Saturday, 21 August 2021

Hadith dhaif dan maudhu seputar Surah Yasin

 

Memang ada dalil-dalil hadith yang selalu mereka gunakan.

 

 

Tapi sayangnya hadith-hadith yang mereka gunakan itu tidak dapat dijadikan hujah untuk amalan tersebut kerana tidak ada yang sahih akan fadhilat surah yasin, kesemuanya terdapat kritikan yang melemahkan hadith tersebut, dan ada yang bertaraf palsu pun.

 

 

Hadith pertama

 

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ أَبِيْ إِسْرَائِيْلَ، حَدَّثَنَا حِجَاجُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ هِشَامَ بْنِ زِيَادٍ ، عَنْ الْحَسَنِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُوْلُ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: « مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهُ، وَمَنْ قَرَأَ حم اَلَّتٍيْ يَذْكُرُ فِيْهَا الدُّخَانُ فِيْ لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهُ

 

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Abi Israil, menceritakan kepada kami Hijaj bin Muhammad, dari Hisyam bin Ziyad, dari Al-Hasan ia berkata, Aku mendengar Abu Hurairah ra, mengatakan: Bersabda Rasulullah saw, “Siapa yang membaca surah Yasin dalam suatu malam, maka ketika ia bangun pagi hari diampuni dosanya dan siapa yang membaca surat Ad-Dukhan pada malam Jum’at maka ketika ia bangun pagi hari diampuni dosanya.

 

Periwayat: Abu Ya’la dalam Musnad, dan Ibnul Jauzi dalam al-Maudhu’at (1/247)

 

Darjat : Maudhu’ (palsu)

 

Takhrij singkat: Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Ibnul Jauzi berkata: “Hadith ini dari semua thuruqnya adalah bathil, tidak ada asalnya.” Imam ad-Daruquthni berkata: “Muhammad bin Zakaria yang ada dalam sanad hadith ini adalah tukang memalsukan hadith .”

 

Rujukan: Al-Maudhu’at oleh Ibnul Jauzi (1/246-247), Mizaanul I’tidal (3/549), Lisaanul Mizaan (5/168), al-Fawaa-idul Majmu’ah fii Ahaaditsil Maudhu’ah (hal. 286 no. 944)

 

 

Hadith kedua

 

حَدَّثَنَا حَمِيْدُ بْنُ أَحْمَدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَجْلِدِ الْوَاسَطِيْ، حَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ بَقِيَّةٍ ، حَدَّثَنَا أَغْلَبُ بْنُ تَمِيْمٍ ، عَنْ حَسَنٍ بْنِ أَبِيْ جَعْفَرٍ ، عَنْ غَالِبِ الْقَطَّانِ ، عَنْ الْحَسَنِ ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ : « مَنْ قَرَأَ يس فِيْ يَوْمٍ أَوْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهَ اللهِ غُفِرَ لَهُ » لَمْ يَدْخُلْ أَحَدٌ فِيْمَا بَيْنَ حَسَنٍ بْنِ فَرْقَدٍ ، وَالْحَسَنُ غَالِبًا إِلاَّ أَغْلَبُ بْنُ تَمِيْمٍ قَالَ أَبُوْ الْقَاسِمِ : قَدْ قِيْلَ أَنَّ الْحَسَنَ لَمْ يَسْمَعْ مِنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ ، وَقَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ : إِنَّهُ قَدْ سَمِعَ مِنْهُ

 

Menceritakan kepada kami Hamid bin Ahmad bin Abdillah bin Majlid Al-Wasathi, menceritakan kepada kami Wahb bin Baqiyah, menceritakan kepada kami Aghlab bin Tamim dari Hasan bin Abi Ja’far, dari Ghalin Al-Qaththan, dari Al-Hasan dari Abu Hurairah ra, berkata, Bersabda Rasulullah saw, “Barang siapa membaca surah Yaasiin pada malam hari kerana mengharap keredhaan Allah, nescaya Allah ampuni dosanya.”

 

 

Periwayat: Ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul Ausaath dan al-Mu’jamush Shaaghir.

 

Darjat : Dhaif

 

Takhrij singkat: Diriwayatkan dari Abu Hurairah, tetapi di dalam sanadnya ada Aghlab bin Tamiim. Imam Bukhari berkata: “Ia adalah munkarul hadith  .” Ibnu Ma’in berkata: “Ia tidak ada apa-apanya (tidak kuat).”

 

Rujukan: Mizaanul I’tidal (1/273-274) dan Lisaanul Mizaan (1/464-465)

 

 

Hadith ketiga

 

حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ شُجَاعٍ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنِى زِيَادُ بْنُ خَيْثَمَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جُحَادَةَ عَنِ الْحَسَنِ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- :« مَنْ قَرَأَ يس فِى لَيْلَةٍ ابْتَغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ فِى تِلْكَ

 

Barang siapa membaca surah Yaasiin pada malam hari kerana mengharap keredhaan Allah, maka ia akan diampuni dosanya pada malam itu.

