Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيۡهِ مِن
رَّبِّهِۦ وَٱلۡمُؤۡمِنُونَۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَـٰٓٮِٕكَتِهِۦ
وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ أَحَدٍ۬ مِّن رُّسُلِهِۦۚ
وَقَالُواْ سَمِعۡنَا وَأَطَعۡنَاۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيۡكَ ٱلۡمَصِيرُ
(٢٨٥) لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفۡسًا إِلَّا وُسۡعَهَاۚ لَهَا مَا كَسَبَتۡ
وَعَلَيۡہَا مَا ٱكۡتَسَبَتۡۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَآ إِن نَّسِينَآ أَوۡ
أَخۡطَأۡنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَآ إِصۡرً۬ا كَمَا حَمَلۡتَهُ ۥ
عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ
لَنَا بِهِۦۖ وَٱعۡفُ عَنَّا وَٱغۡفِرۡ لَنَا وَٱرۡحَمۡنَآۚ أَنتَ مَوۡلَٮٰنَا
فَٱنصُرۡنَا عَلَى ٱلۡقَوۡمِ ٱلۡڪَـٰفِرِينَ (٢٨٦)
Hadith pertama diriwayatkan oleh
Imam Bukhari.
قَالَ الْبُخَارِيُّ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
كَثِيرٍ، أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، عَنْ سُلَيْمَانَ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ: "مَنْ قَرَأَ بِالْآيَتَيْنِ"، وَحَدَّثَنَا أَبُو
نُعَيْمٍ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَرَأَ بِالْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ
سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاه"
Disebutkan bahawa telah
menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Kasir, telah menceritakan kepada kami
Syu'bah, dari Sulaiman, dari Ibrahim, dari Abdur Rahman, dari Ibnu Mas'ud, dari
Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam yang telah bersabda: “Barang siapa yang
membaca dua ayat ini...” Telah menceritakan kepada kami Abu Na'im, telah
menceritakan kepada kami Sufyan, dari Mansur, dari Ibrahim, dari Abdur Rahman
ibnu Yazid, dari Ibnu Mas'ud yang menceritakan bahwa Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wasallam telah bersabda: “Barang
siapa yang membaca dua ayat ini dari akhir surat Al-Baqarah di suatu malam,
maka kedua ayat ini dapat mencukupinya.” (HR. Bukhari no. 5009).
Diketengahkan pula oleh jamaah
lainnya melalui jalur Sulaiman ibnu Mihran Al-A'masy berikut sanadnya dengan
lafaz yang semisal. Kalau menurut Sahihain diriwayatkan melalui jalur As-Sauri,
dari Mansur, dari Ibrahim, dari Abdur Rahman, dari Ibnu Mas'ud dengan lafaz
yang sama. Di dalam kitab Sahihain pula dari Abdur Rahman, dari Alqamah, dari
Ibnu Mas'ud; Abdur Rahman mengatakan, “Kemudian aku bersua dengan Abu Mas'ud,
lalu ia menceritakan hadith ini kepadaku.”
Demikian pula menurut apa yang
diriwayatkan oleh Imam Ahmad ibnu Hambal:
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ، حَدَّثَنَا شَرِيكٌ،
عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ بْنِ رَافِعٍ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ أَبِي
مَسْعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: "مَنْ
قَرَأَ الْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَتِهِ كَفَتَاهُ"
Telah menceritakan kepada kami
Yahya ibnu Adam, telah menceritakan kepada kami Syarik, dari Asim, dari
Al-Musayyab ibnu Rafi', dari Alqamah, dari Ibnu Mas'ud, dari Nabi Shallallahu
‘alaihi wasallam yang telah bersabda: “Barang siapa yang membaca kedua ayat
dari akhir surat Al-Baqarah di malam harinya, maka kedua ayat itu
mencukupinya.” (HR. Ahmad o. 17100, sanadnya sahih).
Hadith kedua diriwayatkan oleh
Imam Ahmad.
قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا حُسَيْنٌ،
حَدَّثَنَا شَيْبَانُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ رِبعي، عَنْ خَرشة بْنِ الحُر، عَنِ
الْمَعْرُورِ بْنِ سُوَيْدٍ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أُعْطِيتُ خَوَاتِيمَ سُورَةِ
الْبَقَرَةِ مِنْ كَنْزٍ تَحْتَ الْعَرْشِ، لَمْ يُعْطَهُنَّ نَبِيٌّ قَبْلِي"
Disebutkan bahwa telah
menceritakan kepada kami Husain, telah menceritakan kepada kami Syaiban, dari
Mansur, dari Rab'i, dari Kharsyah ibnul Hur, dari Ma'rur ibnu Suwaid, dari Abu
Zar yang menceritakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah
bersabda: “Aku dianugerahi ayat-ayat penutup surat Al-Baqarah dari
perbendaharaan di bawah ‘Arasy yang belum pernah diberikan kepada seorang nabi
pun sebelumku.”(HR. Ahmad no. 21344, sahih lighairih).
وَقَدْ رَوَاهُ ابْنُ مَرْدَوَيْهِ، مِنْ حَدِيثِ
الْأَشْجَعِيِّ، عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ رِبْعِي، عَنْ زَيْدِ
بْنِ ظِبْيان، عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أُعْطِيتُ خَوَاتِيمَ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مِنْ كَنْزٍ
تَحْتَ الْعَرْشِ"
Ibnu Murdawaih meriwayatkan hadith
ini melalui hadith Al-Asyja'i, dari As-Sauri, dari Mansur, dari Rib'i, dari
Zaid ibnu Zabyan, dari Abu Zar yang menceritakan bahwa Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wasallam pernah bersabda: “Aku dianugerahi ayat-ayat penutup surat
Al-Baqarah dari perbendaharaan di bawah ‘Arasy.” (HR. Ahmad no. 21382, sahih lighairih)
Hadith ketiga diriwayatkan oleh
Imam Muslim
قَالَ مُسْلِمٌ: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي
شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ مغْول (ح)
وَحَدَّثَنَا ابْنُ نُمَير، وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ جَمِيعًا، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ
بْنِ نُمير -وَأَلْفَاظُهُمْ مُتَقَارِبَةٌ -قَالَ ابْنُ نُمَيْرٍ: حَدَّثَنَا
أَبِي، حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ مِغْوَل، عَنِ الزُّبَيْرِ بْنِ عَدِيٍّ عَنْ
طَلْحَةَ، عَنْ مُرَة، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: لَمَّا أسْريَ بِرَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ انْتُهِيَ بِهِ إِلَى سِدْرَةِ
الْمُنْتَهَى، وَهِيَ فِي السَّمَاءِ السَّادِسَةِ إِلَيْهَا يَنْتَهِي مَا
يُعْرَج بِهِ مِنَ الْأَرْضِ فَيُقْبَض مِنْهَا، وَإِلَيْهَا يَنْتَهِي مَا
يُهْبَطُ بِهِ مِنْ فَوْقِهَا فيُقْبَض مِنْهَا، قَالَ: {إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ
مَا يَغْشَى} [النَّجْمِ: 16] ، قَالَ: فرَاش مِنْ ذَهَبٍ. قَالَ: وَأُعْطِي
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثًا: أعْطِيَ
الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ، وأعْطِي خَوَاتِيمَ سُورَةِ الْبَقَرَةِ، وَغُفِرَ لِمَنْ
لَمْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ مِنْ أُمَّتِهِ شَيْئًا المُقْحَماتُ
Disebutkan bahwa telah
menceritakan kepada kami Abu Bakar ibnu Abu Syaibah, telah menceritakan kepada
kami Abu Usamah, telah menceritakan kepada kami Malik ibnu Magul. Telah
menceritakan kepada kami Ibnu Numair serta Zuhair ibnu Harb, semuanya dari
Abdullah ibnu Numair, lafaz-lafaz mereka hampir sama. Ibnu Numair mengatakan,
telah menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Malik
ibnu Magul, dari Az-Zubair ibnu Addi, dari Talhah, dari Murrah, dari Abdullah
yang menceritakan bahawa ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam
menjalani Isra, beliau sampai ke Sidratul Muntaha yang terletak di langit
ketujuh. Hanya sampai batas Sidratul Muntaha, berhenti segala sesuatu yang naik
dari bumi, lalu dihentikan sampai padanya. Hanya sampai kepadanya segala
sesuatu turun dari atasnya, lalu dihentikan sampai padanya. Abdullah (Ibnu
Mas'ud) mengatakan sehubungan dengan firman-Nya: “(Muhammad melihat Jibril)
ketika Sidratul Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya.” (An-Najm: 16)
Yang dimaksud dengan “sesuatu yang meliputinya” adalah kupu-kupu emas. Abdullah
Ibnu Mas'ud mengatakan pula bahawa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam
dianugerahi tiga perkara, yaitu beliau dianugerahi SOLAT lima waktu, dan
dianugerahi AYAT-AYAT yang mengakhiri surah Al-Baqarah, serta DIAMPUNI bagi
orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu pun dari kalangan
umatnya, dengan ampunan yang menyeluruh. (HR. Mslim no. 173).
