Pengertian
Menurut bahasa, kata “tajwid” diambil dari “sesuatu yang baik”, lawannya
adalah “buruk”. Diambil dari kata جَوَّدَ – يُجَوِّدُ –
تَجْوِيْدًا yang ertinya adalah perbaikan,
penyempurnaan, pemantapan. (Qawaid Attajwid hal. 24).
Menurut istilah pula tajwid adalah mengeluarkan setiap huruf dari tempat
keluarnya dengan memberi hak dan mustahaknya.
Hak huruf adalah sifat asli yang selalu bersama dengan huruf tersebut,
seperti AI-Jahr, Isti'la', istifal, qalqalah dan sebagainya, sifatnya tetap dan
tidak berubah
Mustahak huruf adalah sifat yang boleh berubah, seperti tafkhim, idzhar,
tarqiq, ikhfa' dan lain sebagainya.
Asas kedudukan ilmu tajwid
Praktis bacaan Al-Quran adalah wahyu dari Allah ‘Azza wa Jalla yang
disampaikan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam melalui Jibril
‘alaihis salam. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan kepada
para sahabat, lalu para sahabat menyampaikan kepada tabi’in, dan begitu
seterusnya, sampai ilmu itu kepada kita.
Oleh itu, tidak ada seorang pun yang diperbolehkan berijtihad dalam hal
bacaan Al-Quran tersebut. (Hidayah Al-Qari hal. 38)
Kaedah ilmu bukanlah suatu bidaah yang tercela dalam agama Islam melainkan
suatu maslahat mursalah (al-I’tisham 2/111—112). Begitu juga ilmu nahu, ilmu
mushthalah, ilmu usul fiqh, dan sebagainya, yang semua itu tidak ada di zaman
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Adapun sebab yang mendorong ulama untuk meletakkan kaedah serta ushul
tersebut, adalah kerana tersebarnya bahasa orang-orang non Arab yang merosak
ilmu Al-Quran. Lihatlah betapa banyak orang tidak boleh membezakan د
(dal) dengan ذ (dzal), ظ
(dzo`) dengan ض (dho’). Demikian pula س
(sin) dengan ش (syin) atau dengan ث (tsa’), dan seterusnya. Maka kaedah
merupakan salah satu jalan dalam upaya mempermudah bacaan Al-Quran.
Sumber dan Asal Ilmu Tajwid
Ilmu tajwid diambil dari Al-Quran dan Sunnah, sebagaimana Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca Al-Quran, serta para sahabat, tabi’in,
dan tabi’ut tabi’in demikian seterusnya. Sampailah kepada ulama-ulama yang ahli
dalam Al-Quran sehingga sampai ilmu qiraat tersebut dengan cara yang mutawatir.
Dalil-dalil dari Al-Quran
1.
Firman Allah
'azza wajalla
"Dan bacalah al-Quran dengan tartil” (QS. 73:4)
2.
Firman Allah
Azza wa Jalla:
“Orang-orang yang telah kami berikan al-Kitab kepadanya, mereka
membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan
barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.”
(Al Baqarah: 121)
Ini adalah sifat Kalamullah, maka wajib bagi kita untuk membacanya
dengan apa yang diturunkan oleh Allah Azza wa Jalla.
Majoriti ulama tafsir menolak makna tartil itu dimaksudkan dengan
tajwid. Adalah kurang tepat jika ayat ini dijadikan dalil untuk mewajibkan untuk
membaca Al-Quran dengan kaedah-kaedah tajwid secara *mutlak*.
Imam Ibnu Katsir menjelaskan:
وَقَوْلُهُ: {وَرَتِّلِ
الْقُرْآنَ تَرْتِيلا} أَيِ: اقْرَأْهُ عَلَى تَمَهُّلٍ، فَإِنَّهُ يَكُونُ
عَوْنًا عَلَى فَهْمِ الْقُرْآنِ وَتَدَبُّرِهِ
“dan firman-Nya: ‘dan bacalah Al Qur’an dengan tartil‘, maksudnya
bacalah dengan perlahan kerana itu boleh membantu untuk memahaminya dan
mentadabburinya” (Tafsir Ibni Katsir, 8/250).
As Sa’di menjelaskan:
{وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ
تَرْتِيلا} فإن ترتيل القرآن به يحصل التدبر والتفكر، وتحريك القلوب به، والتعبد
بآياته، والتهيؤ والاستعداد التام له
“‘dan bacalah Al Qu’an dengan tartil‘, kerana membaca dengan tartil itu
adalah membaca yang disertai tadabbur dan tafakkur, hati boleh tergerak kerananya,
menghamba dengan ayat-ayatNya, dan tercipta kewaspadaan dan kesiapan diri yang
sempurna kepadanya” (Taisir Karimirrahman, 892).