 

Periwayat: Ad Darimi, Al Baihaqi, Abu Nu’aim dan Al Khaththabi.

 

Derajat Hadith : Dhaif

 

Takhrij singkat: Diriwayatkan oleh Imam ad-Darimi dari jalan Walid bin Syuja’, ayahku (Syuja’) telah menceritakan kepadaku, Ziyad bin Khaitsamah telah menceritakan kepadaku, dari Muhammad bin Juhadah dari al-Hasan, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. [Sunan ad-Darimi (2/457)]

 

Hadith ini diriwayatkan juga oleh al-Baihaqi, Abu Nu’aim dan al-Khatib, dari jalan al-Hasan, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

 

Hadith ini Munqathi’ , kerana dalam semua sanadnya terdapat al-Hasan bin Yasar al-Bashri, ia tidak mendengar riwayat ini dari Abu Hurairah.

 

Imam az-Zahabi berkata: “Al-Hasan tidak mendengar dari Abu Hurairah, maka semua hadith-hadith yang ia riwayatkan dari Abu Hurairah termasuk dari jumlah hadith-hadith munqathi’.

 

Rujukan: Mizaanul I’tidal (1/527 no. 1968), al-Fawaa-idul Majmu’ah (hal. 269 no. 945) tahqiq oleh Syaikh ‘Abdurrahman al-Mu’allimi.

 

 

Hadith keempat

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ نَصْرٍ، حَدَّثَنا مُحَمَّدُ بْنُ حَفْصٍ الأَوْصَابِيِّ، حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ مُوْسَى الأَزْدِيِّ، حَدَّثَنَا رَبَاحُ بْنُ زَيْدٍٍ الصَّنْعَانِيِّ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: « مَنْ دَاوَمَ عَلَى قِرَاءَةِ يس كُلَّ لَيْلَةٍ، ثُمَّ مَاتَ، مَاتَ شَهِيْدًا » « لَمْ يَرْوِ هَذَا الْحَدِيْثُ عَنْ الزُّهْرِيِّ إِلاَّ مَعْمَرٍ، وَلاَ عَنْ مَعْمَرٍ إِلاَّ رَبَاحٍ، وَلاَ عَنْ رَبَاحٍ إِلاَّ سَعِيْدٍ بْنِ مُوْسَى، تَفَرَّدُ بِهِ: اِبْنُ حَفْصٍ »

 

Barang siapa terus-menerus membaca surah Yaasiin pada setiap malam kemudian dia mati, maka ia mati syahid.

 

Darjat:  Maudhu' (palsu)

 

Takhrij singkat: Hadith ini diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam al-Mu’jam ash-Shaghir, dari Shahabat Anas radhiyallahu ‘anhu, tetapi di dalam sanadnya ada Sa’id bin Musa al-Azdi, ia seorang tukang dusta dan ia dituduh oleh Ibnu Hibban sering memalsukan hadith.

 

Rujukan: Tuhfatul Dzakirin (hal. 340), Mizaanul I’tidal (2/159-160), Lisaanul Mizaan (3/44-45)

 

 

Hadith kelima

 

حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ شُجَاعٍ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنِى زِيَادُ بْنُ خَيْثَمَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جُحَادَةَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِى رَبَاحٍ قَالَ بَلَغَنِى أَنَّ رَسُولَ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- قَالَمَنْ قَرَأَ يس فِى صَدْرِ النَّهَارِ قُضِيَتْ حَوَائِجُهُ

 

Barang siapa membaca surah Yaasiin pada permulaan siang (pagi hari), maka terpenuhi semua hajatnya.

 

Darjat:  Dhaif

 

Takhrij singkat: Hadith ini diriwayatkan oleh Imam ad-Darimi dari jalan Walid bin Syuja’, telah menceritakan kepadaku Ziyad bin Khaitsamah, dari Muhammad bin Juhadah, dari ‘Atha’ bin Abi Rabah, ia berkata: “Telah sampai kepadaku bahawasanya Nabi saw bersabda…”

 

Hadith ini mursal, kerana ‘Atha’ bin Abi Rabah tidak bertemu dengan Nabi saw, ia lahir kurang lebih tahun 24 Hijriyah dan wafat tahun 114 Hijriyah.

 

Rujukan: Sunan ad-Darimi (2/457), Misykaatul Mashaabih (takhrij no. 2177), Mizaanul I’tidal (3/70) dan Taqribut Tahdzib (2/22).

