Thursday, 11 February 2021

Hadith Nabi saw suka buah tembikai (semangka)

 

Matan hadith

 

عَنْ أم المؤمنين عَائِشَةَ رضي الله عنها : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَأْكُلُ البِطِّيخَ بِالرُّطَبِ

 

Terjemahan

 

Dari Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata Sesungguhnya Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam memakan semangka dengan kurma

 

Takhrij

 

HR. al-Humaidi dalam Musnadnya 1/42, Abu Daud no. 3835, Tirmidzi no. 1843, Abubakar Muhammad dalam Akhbar Ashbahan 1/103, Ibn  Bahtari dalam al-Fawaid 4/77/2 dan Abu Bakar bin Daud dalam Musnad Aisyah 2/54,

 

Imam Tirmidzi menilai hadith ini hasan gharib

 

Disahihkan oleh Syeikh al-Albani dalam Sahih Tirmidzi

 

 

Hadith-hadith keutamaan buah tembikai

 

Matan hadith

 

ورد عنه عليه الصلاة والسلام: “تفكهوا بالبطيخ وعضوه فإن ماءه رحمة وحلاوته حلاوة الجنة، فمن أكل لقمة منه كتب الله له سبعين ألف حسنة ومحا عنه سبعين ألف سيئة ورفع له سبعين ألف درجة” .

Terjemahan

 

Dari al-Imam Muhammad al-Baqir: “Makanlah buah tembika/semangka, gigitlah waktu memakannya kerana airnya merupakan rahmat, rasa manisnya manis dari syurga. Barangsiapa yang makan satu suapan dari tembikai/semangka, maka Allah Taala berikan baginya 70 ribu kebaikan dan Allah hapuskan 70 ribu keburukan serta diangkat 70 ribu darjat.

 

Takhrij

 

HN. Al-Hubaisyi dalam al-Barakah seperti disebutkan oleh Abdurrahman Muhammad al-Ba’lawi dalam Bughyatul Mustarsyidin hal. 425.

 

Hadith ini tidak ditemukan dalam kitab hadith muktabar Sunnah. Ia ditemukan dalam kitab Syiah seperti Jami’ al-Hadtih Syiah 23/433, Bihar al-Anwar 63/194.

 

Hadith ini dinilai tidak sahih, palsu oleh Syeikh Na’san dalam fatwa hadith maudhu beliau no. 33 dan Fatwa Syabakah Islamiyah.

 

Matan hadith

 

البِطِّيخُ قَبلَ الطَّعامِ يغسِلُ البَطنَ غَسلًا ويُذهِبُ بالدّاءِ أصلًا

 

Terjemahan

 

Tembikai/semangka yang dimakan sebelum makan akan mencuci perut dan menghilangkan penyakit

 

Takhrij

 

HR. Ibn Asakir dalam Tarikh Dimasyq 6/102.

 

DInilai syadz dan tidak sahih oleh Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyq 36/141.

 

Syeikh al-Albani menilai hadith ini palsu dalam Silsilah Hadith Dhaif no. 167.

 

 

Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah berkata :

 

لا يصح في فضل البطيخ شيء إلا أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يأكله

 

Tidak sahih adanya riwayat tentang keutamaan tembikai/semangka sedikitpun. Hanya saja Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah memakannya (Al-Manarul Munif hal. 130).

 

Demikian pula Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah menyatakan :

 

في البطيخ عدة أحاديث لا يصح منها شيء غير هذا الحديث الواحد

 

Dalam hal berkaitan tembikai/semangka banyak terdapat hadith namun tidak ada yang sahih sedikitpun melainkan satu hadith ini saja (Zadul Ma’ad  4/263).

 

 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah merajihkan yang hijau beliau berkata :

 

وأما البطيخ فقد كانوا يأكلون البطيخ، لكن المشهور عندهم كان البطيخ الأخضر … وأما أكل البطيخ بالرطب فهو كأكل القثاء بالرطب والحديث بذلك أصح، والمراد به حلاوة هذا ورطوبة هذا، وكان أحب الشراب إليه الحلو البارد، فهذا بيان أكل البطيخ الأخضر بالرطب أو التمر، فأما أكله بالرطب الأصفر فلا أصل له لا من نص ولا قياس

 

Adapun semangka dahulu mereka memakannya, akan tetapi semangka yang masyhur di masa mereka adalah semangka hijau ….. Adapun memakan semangka dengan kurma maka ia sama statusnya dengan memakan timun dengan kurma dan hadit tentang hal itu sahih. Maksudnya adalah manisnya ini dan dinginnya ini. Dan makanan yang beliau sukai adalah yang manis lagi dingin. Inilah penjelasan tentang memakan semangka dengan kurma atau dengan kurma kering. Adapun makan kurma dengan semangka kuning maka tidak ada asalnya baik dari sisi dalil maupun akal (Majmu’ Fatawa  32/212-213).

 

Imam Ibnu Muflih rahimahullah juga menyatakan :

 

والمراد بالبطيخ في هذا البطيخ الأخضر وهو بارد رطب في الثانية

 

Yang dimaksudkan dengan semangka di sini adalah semangka hijau ia memiliki sifat dingin dan basah pada tingkatan kedua (Al-Adab Asy-Syar’iyyah 2/269).

 

Pendapat ini pula yang dikuatkan oleh Syeikh al-Albani rahimahullah sebagaimana beliau nyatakan di dalam kitab Silsilah Hadith Sahih 1/127.

 

As Sakhawi berkata (Maqasid Al-Hasanah hal. 238),

 

حَدِيث: الْبِطِّيخُ وَفَضَائِلُهُ، صنف فيه أبو عمرو النوقافي جزء، وأحاديثه باطلة، قال أبو القاسم التيمي، فيما أجاب به أبا موسى المديني: لا تزيده كثرة الطرق إلا ضعفا، وقال النووي: إنه غير صحيح

 

a)       Tentang hadith tembikai/semangka dan keutamaannya, Abu Umar An-Nuqani menyusun sebuah kitab khusus berkaitan tentang hal ini, hadith-hadith tentang keutamaan semangka ini semuanya batil.

 

b)      Imam Abul Qasim At-Taimi menjawab pertanyaan Abu Musa Al-Madini: Hadith- hadith tentang semangka ini, jalan-jalannya yang banyak hanya membuatnya semakin dhaif (lemah).

 

c)       Imam An Nawawi berkata: Hadith-hadith ini tidak sahih.

 

 

Ibn Jauzi berkata,

 

ولا يصح في فضل البطيخ شيء، إلا أن رسول الله صلى الله عليه وسلم أكله

 

Tidak ada sebarang hadith yang sahih tentang kelebihan tembikai/semangka kecuali hadith yang menunjukkan yang Baginda saw hanya makan.

 

Rujukan

 

Fatwa Soaljawab Islam no. no. 184563

Fatwa Syabakah Islamiyah no. 330304

https://www.naasan.net/index.php?page=YXJ0aWNsZQ==&op=ZGlzcGxheV9hcnRpY2xlX2RldGFpbHNfdQ==&article_id=MjE1NA==&lan=YXI=

https://alquran-sunnah.com/kitab/Shahihah/PENGOBATAN%20ALA%20NABI.htm

No comments:

Post a Comment

Kisah hamil perempuan mandul di zaman nabi musa as

  Matan kisah   Seorang wanita telah datang kepada Nabi Musa. Wanita itu berkata: “Doalah kepada Tuhanmu agar mengurniakan kepadaku seor...