputuskan dari Syaaban ke Syaaban. Hingga sampai seseorang (dikala) menikah dan mempunyai anak maka namanya sudah keluar (tercatat dalam catatan) orang yang mati (Hadith munkar, Silsilah Hadith Dhaif no. 6607)

 

 

أخرج ابن أبي شيبة عن عطاء بن يسار قال : لم يكن رسول الله صلى الله عليه وسلم في شهر أكثر صياما منه في شعبان ، وذلك أنه ينسخ فيه آجال من ينسخ في السنة

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Dunya dari Atha bin Yasar, dia berkata, pada malam pertengahan Syaaban diberikan kepada malaikat maut catatan, lalu dikatakan (kepadanya), cabutlah (nyawa) orang yang ada di catatan ini. Sesungguhnya seorang hamba menghamparkan tikar, menikahi wanita dan membangun bangunan, namun namanya sudah tercantum di antara orang yang mati.

 

-Ini sekedar ucapan Atha, dan tidak menyebutkan sanadnya (silsilah para perawi).

 

 

أخرج الخطيب وابن النجار عن عائشة رضي الله عنها قالت : (كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصوم شعبان كله حتى يصله برمضان ، ولم يكن يصوم شهرا تاما إلا شعبان ، فقلت : يا رسول الله ! إن شعبان لَمِن أحب الشهور إليك أن تصومه ؟ فقال : " نعم يا عائشة ! إنه ليس نفس تموت في سنة إلا كتب أجلها في شعبان ، فأحب أن يكتب أجلي وأنا في عبادة ربي وعمل صالح)

 

Diriwayatkan oleh Al-Khatib dan Ibnu Najjar dari Aisyah radhiallahu anha, dia berkata, "Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam sering berpuasa pada bulan Syaaban bahkan beliau melanjutkannya hingga  di bulan Ramadhan. Beliau tidak pernah melakukan puasa sebulan penuh kecuali di bulan Syaaban. Aku bertanya: “Wahai Rasulullah! Apakah Syaaban apakah bulan Syaaban merupkan bulan yang paling  engkau  cintai untuk berpuasa? Beliau menjawab: “Ya, wahai Aisyah! Sesungguhnya tidaklah jiwa akan meninggal dunia dalam setahun kecuali telah ditulis di bulan Syaaban. Maka aku senang  ajalku dicatat dalam keadaan aku beribadah kepada Tuhanku dan beramal saleh.

 

ولفظ ابن النجار : (يا عائشة ! إنه يكتب فيه ملك الموت من يقبض ، فأحب أن لا ينسخ اسمي إلا وأنا صائم)

 

Dalam redaksi Ibnu Najjar (Rasulullah bersabda), "Wahai Aisyah ! Sesungguhnya (di bulan itu) malaikat maut mencatat siapa yang akan dicabut (nyawanya). Dan aku senang namaku dicatat dalam keadaan berpuasa (HR. Al-Khatib dalam kitab Tarikh Baghdad 4/436).

 

-Dalam sanad riwayat ini ada Abu Bilal Al-Asy’ari yang dilemahkan oleh Daruquthni sebagaimana   terdapat dalam kitab Mizanul I’tidal 4/507.

 

-Di dalamnya juga ada Ahmad bin Muhammad bin Humaid Al-Magdhub, Abu Ja’far Al-Muqri’. Ad-Daruquthni berkomentar (tentangnya), "Dia tidak kuat (hafalannya), sehingga (darjat) hadithnya lemah sekali.

 

 

Rujukan

 

Fatwa Soaljawab Islam no. 113939, 11722

 

https://konsultasisyariah.com/5541-solat-nisfu-syaban.html

 

https://rumaysho.com/11158-malam-nisfu-syaban-dan-amalan-nisfu-syaban.html

 

https://islam.nu.or.id/ubudiyah/apakah-takdir-seseorang-dicatat-pada-nisfu-syaban-IaM4c

 

http://manuibtidaulfalah.com/keutamaan-nisfu-syaban

No comments:

Post a Comment

Hadith tidurnya orang alim lebih baik dari ibadahnya orang jahil

  Matan hadith   نوم العالم أفضل من عبادة الجاهل   Terjemahan   Tidurnya orang alim lebih baik dari ibadahnya orang jahil   ...