 

 

Hadith keenam

 

أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ أَحْمَدِ بْنِ عَبْدَانٍ، أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عُبَيْدٍ الصَّفَارِ، حَدَّثَنَا الْمُعْتَمِرُ، عَنْ طَالُوْتَ بْنَ عَبَّادِ، حَدَّثَنَا سَوَيْدُ أَبُوْ حَاتِمٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ التَّيْمِيْ، عَنْ أَبِيْ عُثْمَانَ، أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ: « مَنْ قَرَأَ يس مَرَّةً فَكَأَنَّمَا قَرَأَ الْقُرْآنَ عَشْرَ مَرَّاتٍ » وَقَالَ أَبُوْ سَعِيْدٍ: « مَنْ قَرَأَ يس مَرَّةً، فَكَأَنَّمَا قَرَأَ الْقُرْآنَ مَرَّتَيْنِ » قَالَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ: حَدَّثَ أَنْتَ عَمَّا سَمِعْتَ وَأُحَدِّثُ أَنَا بِمَا سَمِعْتُ

 

Barang siapa membaca surah Yaasiin satu kali seolah-olah ia telah membaca al-Quran dua kali.

 

Riwayat al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman.

 

Darjat : Maudhu (palsu)

 

Rujukan: Dha’if Jami’ush Shaghir (no. 5789) dan Silsilah Ahaadits adh-Dha’ifah wal Maudhu’ah (no. 4636) oleh Syaikh al-Albani.

 

 

Hadith ketujuh

 

أَخْبَرَنَا أَبُوْ نَصْرٍ بْنُ قَتَادَةَ، أَخْبَرَنَا أَبُوْ مَنْصُوْرٍ النَّضْرَوِيِّ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ نَجْدَةَ، حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ مَنْصُوْرٍ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ أَسِيْدٍ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْخِثْعَمِيِّ، عَنْ حَسَانٍ بْنِ عَطِيَّةٍ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: « مَنْ قَرَأَ يس فَكَأَنَّمَا قَرَأَ الْقُرْآنَ عَشْرَ مَرَّاتٍ » هذا مرسل

 

Barang siapa membaca surat Yaasiin satu kali seolah-olah ia telah membaca al-Quran sepuluh kali.

 

Riwayat al-Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman dari jalan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

 

Darjat : Maudhu (palsu)

 

Rujukan: Dha’if Jami’ush Shaghir (no. 5798) oleh al-Hafidz asy-Syaikh al-Albani.

 

 

Hadith kelapan

 

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ وَسُفْيَانُ بْنُ وَكِيعٍ قَالَا حَدَّثَنَا حُمَيْدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الرُّؤَاسِيُّ عَنْ الْحَسَنِ بْنِ صَالِحٍ عَنْ هَارُونَ أَبِي مُحَمَّدٍ عَنْ مُقَاتِلِ بْنِ حَيَّانَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

 

قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيثِ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ وَبِالْبَصْرَةِ لَا يَعْرِفُونَ مِنْ حَدِيثِ قَتَادَةَ إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ وَهَارُونُ أَبُو مُحَمَّدٍ شَيْخٌ مَجْهُولٌ حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَعِيدٍ الدَّارِمِيُّ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بِهَذَا وَفِي الْبَاب عَنْ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ وَلَا يَصِحُّ مِنْ قِبَلِ إِسْنَادِهِ وَإِسْنَادُهُ ضَعِيفٌ وَفِي الْبَاب عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ

 

Sesungguhnya tiap-tiap sesuatu mempunyai hati dan hati (inti) al-Quran itu ialah surat Yaasiin. Barang siapa yang membacanya, maka Allah akan memberikan pahala bagi bacaannya itu seperti pahala membaca al-Quran sepuluh kali.

 

Hadith ini diriwayatkan oleh at-Tirmidzi (no. 2887) dan ad-Darimi (2/456), dari jalan Humaid bin ‘Abdurrahman, dari al-Hasan bin Shalih, dari Harun Abu Muhammad dari Muqatil bin Hayyan (yang benar adalah Muqatil bin Sulaiman) dari Qatadah dari Anas secara marfu’.

 

Darjat : Maudhu (palsu)

 

Takhrij singkat: Di dalam isnad hadith ini terdapat dua rawi yang dha’if, iaitu Harun Abu Muhammad dan Muqatil bin Hayyan.

 

Harun Abu Muhammad adalah seorang yang majhul (tidak dikenal riwayat hidupnya). Imam az-Zahabi berkata: “Aku menuduhnya majhul.” [Mizaanul I’tidal 4/288).