Hadith keempat.
قَالَ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ
الرَّازِيُّ، حَدَّثَنَا سَلَمَةُ بْنُ الْفَضْلِ، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ
إِسْحَاقَ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنْ مَرْثَد بْنِ عَبْدِ اللَّهِ
الْيَزْنِيِّ، عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ الْجُهَنِيِّ قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "اقْرَأِ الْآيَتَيْنِ مِنْ
آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فَإِنِّي أُعْطِيتُهُمَا مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ".
Imam Ahmad mengatakan, telah
menceritakan kepada kami Ishaq ibnu Ibrahim Ar-Razi, telah menceritakan kepada
kami Salamah ibnul Fadl, telah menceritakan kepadaku Muhammad ibnu Ishaq, dari
Yazid ibnu Abu Habib, dari Marsad ibnu Abdullah Al-Yazni, dari Uqbah ibnu Amir
Al-Juhanni yang menceritakan bahawa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam
telah bersabda: “Bacalah dua ayat dari akhir surat Al-Baqarah, kerana
sesungguhnya aku memberikan keduanya dari perbendaharaan di bawah ‘Arasy (untuk
kamu).” Sanad hadith ini hasan, tetapi mereka tidak mengetengahkannya di dalam
kitab mereka (Jamaah).
Hadith kelima.
قَالَ ابْنُ مَرْدُويه: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ
كَامِلٍ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ إِسْحَاقَ الْحَرْبِيُّ، أَخْبَرَنَا
مُسَدَّد أَخْبَرَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ أَبِي مَالِكٍ، عَنْ ربْعِي، عَنْ
حُذَيْفَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
"فُضِّلْنَا عَلَى النَّاسِ بِثَلَاثٍ، أُوتِيْتُ هَؤُلَاءِ الْآيَاتِ مِنْ
آخِرِ سُورَةِ البقرة من بيت كنز تحت
الْعَرْشِ، لَمْ يُعْطَهَا أَحَدٌ قَبْلِي، وَلَا يُعْطَاهَا أَحَدٌ
بَعْدِي"
Ibnu Murdawaih mengatakan, telah menceritakan
kepada kami Ahmad ibnu Kamil, telah menceritakan kepada kami Ibrahim ibnu Ishaq
Al-Harbi, telah menceritakan kepada kami Marwan, telah menceritakan kepada kami
Ibnu Awwanah, dari Abu Malik, dari Rab'i, dari Huzaifah yang mengatakan bahwa
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: “Kami diberi keutamaan di atas semua orang kerana
tiga perkara, yaitu: Aku diberi ayat-ayat yang mengakhiri surah Al-Baqarah dari
rumah perbendaharaan di bawah ‘Arasy yang tidak pernah diberikan kepada seorang
pun sebelumku dan tidak pula diberikan kepada seorang pun sesudahku.” (HR. at-Thabarani dalam Mu'jam al-Awsath 7/278,sanad sahih menurut syarat Muslim).
Kemudian Ibnu Murdawaih
meriwayatkannya pula melalui hadith Na'im ibnu Abu Hindun, dari Rab'i, dari
Huzaifah dengan lafaz yang semisal.
Hadith keenam.
