Matan hadith
بادروا بالأعمال خصالا ستا : إمارة السفهاء وكثرة الشرط وقطيعة الرحم وبيع
الحكم واستخفافا بالدم ونشوا يتخذون القرآن مزامير يقدمون الرجل ليس بأفقهـهم ولا
أعلمهم ما يقدمونه إلا ليغنيهم
Terjemahan
Bersegeralah beramal apabila
terdapat 6 perkara: pemerintahan yang dipegang oleh orang-orang yang jahil,
banyaknya syarat-syarat, terputusnya tali silaturahim, seleweng dalam jual beli,
remehnya pertumpahan darah, , dan anak-anak muda yang menjadikan Al-Quran
sebagai nyanyian, dia diangkat menjadi imam agar menyanyikan Al-Quran meskipun
dia adalah orang yang paling tidak memahaminya.
Takhrij
HR. Ahmad 3/494, Abu ‘Ubaid dalam
Fadhail al-Quran 2/34, Abu Azhamah dalam Musnad Abbas ½, Ibn Abi Duniya dalam
al-‘Iqubat 1/78, Bukhari dalam Tarikh al-Kabir 4/180, al-Hakim 3/443,
at-Thabarani dalam Mu’jam al-Kabir 1/324/1-2, daripada ‘Abs Al-Ghifari ra.
DIsahihkan oleh Syeikh al-Albani
dalam Silsilah Hadith Sahih 2/710 no. 979
Dalam riwayat lain, dengan lafaza
sedikit berbeza.:
Dari Abbas Al-Ghifari
Radliyallaahu ‘Anhu, Bersabda Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wa Sallam:
بادروا بالموت ستا امرة السفهاء, وكثرة الشرط, وبيع الحكم, واستخفافا
بالدم, وقطيعة الرحم, ونشئا يتخذون القران مزامير يقدمونه يغنيهم وان كان اقل منهم
فقها
Cepat-cepatlah kalian menemui
ajal kalian apabila terdapat 6 perkara: pemerintahan yang dipegang oleh
orang-orang yang jahil, banyaknya pendukung penguasa, banyaknya jual-beli,
penguasa yang berdarah dingin (diktator), terputusnya tali silaturahim, dan
anak-anak muda yang menjadikan Al-Quran sebagai nyanyian, dia diangkat menjadi
imam agar menyanyikan Al-Quran meskipun dia adalah orang yang paling tidak
memahaminya.“
Asbabul wurud (sebab
diturunkannya) riwayat ini adalah ketika ada sekelompok tabi’in yang sedang
duduk-duduk sambil membicarakan wabak kolera, tiba-tiba saja ‘Abs Al-Ghifari ra
berdiri dan berdoa agar dimatikan karena wabah kolera dan mengulangi doanya
hingga tiga kali.
Maka orang-orang yang ada di
sekitarnya mengingkari tindakan ‘Abs tersebut kerana dianggap menyelisihi
petunjuk Nabi tentang buruknya sikap seseorang yang menginginkan kematian.
Maka berdirilah ‘Abs dengan
menyebutkan hadith ini, dengan maksud memberikan penjelasan akan adanya
berbagai keadaan sebagai alasan yang mengecualikan petunjuk Nabi tersebut. ‘Abs
berkata, “Aku mendengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,”
menunjukkan adanya kebolehan untuk menginginkan kematian jika enam pertanda
tadi benar-benar telah terjadi, kemudian ia menyampaikan hadits tersebut. Dan
situasi saat itu menampakkan bahwa enam gejala tersebut sudah dirasakan oleh
‘Abs ra.
https://salikin.org/penguasa-represif-dan-tanda-tanda-akhir-zaman/
No comments:
Post a Comment