Thursday, 28 April 2022

Kisah sahih kewafatan Nabi saw

 

Kisah wafatnya Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wa sallam yang sahih

 

بسم الله الرحمن الرحيم.

 

Sekitar tiga bulan sepulang menunaikan haji wada’, beliau shallallaahu ’alaihi wa sallam menderita sakit yang cukup serius. (Al-Bidaayah wan-Nihaayah, 5/101).

 

Beliau pertama kali mengeluhkan sakitnya di rumah Ummul-Mukminin Maimunah radhiyallahu ’anhaa. (Fathul-Bari, 8/129).

 

Beliau sakit selama 10 hari (Fathul-Bari, 8/129) dan akhirnya wafat pada hari Isnin tanggal 12 Rabi’ul-Awwal (Fathul-Bari, 8/130) pada usia 63 tahun [Fathul-Bari 8/150].

 

Dan telah sahih (satu riwayat yang menyatakan) bahawa sakit beliau tersebut telah dirasakan semenjak tahun ketujuh setelah peristiwa penaklukan Khaibar, iaitu setelah beliau mencicipi sepotong daging panggang yang telah dibubuhi racun yang diberikan oleh isteri Sallaam bin Masykam Al-Yahudiyyah. Walaupun beliau sudah memuntahkannya dan tidak sampai menelannya, namun pengaruh racun tersebut masih tersisa. [Fathul-Bari, 8/131].

 

Beliau shallallaahu alaihi wa sallam, meminta izin kepada isteri-isterinya agar diperbolehkan untuk dirawat di rumah Aisyah Ummul-Mukminiin. [Fathul-Bari, 8/141].

 

Ia (’Aisyah) mengusap-usapkankan tangan beliau pada badan beliau sambil membacakan surat Al-Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas). [Fathul-Bari, 8/131].

 

Ketika beliau shallallaahu ’alaihi wa sallam dalam keadaan kritikal, beliau berkata kepada para sahabat:

 

هَلُمُّوا أكْتُبْ لَكُمْ كِتابًا لا تَضِلُّوا بَعْدَهُ

 

”Kemarilah, aku ingin menulis untuk kalian yang dengan itu kalian tidak akan tersesat setelahnya.”(HR. Bukhari no. 4432)

 

Terjadi perselisihan di antara mereka. Sebhaagian berkeinginan memberikan alat-alat tulis (sebagaimana permintaan beliau), sebahagian yang lain tidak setuju kerana khuwatir hal itu justeru akan memberatkan beliau. Ketika akhir-akhir itu, menjadi jelas bahawa perintah untuk menghadirkan alat tulis itu bukan merupakan hal yang wajib, namun merupakan sebuah pilihan.

 

Ketika mendengar ’Umar bin Al-Khaththab radhiyallaahu ’anhu, mengatakan:

 

(حسبنا كتاب الله)

 

“Kami telah cukup dengan Kitabullaah.”

 

Maka, beliau tidak mengulangi permintaannya tersebut. Seandainya hal itu merupakan satu kewajipan, tentu beliau akan menyampaikannya dalam bentuk pesan.

 

Sebagaimana pada saat itu beliau berpesan secara langsung kepada mereka agar mengeluarkan orang-orang musyrik dari Jazirah Arab dan agar memuliakan rombongan delegasi yang datang ke Madinah. [Fathul-Bari, 8/132].

Beliau shallallaahu ’alaihi wa sallam, memanggil Fathimah radhiyallaahu ’anha yang kemudian membisikinya yang dengan itu kemudian Fathimah menangis. Beliau memanggil kembali dan membisikinya yang dengan itu kemudian Fathimah tersenyum.

 

Setelah wafat, Fathimah menjelaskan bahawa ia menangis kerana dibisiki bahawa beliau akan wafat, dan ia tersenyum kerana dibisiki bahawa ia merupakan anggota keluarganya yang pertama yang akan menyusul beliau. [Fathul-Bari, 1/208].

 

Dan salah satu tanda nubuwwah tersebut akhirnya terbukti. Sakit yang beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam derita semakin bertambah berat sehingga beliau tidak sanggup keluar untuk solat bersama para sahabat.

 

Beliau shallallaahu ’alaihi wa sallam, bersabda:

 

مروا أبا بكر فليصل بالناس

 

”Suruhlah ‘Abu Bakar agar solat mengimami manusia.”(HR. Bukhari no. 613)

 

’Aisyah berusaha agar beliau shallallaahu ’alaihi wa sallam menunjuk orang lain saja kerana khawatir orang-orang akan berprasangka yang bukan-bukan kepada ayahnya (‘Abu Bakar).

 

’Aisyah radhiyallaahu ‘anha, berkata:

 

إن أبا بكر رجل رقيق ضعيف الصوت كثير البكاء إذا قرأ القرآن

 

”Sesungguhnya ‘Abu Bakr itu seorang laki-laki yang fisiknya lemah, suaranya pelan, mudah menangis ketika membaca Al-Qur’an.” (Sirah Ibni Hisyam, 4/330 dengan sanad sahih, (HR. Bukhari no. 613)).