Walaubagaimanapun, terdapat dalil hadith menunjukkan ilmu ini adalah
satu keperluan dalam syariat untuk dipelajari
Dalil-dalil dari as-Sunnah
1. Hadith Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:
[عن أنس بن مالك:] سُئِلَ أنَسٌ
كيفَ كانَتْ قِراءَةُ النبيِّ صَلّى اللهُ عليه وسلَّمَ؟ فَقالَ: كانَتْ مَدًّا،
ثُمَّ قَرَأَ: {بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ} [الفاتحة: ١] يَمُدُّ
ببِسْمِ اللَّهِ، ويَمُدُّ بالرَّحْمَنِ، ويَمُدُّ بالرَّحِيمِ
“Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu ketika ditanya bagaimana bacaan Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam, maka beliau menjawab bahawa bacaan beliau
shallallahu ‘alaihi wasallam itu dengan panjang-panjang kemudian dia membaca
“Bismillahirrahman arrahiim” memanjangkan (bismillah) serta memanjangkan
(ar-rahmaan) dan memanjangkan ar-rahiim.” (HR. Bukhari no. 5046)
2. Perintah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam kepada sahabat agar
mengambil bacaan dari sahabat yang mampu dalam bidang ini sebagaimana sabda
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:
اسْتَقْرِئُوا الْقُرْآنَ
مِنْ أَرْبَعَةٍ مِنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ وَسَالِمٍ مَوْلَى أَبِي
حُذَيْفَةَ وَأُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ وَمُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ
“Dari Abdullah bin Amr bin Ash berkata, telah bersabda Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam, “Mintalah kalian bacaan Al Qur’an dari Abdullah
bin Mas’ud, Salim Maula Abi Hudzaifah, Ubay bin Ka’ab, Mu’adz bin Jabal.” (HR.
Bukhari no. 3759 dan Muslim no. 2464)
Ini adalah para sahabat yang mulia, padahal mereka itu orang-orang yang
paling fasih dalam pengucapan al-Quran masih disuruh belajar, lalu bagaimana
dengan kita orang asing yang lisan kita jauh dari lisan al-Quran?
3. Dan dalil yang paling kuat sebagaimana apa yang diriwayatkan oleh
Sa’id bin Mansur ketika Ibnu Mas’ud menuntun seseorang membaca Al Qur’an. Maka
orang itu mengucapkan:
عن موسى بن يزيد الكندي
–رضي الله عنه – قال: كان ابن مسعود يقرئ رجلا ، فقرأ الرجل : إنما الصدقات
للفقراء والمساكين " مرسلة أي مقصورة،
، فقالابن مسعود : ما هكذا أقرأنيها رسول الله - صلى الله عليه وسلم - فقال
: كيف أقرأكها يا أبا عبد الرحمن ؟ فقال : أقرأنيها " إنما الصدقات للفقراء
والمساكين " فمدوها .
Dari Musa bin Yazid al-kandi ketika Ibnu Mas’ud menuntun seseorang
membaca al-Quran. Maka orang itu mengucapkan: “Innamash shadaqatu lil fuqara-ii
wal masakin”. Dengan meninggalkan bacaan panjangnya, maka Ibnu Mas’ud
radhiyallahu ‘anhu katakan, “Bukan begini Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam membacakan ayat ini kepadaku.” Maka orang itu jawab, “Lalu bagaimana
Rasulullah membacakan ayat ini kepadamu wahai Abu Abdirrahman?” Maka beliau
ucapkan: “Innamash shadaqaatu lil fuqaraa-i wal masaakiin.” Dengan memanjangkannya.
(HR. Sa’id bin Mansur, at-Thabarani dalam Mu’jam al-Kabir 9/137 disahihkan oleh
Syeikh al-Albani dalam Silsilah Hadith Sahih no. 223.
Ibnu Mas’ud terus menegur orang ini walaupun ia tidak mengubah erti,
akan tetapi bacaan al-Quran itu adalah suatu hal yang harus diambil sesuai
dengan apa yang Rasulullah ucapkan. Hadith ini sebagai dalil diharuskannya
membaca mad (An Nasr fil qira'aatil 'asar, Ibnu Jazari 1/10).
Pandangan ulama berkenaan mempelajari ilmu tajwid
Para ulama berbeza pandangan dalam hal ini.
