Matan hadith
ألا
أحدَّثُكُم بغُرَفِ الجنَّةِ؟ قال: قُلنا: بلى يا رسولَ اللَّهِ بأبينا أنتَ
وأمِّنا، قال: إنَّ في الجنَّةِ غُرفًا من أصنافِ ِ، كله يُرى ظاهرُها من باطنِها،
وباطنُها من ظاهرِها، فيها من النَّعيمِ واللَّذاتِ ما لا عينٌ رأَت ولا أذُنٌ
سَمِعَت، قال: قُلنا: يا رسولَ اللَّهِ لِمَن هذه الغرفُ؟ قال: لمن أفشى
السَّلامَ، وأطعم الطَّعامَ، وأدام الصِّيامَ، وصلّى باللَّيلِ والنّاسُ نيامٌ،
قال: قُلنا: يا رسولَ اللَّهِ، ومن يطيقُ ذلكَ؟ قال: أمَّتي تُطيق ذلكَ،
وسأخبرُكُم عن ذلكَ: من لقِيَ أخاه فسلَّم عليهِ فقد أفشى السَّلامَ، ومن أطعمَ أهلَهُ
وعيالَهُ من الطَّعامِ حتّى يُشبِعَهُم فقَد أطعمَ الطَّعامَ، ومن صامَ رمضانَ،
ومن كلِّ شهرٍ ثلاثةَ أيّامٍ، فقد أدامَ الصِّيامَ، ومن صلّى صلاةَ العشاءِ
الأخيرَةِ في جماعةٍ فقد صلّى اللَّيلَ والنّاسُ نيامٌ _ اليهودُ والنَّصارى
والمجوسُ
Terjemahan
Sesungguhnya
di dalam surga ada kamar-kamar dari jenis-jenis permata yang luarnya dapat
dilihat dari dalamnya dan dalamnya dapat dilihat dari luarnya. Di dalamnya ada
kenikmatan, kelezatan dan kesenangan yang mata tidak pernah melihat dan telinga
tidak mendengar dan tidak ada goresan atas hati manusia.”
Jabir
bertanya, “Wahai Rasulullah! Bagi siapakah kamar-kamar itu?”
Rasulullah
saw bersabda:
“Bagi
orang yang menyebarkan salam, memberi makan, mengekalkan puasa dan mengerjakan
shalat malam, sedang manusia tidur.”
Jabir
berkata, “Wahai Rasulullah! Siapa yang sanggup yang demikian itu?”
Rasulullah
saw bersabda:
“Ummatku
mampu yang demikian itu. Dan aku akan beritahukan kepadamu tentang yang
demikian itu. Barangsiapa yang berjumpa dengan saudaranya, lalu ia mengucapkan
salam kepadanya atau menjawab salam kepadanya, maka ia telah menyebarkan salam.
Dan barangsiapa memberi makan kepada istrinya dan keluarganya sehingga
mengenyangkan mereka, maka ia telah memberikan makanan. Dan barangsiapa berpuasa
di bulan Ramadhan dan dari setiap bulan tiga hari, maka ia telah mengekalkan
puasa dan barangsiapa shalat Isya yang akhir dan mengerjakan solat subuh dengan
berjama’ah, maka ia telah mengerjakan solat malam, sedang manusia tidur.”
Takhrij
HR. al-Mundziri dalam Targhib wa Tarhib 4/371 dari
jabir ra. Sanadnya sahih atau paling minima adalah hasan.
Juga ditemukan dalam Kitab Ihya Ulumiddin 9/689,
690. Karya Imam Al Ghazali
Ibnu Qayyim dalam Hadi al-Arwah no. 135 mendhaifkan
hadith ini. Begitu juga didhaifkan oleh Syeikh al-Albani dalam Dhaif Targhib wa
Tarhib no. 2190.
No comments:
Post a Comment