Dari Musayib bin Hazn, beliau
menceritakan,
أَنَّهُ لَمَّا حَضَرَتْ أَبَا طَالِبٍ الوَفَاةُ جَاءَهُ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَوَجَدَ عِنْدَهُ أَبَا جَهْلِ بْنَ هِشَامٍ،
وَعَبْدَ اللَّهِ بْنَ أَبِي أُمَيَّةَ بْنِ المُغِيرَةِ، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَبِي طَالِبٍ: ” يَا عَمِّ، قُلْ: لاَ إِلَهَ
إِلَّا اللَّهُ، كَلِمَةً أَشْهَدُ لَكَ بِهَا عِنْدَ اللَّهِ ” فَقَالَ أَبُو
جَهْلٍ، وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي أُمَيَّةَ: يَا أَبَا طَالِبٍ أَتَرْغَبُ
عَنْ مِلَّةِ عَبْدِ المُطَّلِبِ؟ فَلَمْ يَزَلْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْرِضُهَا عَلَيْهِ، وَيَعُودَانِ بِتِلْكَ المَقَالَةِ
حَتَّى قَالَ أَبُو طَالِبٍ آخِرَ مَا كَلَّمَهُمْ: هُوَ عَلَى مِلَّةِ عَبْدِ
المُطَّلِبِ، وَأَبَى أَنْ يَقُولَ: لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، فَقَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَمَا وَاللَّهِ لَأَسْتَغْفِرَنَّ
لَكَ مَا لَمْ أُنْهَ عَنْكَ» فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى فِيهِ: {مَا كَانَ
لِلنَّبِيِّ} [التوبة: 113] الآيَةَ
Ketika Abu Thalib hendak
meninggal dunia, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatanginya. Di dekat
Abu Thalib, beliau melihat ada Abu Jahal bin Hisyam, dan Abdullah bin Abi
Umayah bin Mughirah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan
kepada pamannya, ”Wahai paman, ucapkanlah laa ilaaha illallah, kalimat yang aku
jadikan saksi utk membela paman di hadapan Allah.” Namun Abu Jahal dan Abdullah
bin Abi Umayah menimpali, ’Hai Abu Thalib, apakah kamu membenci agama Abdul
Muthalib?’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terus mengajak pamannya
untuk mengucapkan kalimat tauhid, namun dua orang itu selalu mengulang-ulang
ucapannya. Hingga Abu Thalib memilih ucapan terakhir, dia mengikuti agama Abdul
Muthalib dan enggan untuk mengucapkan laa ilaaha illallah. Kemudian Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam bertekad, ”Demi Allah, aku akan memohonkan
ampunan untukmu kepada Allah, selama aku tidak dilarang.” Lalu Allah menurunkan
firman-Nya di surat at-Taubah: 113. dan al-Qashsas: 56.
Firman Allah di surat at-Taubah:
مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا
لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَى مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ
أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ
”Tiadalah sepatutnya bagi Nabi
dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang
musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum Kerabat (Nya), sesudah
jelas bagi mereka, bahawasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka
jahanam.” (QS. At-Taubah: 113).
Firman Allah di surat al-Qashsas:
إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ
يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
Sesungguhnya kamu tidak akan
dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi
petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui
orang-orang yang mau menerima petunjuk. (QS. Al-Qashsas: 56) (HR. Bukhari no.
1360 dan Muslim no. 24)
Ibnu Katsir mengutip keterangan
beberapa ulama tafsir sahabat dan Tabiin,
قال ابن عباس، وابن عمر، ومجاهد، والشعبي، وقتادة: إنها نزلت في أبي طالب
حين عَرَضَ عليه رسولُ الله صلى الله عليه وسلم أن يقول: “لا إله إلا الله” فأبى
عليه ذلك. وكان آخر ما قال: هو على ملة عبد المطلب.
Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Mujahid,
as-Sya’bi, dan Qatadah mengatakan, ayat ini turun berkaitan dengan Abu Thalib,
ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajak dia untuk mengucapkan laa ilaaha
illallah, namun dia enggan untuk mengucapkannya. Dan terakhir yang dia ucapkan,
bahawa dia mengikuti agama Abdul Muthalib. (Tafsir Ibn Katsir 6/247).
Rujukan
https://konsultasisyariah.com/21687-apakah-abu-thalib-paman-nabi-mati-kafir.html
No comments:
Post a Comment