Di antara mereka ada yang menyatakan wajib hukumnya membaca Al-Quran
dengan kaedah-keidah tajwid yang ada. Imam Al-Jazari menyatakan :
وَالْأَخْذُ
بِالتَّجْوِيدِ حَتْـمٌ لاَزِمُ * مَنْ لَمْ يُجَوِّدِ الْقُـرَآنَ آثِــمُ *
لِأَنَّهُ بِهِ الْإِلَــهُ أَنْــزَلاَ * وَهَكَـذَا مِنْـهُ إِلَيْنَا وَصَـلاَ
“Dan membaca dengan tajwid adalah merupakan keharusan yang wajib. Barangsiapa
tidak membaca dengan tajwid maka ia berdosa. Kerana dengan tajwid-lah Allah
menurunkan Al-Quran dan Al-Quran diriwayatkan sampai kepada kita dengan
tajwid.”(Muqaddimah Al-Jazariyah, bait no. 27-28 Oleh Imam Muhammad Syamsudin
Muhammad bin Muhamamd Al-Jazari).
Ketika ditanya tentang perkataan Ibnul Jazari tersebut di atas, maka Syeikh
al-Albani mengatakan kalau yang dimaksudkan itu sifat bacaannya di mana Al-Quran
itu turun dengan memakai tajwid dan dengan tartil maka itu adalah benar, tapi
kalau yang dimaksud cuma lafaz hurufnya maka itu tidak benar. (Al Qaulul Mufid
fii Wujub At Tajwid hal. 26)
Namun demikian Imam Ibnu Utsaimin menyatakan bahawa ilmu tajwid itu
tidak wajib dan hanya sarana untuk memperbaiki dan memperelok bacaan Al-Qur’an.
Beliau berkata dalam salah satu fatwa beliau :
سئل الشيخ – رحمه الله
تعالى – : ( ما رأي فضيلتكم في تعلم التجويد والالتزام به ، وهل صحيح ما يذكر عن
فضيلتكم من الوقف بالتاء في نحو ( الصلاة ، الزكاة ) ؟
فأجاب قائلا :
(( لا أرى وجوب الالتزام بأحكام التجويد التي فصلت بكتب التجويد ، وإنما أرى أنها
من باب تحسين القراءة ، ، وباب التحسين غير باب الإلزام ، وقد ثبت في صحيح البخاري
عن أنس بن مالك – رضي الله عنه – أنه سئل كيف كانت قراءة النبي – صلى الله عليه
وسلم – ؟ فقال : كانت مدًّا ، قرأ : { بسم الله الرحمن الرحيم } يمد ببسم الله ،
ويمد الرحمن ، ويمد الرحيم ، والمد هنا : طبيعي لا يحتاج إلى تعمده والنص عليه ،
هنا يدل على أنه فوق الطبيعي .
ولو قيل : بأن
العلم بأحكام التجويد المفصلة في كتب التجويد واجب ، للزم تأثيم أكثر المسلمين
اليوم ، ولقلنا لمن أراد التحدث باللغة الفصحى : ” طبّق أحكام التجويد في نطقك
بالحديث وكتب أهل العلم ، وتعليمك ، ومواعظك ” ، وليعلم أن القول بالوجوب يحتاج
إلى دليل تُبَرأ به الذمة أمام الله – عز وجل – في إلزام عباده بما لا دليل على
إلزامهم به من كتاب الله – تعالى – أو سنة رسوله – صلى الله عليه وسلم – ، أو
إجماع المسلمين .
وقد ذكر شيخنا
عبد الرحمن بن سعدي – رحمه الله – في جواب له : ” أن التجويد حسب القواعد المفصلة
في كتب التجويد غير واجب ” .
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : “Apa pendapat
Fadhilatusy Syaikh tentang ilmu tajwid dan mempraktiskannya? Apakah benar apa
yang disebutkan tentang anda akan waqaf/berhenti pada huruf ta’ di kata (Solat–Zakat)
?”.
Beliau menjawab :
“Saya tidak berpendapat wajibnya mempraktiskan hukum tajwid yang terlalu
rinci di dalam kitab-kitab tajwid. Saya berpendapat hal itu hanya menjadi
saranan untuk memperbaiki bacaan, dan bab tahsin/memperbaiki, bukan bab
al-Ilzam/keharusan. Telah disebutkan di dalam Sahih Bukhari dari Anas bin Malik
radhiyallahu ‘anhu ditanya bagaimana dulu bacaan Nabi shalallahu ‘alaihi wa
sallam. Ia menjawab, ‘Bacaan beliau adalah mad ketika membaca
Bismillahirrahmanirrahim, memanjangkan bismillah, memanjangkan Ar Rahman,
memanjangkan Ar Rahim. Padahal mad di sini adalah mad thabi’i tidak perlu untuk
sengaja memanjangkan, sedang nas/dalil ini menunjukkan madnya Rasul melebihi
mad thabi’i.’
Seandainya dikatakan bahawa hukum-hukum yang dituliskan di dalam
kitab-kitab tajwid hukumnya wajib, maka akan memberikan impak berdosanya banyak
sekali kaum muslimin. Dan kita akan mengatakan bagi orang yang hendak berbicara
dengan bahasa arab fasih, ‘Praktiskan ilmu tajwid ketika kalian membaca hadith
dan kitab-kitab para ulama, dalam pengajaran kalian dan dalam nasihat-nasihat
kalian.’