 

Namun beliau tetap berkeras dengan perintahnya tersebut. Akhirnya ‘Abu Bakar maju menjadi imam shalat bagi para shahabat. (Al-Bidaayah wan-Nihaayah oleh Ibnu Katsir, 5/232-233).

 

Pada satu hari, Nabi shallallaahu ’alaihi wa sallam keluar dengan dipapah oleh Ibnu ’Abbas dan ’Ali radhiyallaahu ’anhuma untuk shalat bersama para sahabat, dan kemudian beliau berkhutbah.

 

Beliau memuji-muji serta menjelaskan keutamaan Abu Bakar radhiyallaahu anhu dalam khutbahnya tersebut, dimana ia (‘Abu Bakar) disuruh memilih oleh Allah antara dunia dan akhirat, namun ia memilih akhirat. [Fathul-Bari 8/141].

 

Khutbah terakhir yang beliau sampaikan tersebut adalah 5 hari sebelum wafat beliau.

 

Beliau, berkata di dalamnya:

 

إن عبدًا عرضت عليه الدنيا وزينتها فاختار الآخرة

 

”Sesungguhnya ada seorang hamba yang ditawari dunia dan perhiasannya, namun justru ia memilih akhirat.”(HR. Ibnu Hibban no. 6593, Ahmad no. 11863, sanandnya sahih menurut Syeikh al-Arnauth)

 

‘Abu Bakar paham bahawa yang dimaksudkan adalah dirinya. Ia pun menangis. Melihat hal tersebut, orang-orang merasa hairan kerana mereka tidak faham apa yang dirasakan oleh ‘Abu Bakar.[Fathur-Rabbani, 21/222].

 

Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam, membuka tabir kamar ’Aisyah pada waktu solat Subuh, hari dimana beliau wafat. Dan, kemudian beliau memandang kepada para sahabat yang sedang berada pada saf-saf solat. Kemudian beliau tersenyum dan tertawa kecil seakan-akan sedang bersama kepada mereka.

 

Para sahabat merasa sangat gembira dengan keluarnya beliau tersebut. ‘Abu Bakar pun mundur kerana mengira bahawa Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam ingin solat bersama mereka. Namun beliau memberikan isyarat kepada mereka dengan tangannya agar menyelesaikan solat mereka.

 

Beliau kemudian kembali masuk kamar sambil menutup tabir. Fatimah masuk menemui beliau shallallaahu ’alaihi wa sallam, dan berkata: ”Alangkah berat penderitaan ayah.” Maka, beliau menjawab:

 

ليس على أبيك كرب بعد اليوم

 

”Setelah hari ini, tidak akan ada lagi penderitaan.” [Fathul-Bari, 8/149].

 

Usamah bin Zaid masuk, dan beliau memanggilnya dengan isyarat. Beliau sudah tidak sanggup lagi berbicara dikeranakan sakitnya yang semakin berat. (Sirah Ibnu Hisyam, 4/329 dengan sanad sahih).

 

Pada saat-saat menjelang ajal, beliau bersandar di dada ’Aisyah. ’Aisyah mengambil siwak pemberian dari saudaranya yang bernama ’Abdurrahmaan. Ia (‘Aisyah) lalu menggigit siwak tersebut dengan giginya dan kemudian memberikannya kepada beliau shallallaahu ’alaihi wa sallam. Beliaupun lantas bersiwak dengannya. [Fathul-Bari, 8/139].

 

Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam, kemudian memasukkan tangannya ke dalam bekas yang berisi air dan membasuh mukanya.

 

Beliau pun, bersabda: :

 

لا إله إلا الله إن للموت سكرات

 

”Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah. Sesungguhnya pada setiap kematian itu ada saat-saat sakarat.” [Fathul-Bari, 8/144].

 

Dan ’Aisyah radhiyallaahu ‘anha, samar-samar masih sempat mendengar sabda beliau:

 

مع الذين أنعم الله عليهم

 

”Bersama orang-orang yang dikaruniai nikmat oleh Allah.” [Fathul-Bari, 8/136].

 

Lalu, beliau pun berdoa:

 

اللهم في الرفيق الأعلى

 

”Ya Allah, pertemukan aku dengan Ar-Rafiqul-A’la (Allah).”

 

’Aisyah radhiyallaahu ‘anha mengetahui bahawasannya beliau pada saat itu disuruh memilih, dan beliau pun memilih Ar-Rafiqul-A’la (Allah). [Fathul-Bari, 8/136); dan Sirah Ibnu Hisyam, 4/329 dengan sanad sahih].

 

والله تعالى أعلم بالصواب.

 

No comments:

Post a Comment

Hadith Keutamaan Menziarahi Orang Sakit

  Matan hadith   قَالَ -صلىّ الله عليه وسلّم-: إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ...