قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : مَا تَعُدُّونَ الرَّقُوبَ
فِيكُمْ ؟ قَالَ قُلْنَا الَّذِى لاَ يُولَدُ لَهُ. قَالَ : لَيْسَ ذَاكَ
بِالرَّقُوبِ وَلَكِنَّهُ الرَّجُلُ الَّذِى لَمْ يُقَدِّمْ مِنْ وَلَدِهِ
شَيْئًا. قَالَ : فَمَا تَعُدُّونَ الصُّرَعَةَ فِيكُمْ. قَالَ قُلْنَا الَّذِى
لاَ يَصْرَعُهُ الرِّجَالُ؟ قَالَ : لَيْسَ بِذَلِكَ وَلَكِنَّهُ الَّذِى يَمْلِكُ
نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ.
Nabi saw bertanya,
“Menurut kalian, siapa orang yang mandul itu ?” ‘Abdullah bin Mas’ud
mengatakan, ‘Kami menjawab : Orang yang tidak mempunyai anak’. Nabi saw menjawab, “Orang yang mandul itu bukan
demikian. Akan tetapi orang yang mandul itu adalah seorang laki-laki yang tidak
mampu memberikan apapun kepada anaknya”. Beliau saw berkata lagi, “Menurut
kalian siapa orang yang perkasa itu ?” ‘Abdullah bin Mas’ud ra mengatakan, ‘Kami menjawab : Orang yang
perkasa itu adalah lelaki yang tidak terkalahkan’. Nabi saw bersabda, “Orang
yang perkasa itu adalah orang yang dapat menguasai dirinya ketika marah” (HR.
Muslim no. 2608)
Hadith ini sahih.
Syarah:
Ibnul Jauzi
mengatakan,
دلهم بهذا الحديث على النظر إلى المعاني دون الصور لأنهم ألفوا في كلامهم
أن الرقوب الذي يفقد أولاده فأخبرهم أنه الذي يفقد ثواب أولاده في الآخرة
“Nabi saw menunjukkan
bahawa yang dinilai adalah makna tersirat bukan hanya makna yang tersurat.
Kerana makna yang mereka terbiasa fahami bahwasanya orang yang mandul adalah
orang yang tidak mempunyai anak. Maka Nabi saw menjelaskan kepada mereka bahawa
orang yang mandul (secara tersirat) adalah orang tidak punyai pahala dari
anak-anaknya ketika di akhirat nanti”
bahasa mudah: ada
anak, tapi anak tak memberi manfaat (pahala) kebaikan pada ibu bapa.
Imam Nawawi dalam Syarah Sahih Muslim 8/133 mengatakan,
وكذلك تعتقدون أن الصرعة الممدوح القوي الفاضل هو القوي الذي لا يصرعه
الرجال بل يصرعهم وليس هو كذلك شرعا بل هو من يملك نفسه عند الغضب فهذا هو الفاضل
الممدوح الذي قل من يقدر على التخلق بخلقه ومشاركته في فضيلته
“Demikian juga, mereka para
sahabat meyakini bahawa orang yang perkasa adalah orang yang tidak dapat
dikalahkan orang lain bahkan mampu mengalahkan orang banyak. Namun makna secara
syar’i, orang yang perkasa adalah orang yang mampu menguasi dirinya ketika
marah. Inilah kelebihan yang terpuji, sedikit orang yang mampu memiliki akhlak
ini dan menyamai keutamaan ini”
No comments:
Post a Comment