Ibnu Murdawaih mengatakan, telah
menceritakan kepada kami Abdul Baqi ibnu Nafi', telah menceritakan kepadaku
Ismail ibnul Fadl, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Hatim ibnu
Bazi', telah menceritakan kepada kami Ja'far ibnu Aun, dari Malik ibnu Magul,
dari Abi Ishaq, dari Al-Haris, dari ‘Ali yang mengatakan, “Aku tidak pernah
melihat seseorang memahami Islam bilamana ia tidur melainkan ia membaca ayat
Kursi dan ayat-ayat yang mengakhiri surat Al-Baqarah. Kerana sesungguhnya
ayat-ayat tersebut berasal dari perbendaharaan yang terletak di bawah ‘Arasy
yang diberikan kepada Nabi kamu.”
Waki' meriwayatkannya di dalam
kitab tafsirnya, dari Israil, dari Abu Ishaq, dari Umair ibnu Amr Al-Mukhariqi,
dari ‘Ali yang mengatakan, “Aku belum pernah melihat seseorang yang sampai
kepadanya Islam kecuali sebelum tidur ia membaca ayat Kursi dan ayat-ayat
terakhir dari surat Al-Baqarah. Kerana sesungguhnya ayat-ayat tersebut dari
perbendaharaan di bawah ‘Arasy.”
Hadith ketujuh.
قَالَ أَبُو عِيسَى التِّرْمِذِيُّ: حَدَّثَنَا
بُنْدَار، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ
بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ أَشْعَثَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الجَرْمي عَنْ أَبِي
قِلابَة، عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيِّ، عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ
بَشِيرٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "إِنَّ
اللَّهَ كَتَبَ كِتَابًا قَبْلَ أَنْ يخلق السموات وَالْأَرْضَ بِأَلْفَيْ عَامٍ،
أَنْزَلَ مِنْهُ آيَتَيْنِ خَتَمَ بِهِمَا سُورَةَ الْبَقَرَةِ، وَلَا يُقْرَأْنَ
فِي دَارٍ ثَلَاثَ لَيَالٍ فَيَقْرَبُهَا شَيْطَانٌ".
Abu Isa At-Tirmizi mengatakan,
telah menceritakan kepada kami Bandar, telah menceritakan kepada kami Abdur
Rahman ibnu Mahdi, telah menceritakan kepada kami Hammad ibnu Salamah, dari
Asy'as ibnu Abdur Rahman Al-Harami, dari Abu Qilabah, dari Abul Asy'as
As-San'ani, dari An-Nu'man ibnu Basyir, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam
yang telah bersabda: “Sesungguhnya Allah telah menulis Kitab-Nya sebelum
menciptakan langit dan bumi dalam jangka DUA ribu tahun. Dia menurunkan dua
ayat darinya untuk mengakhiri surat Al-Baqarah dengan keduanya. Tidaklah
ayat-ayat itu dibaca di dalam sebuah rumah selama tiga malam, melainkan syaitan
tidak ada yang berani mendekatinya.” (HR. Tirmidzi no. 2882, disahihkan oleh Syeikh al-Albani)
Kemudian Imam Tirmidzi mengatakan
bahawa hadith ini gharib. Hal yang sama diriwayatkan pula oleh Imam Hakim di
dalam kitab Mustadrak-nya melalui hadith Hammad ibnu Salamah dengan lafaz yang
sama. Ia mengatakan bahwa hadith ini sahih dengan syarat Muslim, tetapi
keduanya (Bukhari dan Muslim) tidak mengetengahkannya.
Hadith kelapan.
قَالَ ابْنُ مَرْدَوَيْهِ: حَدَّثَنَا عَبْدُ
الرَّحْمَنِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مَدْيَنَ، أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ الْجَهْمِ،
أَخْبَرَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَمْرٍو، أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ،
حَدَّثَنِي يُوسُفُ بْنُ أَبِي الْحَجَّاجِ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ
قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إذا قَرَأَ آخِرَ سُورَةِ
الْبَقَرَةِ وَآيَةَ الْكُرْسِيِّ ضَحِكَ، وَقَالَ: "إِنَّهُمَا مِنْ كَنْزِ
الرَّحْمَنِ تَحْتَ الْعَرْشِ". وَإِذَا قَرَأَ: {مَنْ يَعْمَلْ سُوءًا
يُجْزَ بِه} [النِّسَاءِ: 123] ، {وَأَنْ لَيْسَ لِلإنْسَانِ إِلا مَا سَعَى *
وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَى * ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الأوْفَى}
[النَّجْمِ:39-41] ، اسْتَرْجَعَ وَاسْتَكَانَ.