Dan hendaknya diketahui bahawa pendapat yang mewajibkan (membaca sesuai
tajwid), memerlukan dalil yang akan melepaskan tanggungjawab dihadapan Allah
kelak, yang terambil dari kitab Allah dan sunnah Rasul-Nya shalallahu ‘alaihi
wa sallam atau ijma’/kesepakatan para ulama.
Dan Syaikh kami, Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di menyebutkan di
dalam salah satu fatwa beliau bahawa tajwid sesuai yang dirinci di dalam
kitab-kitab tajwid itu tidak wajib hukumnya.” (Kitabul Ilmi hal. 163 oleh Imam
Ibnu Utsaimin)
Kesimpulannya adalah
Apa hukum mempelajari ilmu tajwid (hukum ilmu tajwid) diperselisihkan
oleh para ulama’ dan kami meyakini serta memilih pendapat yang menyatakan tidak
wajib sebagaimana dipilih oleh Syaikh Ibnu Utsaimin dan guru beliau Syaikh
Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahihahumallahu Ta’ala.
Terdapat penjelasan yang bagus dalam Al Mausu’ah Al
Fiqhiyyah :
ذَهَبَ الْمُتَأَخِّرُونَ
إِلَى التَّفْصِيل بَيْنَ مَا هُوَ (وَاجِبٌ شَرْعِيٌّ) مِنْ مَسَائِل
التَّجْوِيدِ، وَهُوَ مَا يُؤَدِّي تَرْكُهُ إِلَى تَغْيِيرِ الْمَبْنَى أَوْ
فَسَادِ الْمَعْنَى، وَبَيْنَ مَا هُوَ (وَاجِبٌ صِنَاعِيٌّ) أَيْ أَوْجَبَهُ
أَهْل ذَلِكَ الْعِلْمِ لِتَمَامِ إِتْقَانِ الْقِرَاءَةِ، وَهُوَ مَا ذَكَرَهُ
الْعُلَمَاءُ فِي كُتُبِ التَّجْوِيدِ مِنْ مَسَائِل لَيْسَتْ كَذَلِكَ،
كَالإِْدْغَامِ وَالإِْخْفَاءِ إِلَخْ. فَهَذَا النَّوْعُ لاَ يَأْثَمُ تَارِكُهُ
عِنْدَهُمْ.
قَال الشَّيْخُ عَلِيٌّ الْقَارِيُّ
بَعْدَ بَيَانِهِ أَنَّ مَخَارِجَ الْحُرُوفِ وَصِفَاتِهَا، وَمُتَعَلِّقَاتِهَا
مُعْتَبَرَةٌ فِي لُغَةِ الْعَرَبِ: فَيَنْبَغِي أَنْ تُرَاعَى جَمِيعُ
قَوَاعِدِهِمْ وُجُوبًا فِيمَا يَتَغَيَّرُ بِهِ الْمَبْنَى وَيَفْسُدُ
الْمَعْنَى، وَاسْتِحْبَابًا فِيمَا يَحْسُنُ بِهِ اللَّفْظُ وَيُسْتَحْسَنُ بِهِ
النُّطْقُ حَال الأَْدَاءِ
“Para ulama muta’akhirin merinci antara wajib syar’i dengan wajib
shina’i dalam masalah tajwid. Wajib syar’i (kewajiban yang dituntut oleh
syariat) adalah yang jika meninggalkannya dapat menjerumuskan pada perubahan
struktur kalimat atau makna yang rosak. Dan wajib shina’i adalah hal-hal yang
diwajibkan para ulama qiraat untuk menyempurnakan kebagusan bacaan.
Maka apa yang disebutkan pada ulama qiraat dalam kitab-kitab ilmu tajwid
mengenai wajibnya berbagai hukum tajwid, bukanlah demikian memahaminya. Seperti
idgham, ikhfa’, dan seterusnya, ini adalah hal-hal yang tidak berdosa jika
meninggalkannya menurut mereka.
Asy Syaikh Ali Al Qari setelah beliau menjelaskan bahawa makharijul huruf
berserta sifat-sifat dan hal-hal yang terkait dengannya itu adalah hal yang
berpengaruh dalam bahasa arab, beliau berkata: ‘hendaknya setiap orang
memperhatikan semua kaedah-kaedah makharijul huruf ini. Wajib hukumnya dalam
kadar yang boleh menyebabkan perubahan struktur kalimat dan kerosakan makna.
Sunnah hukumnya dalam kadar yang boleh memperbaguskan lafaz dan pengucapan
ketika membacanya'” (Al Mausu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah, 10/179).
Rujukan
No comments:
Post a Comment