Sedangkan Muqatil bin Hayyan adalah seorang yang dhaif. Ibnu Ma’in berkata: “Dhaif.” Dan Imam Ahmad bin Hanbal berkata: “Aku tidak peduli kepada Muqatil bin Hayyan dan Muqatil bin Sulaiman.” (Mizaanul I’tidal 4/171-172)

 

Imam Ibnu Abi Hatim berkata dalam kitabnya al-‘Ilal (2/55-56): “Aku pernah bertanya kepada ayahku tentang hadith ini. Jawabnya: ‘Muqatil yang ada dalam sanad hadith ini adalah Muqatil bin Sulaiman, aku mendapati hadith ini di awal kitab yang disusun oleh Muqatil bin Sulaiman. Dan ini adalah hadith bathil, tidak ada asalnya.’” (Silsilah Ahaadits adh-Dha’ifah wal Maudhu’ah hal. 312-313 no. 169).

 

Imam az-Zahabi juga membenarkan bahawa Muqatil dalam hadith ini adalah Muqatil bin Sulaiman ( Mizaanul I’tidal 4/172).

 

Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani berkata: “Apabila sudah jelas bahawa Muqatil yang dimaksudkan adalah Muqatil bin Sulaiman, sebagaimana yang sudah dinyatakan oleh Imam Abu Hatim dan diakui oleh Imam az-Zahabi, maka hadith ini Maudhu’. (Silsilah Ahaadits adh-Dha’ifah wal Maudhu’ah hal. 313-314 no. 169).

 

Kata Imam Waqi’: Muqatil bin Sulaiman adalah pendusta.

 

Kata Imam an-Nasa’i: Muqatil bin Sulaiman sering dusta (Mizaanul I’tidal 4/173).

 

 

Hadith kesembilan

 

حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ زُرَارَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ حَدَّثَنَا رَاشِدٌ أَبُو مُحَمَّدٍ الْحِمَّانِىُّ عَنْ شَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ قَالَ قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ  مَنْ قَرَأَ يس حِينَ يُصْبِحُ أُعْطِىَ يُسْرَ يَوْمِهِ حَتَّى يُمْسِىَ ، وَمَنْ قَرَأَهَا فِى صَدْرِ لَيْلِهِ أُعْطِىَ يُسْرَ لَيْلَتِهِ حَتَّى يُصْبِحَ

 

Barangsiapa membaca surah Yaasiin di pagi hari, maka akan dimudahkan urusan hari itu sampai petang. Dan barangsiapa membacanya di awal malam (petang hari), maka akan diberi kemudahan urusan malam itu sampai pagi.

 

Hadith ini diriwayatkan oleh Imam ad-Darimi (2/457)

 

Darjat : Dhaif

 

Takhrij singkat: Hadith ini diriwayatkan dari jalan Amr bin Zararah, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Wahhab, telah menceritakan kepada kami Rasyid Abu Muhammad al-Himani, dari Syahr bin Hausyab, ia berkata: “Ibnu ‘Abbas telah menceritakan…”

 

Dalam sanad hadith ini ada seorang rawi yang bernama Syahr bin Hausyab. Ibnu Hajar: “Ia banyak memursalkan hadith dan banyak keliru.” [Taqriibut Tahdziib 1/423 no. 2841, Mizaanul I’tidal 2/283]

 

Al-Mujaddid asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullahu Ta’ala berkata: “Syahr bin Hausyab lemah dan tidak boleh dipakai sebagai hujjah, kerana banyak salahnya.” [Silsilah Ahaadits adh-Dha’ifah wal Maudhu’ah  1/426]

 

Hadith ini juga merupakan hadith Mauquf.

 

 

 

Hadith kesepuluh

 

أَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ ، أَخْبَرَنَا أَبُوْ مُحَمَّدٍ الْحَسَنِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ سَخْتَوِيَّهَ ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنِ أَحْمَدِ بْنِ أَبِيْ مِسْرَةَ الْمَكِّيِّ ، حَدَّثَنَا خَلَفُ بْنُ الْوَلِيْدِ ، حَدَّثَنَا الْمُبَارَكُ بْنُ فَضَالَةَ ، عَنْ أَبِيْ الْعَوَّامِ ، عَنِ الْحَسَنِ ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : « مَنْ قَرَأَ يس كُلَّ لَيْلَةٍ غُفِرَ لَهُ »

 

Barang siapa membaca surah Yaasiin setiap malam, nescaya diampuni (dosa)nya.

 

Hadith ini diriwayatkan oleh al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman.

 

Darjat : Dhaif

 

Rujukan: Dha’if Jami’ush Shaghir hadith no. 5788 dan Silsilah Ahaadits adh-Dha’ifah wal Maudhu’ah no. 4636.

 

 

Hadith kesebelas

 

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُنْذِرِ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُهَاجِرِ بْنِ الْمِسْمَارِ عَنْ عُمَرَ بْنِ حَفْصِ بْنِ ذَكْوَانَ عَنْ مَوْلَى الْحُرَقَةِ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- :« إِنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى قَرَأَ طه وَيس قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِأَلْفِ عَامٍ ، فَلَمَّا سَمِعْتِ الْمَلاَئِكَةُ الْقُرْآنَ قَالَتْ : طُوبَى لأُمَّةٍ يَنْزِلُ هَذَا عَلَيْهَا ، وَطُوبَى لأَجْوَافٍ تَحْمِلُ هَذَا ، وَطُوبَى لأَلْسِنَةٍ تَتَكَلَّمُ بِهَذَا ».

 

Sesungguhnya Allah Ta’ala membaca surah Thaaha dan Yaasiin 1000 tahun sebelum diciptakannya Nabi Adam. Tatkala para Malaikat mendengar al-Quran (yakni kedua surah itu) seraya berkata: ‘Berbahagialah bagi umat yang turun Al-Quran atas mereka, alangkah baiknya lidah-lidah yang berkata dengan ini (membaca) dan baiklah rongga-rongga yang membawanya (yang menghafal kedua surah itu).”

 

Hadith ini diriwayatkan oleh ad-Darimi (2/456), Ibnu Khuzaimah dalam kitab at-Tauhid (no. 328), Ibnu Hibban dalam kitab adh-Dhu’afa (1/108), Ibnu Abi ‘Ashim dalam as-Sunnah (no. 607), al-Baihaqi dalam al-Asma’ wa Sifat (1/365) dan ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul Ausaath (no. 4873).

 

Darjat : Munkar

 

Takhrij singkat: Hadith ini diriwayatkan dari jalan Ibrahim bin Muhajir bin Mismar, ia berkata: “Telah menceritakan kepada kami ‘Umar bin Hafsh bin Dzakwan dari Maula al-Huraqah.” Kata Ibnu Khuzaimah: “Namanya ‘Abdur Rahman bin Ya’qub bin al-‘Ala’ bin ‘Abdur Rahman dari Abu Hurairah, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah SAW…”

 

Matan hadith ini maudhu . Kata Ibnu Hibban: “Matan hadith ini palsu dan sanadnya sangat lemah, kerana ada dua orang rawi yang lemah:

 

Al-Hafiz Ibnu Katsir rahimahullahu Ta’ala berkata: “Hadith ini gharib dan munkar, kerana Ibrahim bin Muhajir dan Syaikhnya (iaitu, ‘Umar bin Hafsh) diperbincangkan (oleh para ulama hadith).” [Tafsiir Ibnu Katsir (3/156, cetakan Darus Salaam, th. 1413H]

 

 

Hadith kedua belas

 

مَنْسَمِعَ سُوْرَةَ يَسٍ عَدَ لَتْ لَهُ عِشْرِيْنَ دِيْنَارًا فِيْ سَبِيْلِاللهِ وَمَنْ قَرَأَهَاعَدَلَتْ لَهُ عِشْرِيْنَ حَجَّةً وَمَنْ كَتَبَهَاوَشَرِبَهَا أُدْخِلَتْ جَوْفَهُ أَلْفَ يَقِيْنٍ وَأَلْفَ نُوْرٍوَأَلْفَ بَرَكَةٍ وَأَلْفَ رَحْمَةٍ وَأَلْفَ رِزْقٍ وَنُزِعَتْ مِنْهُكُلُّ غِلٍّ وَدَاءٍ.

 

Barangsiapa mendengar bacaan surah Yaasiin, ia akan diberi ganjaran 20 Dinar di jalan Allah. Barang siapa yang membacanya diberi ganjaran kepadanya laksana ganjaran 20 kali melakukan ibadah Haji. Barang siapa yang menuliskannya kemudian ia meminum airnya maka akan dimasukkan ke dalam rongga dadanya seribu keyakinan, seribu cahaya, seribu berkat, seribu rahmat, seribu rezeki, dan dicabut (dihilangkan) segala macam kesulitan dan penyakit.

 

Hadith ini diriwayatkan oleh al-Khatib dari ‘Ali, lalu dia berkata: “Hadith ini Maudhu’.”

 

Darjat : Maudhu (palsu)

 

Takhrij singkat: Ibnu ‘Adi berkata: “Dalam sanadnya ada rawi yang tertuduh memalsukan hadith* iaitu Ahmad bin Harun. [Mizaanul I’tidal 1/162]

 

Dalam sanad hadith ini terdapat Isma’il bin Yahya al-Baghdadi. Shalih bin Muhammad Jazarah berkata: “Ia (Isma’il) sering memalsukan hadith .” Imam ad-Daruquthni berkata: “Ia seorang tukang dusta dan matruk.” Imam al-Azdi berkata: “Ia salah seorang tukang dusta dan tidak halal meriwayatkan dari padanya.”

 

Rujukan:

Al-Maudhu’at oleh Ibnul Jauzi (1/246-247), al-Fawaa-idul Majmu’ah fil Ahaaditsil Maudhu’ah no. 942 dan Mizaanul I’tidal (1/253-254)

 

 

 

Hadith ketiga belas

 

يَسٍ لِمَا قُرِأَتْ لَهُ

 

Surah Yaasiin itu boleh memberi manfaat sesuai tujuan yang dibacakan untuknya.