Ibnu Murdawaih mengatakan, telah
menceritakan kepada kami Abdur Rahman ibnu Muhammad ibnu Madyan, telah
menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnul Jahm, telah menceritakan kepada kami
Ismail ibnu Amr, telah menceritakan kepada kami Ibnu Maryam, telah menceritakan
kepadaku Yusuf ibnu Abul Hajjaj, dari Sa'id, dari Ibnu ‘Abbas yang menceritakan
bahawa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam apabila membaca ayat terakhir
dari surat Al-Baqarah dan ayat Kursi, maka beliau tersenyum, lalu bersabda:
“Sesungguhnya kedua ayat ini berasal dari perbendaharaan Tuhan Yang Maha
Pemurah di bawah ‘Arasy.” Apabila beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam
membacakan firman-Nya: “Barang siapa yang mengerjakan kejahatan, niscaya akan
diberi pembalasan dengan kejahatannya itu.” (An-Nisa: 123) “Dan bahawa seorang
manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahawa
usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan
kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.” (An-Najm: 39-41) Maka beliau
membaca istirja' dan diam (tenang).” (HR. Ibnu Murdawaih seprtimana disebutkan As-Suyuthi dalam Durar al-Manthur 2/7, dalam sanadnya terdapat perawi yang majhul).
Hadith kesembilan.
قَالَ ابْنُ مَرْدَوَيْهِ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ
بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ كُوفِيٍّ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ حَمْزَةَ،
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ حَدَّثَنَا مَكِّيُّ بْنُ إِبْرَاهِيمَ،
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي حُمَيْدٍ، عَنْ أَبِي مَلِيح، عَنْ مَعْقِلِ
بْنِ يَسَارٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
"أُعْطِيتُ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ، وَخَوَاتِيمَ سُورَةِ البقرة من تحت العرش،
والمُفَصل نافلة"
Ibnu Murdawaih mengatakan, telah
menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Muhammad ibnu Kufi, telah menceritakan
kepada kami Ahmad ibnu Yahya ibnu Hamzah, telah menceritakan kepada kami
Muhammad ibnu Bakar, telah menceritakan kepada kami Makki ibnu Ibrahim, telah
menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Abu Humaid, dari Abu Malih, dari Ma'qal
ibnu Yasar yang menceritakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam
pernah bersabda: “Aku diberi Fatihatul Kitab dan ayat-ayat terakhir surat
Al-Baqarah dari bawah ‘Arasy,
sedangkan Al-Mufassal adalah nafilah (tambahannya).” (HR. Ibnu Marduwaih, Abu Nashir al-Sajazi al-Wa'ali dalam al-Tazkar no. 65, gharib)
Hadith kesepuluh
Dalam pembahasan terdahulu
mengenai keutamaan surat Al-Fatihah telah disebutkan sebuah hadith melalui
riwayat Abdullah ibnu Isa ibnu Abdur Rahman ibnu Abu Laila, dari Sa'id ibnu
Jubair, dari Ibnu Abbas yang menceritakan bahwa ketika Rasulullah Saw. sedang
menghadapi Malaikat Jibril, tiba-tiba beliau mendengar suara gemerincing di
atasnya. Maka Malaikat Jibril mengarahkan pandangannya ke langit, lalu berkata,
“Ini adalah sebuah pintu langit dibuka, yang sebelumnya tidak pernah dibuka sama
sekali.” Kemudian turunlah darinya seorang malaikat, dan malaikat itu
mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu berkata kepadanya:
أبشر بنورين قد أوتيتهما، لم يؤتهما نبي قبلك: فاتحة
الكتاب، وخواتيم سُورَةِ الْبَقَرَةِ، لَنْ تَقْرَأَ حَرْفًا مِنْهُمَا إِلَّا
أُوتِيتُهُ،
“Bergembiralah kamu dengan DUA cahaya yang telah diberikan kepadamu yang tidak pernah diberikan kepada seorang nabi pun sebelummu, yaitu Fatihatul Kitab dan ayat-ayat terakhir surat Al-Baqarah. Tidak sekali-kali kamu membaca satu huruf dari keduanya melainkan engkau diberinya.” (HR. Muslim no. 806, an-Nasaie no. 912).
No comments:
Post a Comment