 

Darjat : Tidak Ada Asalnya (لا أصل له)

 

Imam as-Sakhawi berkata: “Hadith ini tidak ada asalnya.”

 

Rujukan: Al-Mashnu’ fii Ma’rifatil Hadithil Maudhu’ oleh ‘Ali al-Qari’ (no. 414 hal. 215-216), ta’liq Abdul Fattah Abu Ghuddah, al-Maqaashidul Hasanah (no. 1342)

 

 

Hadith keempat belas

 

حَدَّثَنَا عَارِمٌ حَدَّثَنَا مُعْتَمِرٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ رَجُلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْبَقَرَةُ سَنَامُ الْقُرْآنِ وَذُرْوَتُهُ نَزَلَ مَعَ كُلِّ آيَةٍ مِنْهَا ثَمَانُونَ مَلَكًا وَاسْتُخْرِجَتْ { لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ } مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ فَوُصِلَتْ بِهَا أَوْ فَوُصِلَتْ بِسُورَةِ الْبَقَرَةِ وَيس قَلْبُ الْقُرْآنِ لاَ يَقْرَؤُهَا رَجُلٌ يُرِيدُ اللهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَالدَّارَ الْآخِرَةَ إِلاَّ غُفِرَ لَهُ وَاقْرَءُوهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ

 

Surah Yaasiin itu hatinya Al-Quran, tidaklah seseorang membacanya kerana mengharapkan keredhaan Allah dan negeri akhirat (Syurga-Nya), melainkan akan diampuni dosanya. Oleh kerana itu, bacakanlah surah Yaasiin itu untuk orang-orang yang akan mati di antara kalian.

 

Hadith ini diriwayatkan oleh Ahmad (5/26) dan an-Nasa’ie dalam kitab Amalil Yaum wal Lailah (no. 1083).

 

Darjat:  Dhaif

 

Takhrij singkat: Hadith ini diriwayatkan dari jalan Mu’tamir, dari ayahnya, dari seseorang, dari ayahnya, dari Ma’qil bin Yasar, ia berkata: “Bahwasanya Rasulullah SAW bersabda…”

 

Dalam sanad hadith ini terdapat tiga orang rawi yang majhul (tidak diketahui namanya dan keadaannya). Jadi hadith ini Dhaif dan tidak boleh dipakai sebagai hujjah.

 

Rujukan: Fathur Rabbani (7/63)

 

 

Hadith kelima belas

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ وَمُحَمَّدُ بْنُ مَكِّيٍّ الْمَرْوَزِيُّ الْمَعْنَى قَالَا حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ سُلَيْمَانَ التَّيْمِيِّ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ وَلَيْسَ بِالنَّهْدِيِّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اقْرَءُوا يس عَلَى مَوْتَاكُمْ وَهَذَا لَفْظُ ابْنِ الْعَلَاءِ

 

Bacakanlah surah Yaasiin kepada orang yang akan mati di antara kalian.

 

Hadith ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad (5/26-27), Abu Daud (no. 3121), Ibnu Abi Syaibah, an-Nasa’i dalam Amalil Yaum wal Lailah (no. 1082), Ibnu Majah (no. 1448), al-Hakim (1/565), al-Baihaqi (3/383) dan ath-Thayalisi (no. 973).

 

Darjat : Dhaif

 

Takhrij singkat: Hadith ini diriwayatkan dari jalan Sulaiman at-Taimi, dari Abu ‘Utsman (bukan an-Nahdi), dari ayahnya, dari Ma’qil bin Yasar, ia berkata: “Telah bersabda Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wasallaam…”

 

Hadith ini lemah kerana ada tiga sebab yang menjadikan hadith ini lemah:

 

1.Abu ‘Utsman seorang rawi majhul.

 

2.Ayahnya juga majhul.

 

3.Hadith ini mudtharib (goncang) sanadnya.

 

Penjelasan para imam ahli hadith tentang hadith ini:

 

Tentang Abu ‘Utsman

 

Kata Imam az-Zahabi: “Abu ‘Utsman rawi yang tidak dikenal (majhul).”

 

Kata ‘Ali Ibnul Madini: “Tidak ada yang meriwayatkan dari Abu ‘Utsman melainkan Sulaiman at-Taimi.” Maksud Ibnul Madini ialah: bahwa Abu ‘Utsman ini majhul. [Mizaanul I’tidal (4/550), Tahdziibut Tahdziib (12/182) dan Irwaaul Ghalil fii Takhriiji Ahaadits Manaaris Sabil (3/151 no. 688)]

 

Kata Ibnul Mundzir: “Abu ‘Utsman dan ayahnya bukan orang yang masyhur (tidak dikenal).” [ ‘Aunul Ma’bud (8/390)]

 

Kata Imam Ibnul Qaththan: “Hadith ini ada ‘illatnya, serta hadith ini mudtharib (goncang) dan Abu ‘Utsman majhul.”

 

Kata Abu Bakar Ibnul ‘Arabi dan ad-Daruquthni: “Hadith dhaif isnadnya dan majhul, dan tidak ada satu pun hadith yang sahih dalam bab ini (yakni dalam bab Membacakan Yaasiin untuk Orang yang Akan Mati).” [at-Talkhisul Habir ma’asy Syarhil Muhadzdzab (5/110), Fat-hur Rabbani (7/63), Irwaaul Ghaliil (3/151)]

 

Kata Imam an-Nawawi: “Isnad hadith ini dhaif, di dalamnya ada dua orang yang majhul (Abu ‘Utsman dan ayahnya).” [al-Adzkaar hal. 122]

 

Tentang ayahnya Abu ‘Utsman

 

Ia ini rawi yang mubham (seorang rawi yang tidak diketahui namanya). Ia dikatakan majhul oleh para ulama Ahli Hadith, kerana selain tidak diketahui namanya tetapi juga tidak diketahui biografinya.

 

Hadith ini Mudhtharib

 

Hal ini kerana di sebahagian riwayat yang disebutkan: Dari Abu ‘Utsman, dari ayahnya, dari Ma’qil bin Yasar. Sedangkan riwayat lain menyebutkan dari Abu ‘Utsman dari Ma’qil bin Yasar tanpa menyebut dari ayahnya.

 

Dengan demikian, hadith ini martabatnya adalah Dhaif dan tidak boleh dipakai sebagai hujjah.

 

 

Hadith keenam belas

 

Diriwayatkan dari Shafwan (ia berkata):

 

حَدَّثَنِيالْمَشْيَخَةُ أَنَّهُمْ حَضَرُوْا غُضَيْفَ بْنَ الْحَارِثِالثُّمَالِيَّ حِيْنَ اشْتَدَّ سَوْ قُهُ فَقَالَ هَلْ مِنْكُمْ أَحَدٌيَقْرَأُ يَسٍ قَالَ فَقَرَأَهَا صَالَحُ بْنُ شُرَيْحٍ السَّكُونِيُّفَلَمَّا بَلَغَ أَرْبَعِيْنَ مِنْهَا قُبِضَ قَالَ: فَكَانَالْمَشْيَخَةُ يَقُولُونَ إِذَا قُرِئَتْ عِنْدَ الْمَيِّتِ خُفِّفَعَنْهُ بِهَا، قَالَ صَفْوَانُ: وَقَرَأَهَا عِيْسَى بْنُ الْمُعْتَمِرِعِنْدَا بْنِ مَعْبَدٍ.

 

Telah berkata kepadaku beberapa Syaikh bahwasanya mereka hadir ketika Ghudhaif bin Harits mengalami nazak (sakaratul maut), seraya berkata: ‘Siapakah di antara kalian yang dapat membacakan surah Yaasiin?’ Lalu Shalih bin Syuraih as-Sakuni membacakannya. Maka, ketika sanpai pada ayat ke-40, ia (Ghudhaif) wafat. Shafwan berkata: Para Syaikh berkata:’Bila dibacakan surat Yaasiin di sisi orang yang akan meninggal, niscaya diringankan bagi si mayyit (keluarnya ruh) dengan sebab bacaan itu.’ Kata Shafwan: ‘Kemudian ‘Isa bin Mu’tamir membacakan surah Yaasiin di sisi Ibnu Ma’bad.

 

Darjat : Dhaif

 

Riwayat ini Maqthu’. Apalagi riwayat ini juga lemah, kerana beberapa Syaikh yang disebutkan itu majhul, tidak diketahui nama dan keadaan diri mereka masing-masing.

Jadi riwayat ini lemah (dhaif) dan tidak boleh dipakai sebagai hujjah.

 

Rujukan: Irwaa-ul Ghaliil (3/151-152)

 

 

 

Hadith ketujuh belas

 

حَدَّثَنَا الْقَاضِيُّ مَحَمَّدٍ بْنِ أَحْمَدِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ بَنْدَارٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ أَبِيْ عُمَرَ ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَجِيْدِ بْنِ أَبِيْ رَوَادٍ، عَنْ مَرْوَانِ بْنِ سَالِمٍ، عَنْ صَفْوَانٍ بْنِ عَمْرَو، عَنْ شَرِيْحٍ، عَنْ أَبِيْ الدَّرْدَاءِ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : « مَا مِنْ مَيِّتٍ يَمُوْتُ فَيَقْرَأُ عِنْدَهُ يس إِلاَّ هَوِّنَ اللهُ عَلَيْهِ »

 

Tidak ada seorang pun yang akan mati, lalu dibacakan surah Yaasiin, di sisinya (iaitu ketika ia sedang nazak) melainkan Allah akan mudahkan (kematian) atasnya.

 

Hadith ini diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam kitab Akhbaru Ashbahan (1/188).

 

Darjat: Hadith Maudhu (palsu)

 

Takhrij singkat: Hadith ini diriwayatkan dari jalan Marwan bin Salim Aljazari, dari Shafwan bin ‘Amr, dari Syuraih, dari Abu Darda secara marfu’.

 

Dalam sanad hadith ini ada seorang rawi yang sering memalsukan hadith, iaitu Marwan bin Salim Aljazari.

 

Imam Ahmad dan an-Nasa’ie berkata: “Ia tidak boleh dipercaya.”

 

Imam Bukhari, Muslim, dan Abu Hatim berkata: “Ia munkarul hadith.”

 

Abu Arubah al-Harrani berkata: “Ia sering memalsukan hadith.”

 

Rujukan: Mizaanul I’tidal (4/90-91), Irwaaul Ghaliil (3/152)

 

 

Hadith kelapan belas

 

Yasinan Malam Jumaat

 

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ )يَس( فِيْ لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ غُفِرَ لَهُ =رواه الأصبهاني= ضَعِيْفٌ جِدًّا

 

Barangsiapa membaca surah Yasiin pada malam jumaat diampuni dosanya (HR. Al Ashbahani)

 

Darjat : Dhaif jiddan (lemah sekali)

 

Takhrij singkat: Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim Ahmad bin Abdillah bin Ahmad bin Ishaq Al Ashbahani dalam kitab Targhib wat Tarhib dari jalur, Zaid bin Huraisy dari Aghlab bin Tamim dari Ayyub dan Yunus dari Hasan dari Abu Hurairah ra. Cacat hadith ini ada pada Aghlab bin Tamim. Ibnu Hibban berkata ia adalah mungkarul hadith. Dia meriwayat dari orang-orang yang terpercaya yang mereka tidak meriwayatkannya.

 

 

Hadith kesembilan belas

 

Baca Yasin di Kuburan

 

حَدَّثَنَا أَبُوْ مُحَمَّدٍ بْنِ حَيَّانٍ ، حَدَّثَنَا أَبُوْ عَلِيٍّ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ ، حَدَّثَنَا أَبُوْ مَسْعُوْدٍ يَزِيْدِ بْنِ خَالِدٍ ، حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ زِيَادِ الْبَقَال الْخُرَاسَانِيِّ بِجَنْدِيْسَابُوْرِ ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سُلَيْمَانِ ، عَنْ هِشَامٍ بْنِ عُرْوَةَ ، عَنْ أَبِيْهِ ، عَنْ عَائِشَةَ ، عَنْ أَبِيْ بَكْرٍ الصِّدِّيْقِ ، رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ فِيْ كُلِّ جُمُعَةِ فَقَرَأَ عِنْدَهُمَا، أَوْ عِنْدَهُ يس، غُفِرَ لَهُ بِعَدَدِ كُلِّ آيَةٍ أَوْ حَرْفٍ =رواه ابن عادي وابو نعيم= موضوع

 

Barangsiapa menziarahi kubur kedua orang tuanya pada setiap jumaat, lalu ia membaca disampingnya surah Yasiin, diampuni baginya sejumlah ayat atau huruf (yang ia baca) (HR. Ibnu ‘Adi dan Abu Nu’aim)

 

Darjat: Hadith Maudhu (palsu)

 

Takhrij singkat: Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam kitan Akhbarul Ashbahan dari jalur Abu Mas’ud Yazid bin Khalil dari Amar bin Ziyad dari Yahya bin Sulaiman Ath Thaifi dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya (Urwah) dari Aisyah dari Abu Bakar ra. Maudhu’nya adalah kerana Amar bin Ziyad, beliau adalah pemalsu hadith. Ibnu Adi berkata, beliau adalah bathil. Ibnul Jauzi menyatakan adalah Maudhu’ (palsu).

 

Demikian takhrij singkat dari beberapa hadith tentang fadhaail surat Yasin. Jelaslah bahawa hadith-hadith tentang fadhilah dan keutamaan surah Yasin, semuanya Lemah dan Palsu. Kerana itu, hadith-hadith tersebut tidak dapat dijadikan hujjah untuk menyatakan keutamaan surat ini dan surah-surah yang lain, dan tidak boleh pula untuk menetapkan ganjaran atau penghapusan dosa bagi mereka yang membaca surah ini.

 

No comments:

Post a Comment

Kisah hamil perempuan mandul di zaman nabi musa as

  Matan kisah   Seorang wanita telah datang kepada Nabi Musa. Wanita itu berkata: “Doalah kepada Tuhanmu agar mengurniakan kepadaku seor...