Matan hadith
- عَنْ أَبِي ذَرٍّ
الْغِفَارِيِّ قَالَ: «إِنِّي لَشَاهِدٌ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فِي حَلْقَةٍ، وَفِي يَدِهِ حَصًى، §فَسَبَّحْنَ فِي يَدِهِ، وَفِينَا
أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ وَعُثْمَانُ وَعَلِيٌّ، فسَمِعَ تَسْبِيحَهُنَّ مَنْ فِي
الْحَلْقَةِ، ثُمَّ دَفَعَهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى
أَبِي بَكْرٍ، فَسَبَّحْنَ مَعَ أَبِي بَكْرٍ، سَمِعَ تَسَبِيحَهُنَّ مَنْ فِي
الْحَلْقَةِ، ثُمَّ دَفَعَهُنَّ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَسَبَّحْنَ فِي يَدِهِ، ثُمَّ دَفَعَهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِلَى عُمَرَ، فَسَبَّحْنَ فِي يَدِهِ، وَسَمِعَ تَسَبِيحَهُنَّ مَنِ في
الْحَلْقَةِ، ثُمَّ دَفَعَهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى
عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ، فَسَبَّحْنَ فِي يَدِهِ، ثُمَّ دَفَعَهُنَّ إِلَيْنَا،
فَلَمْ يُسَبِّحْنَ مَعَ أَحَدٍ مِنَّا
Terjemahan
Abu
Dzar Al-Ghifari Radhiyallahu ‘anhu, ia dan sahabat-sahabat lainnya berjalan
bersama Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang mulia. Di tengah
perjalanan, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengambil batu kerikil, kemudian
diletakkan di tangannya. Batu kerikil itu bertasbih sampai para sahabat
mendengar suara tasbihnya. Dari Nabi, kerikil itu dipindahkan ke tangan Abu
Bakar Ash-Siddiq ra. Di tangan manusia jujur dan menjaga diri ini, tasbih batu
kerikil kembali didengari oleh para sahabat. Meneladani Nabi, Abu Bakar lalu
menuangkan batu kerikil ke tangan ‘Umar bin Khattab ra. Lagi, tasbih batu
kerikil di tangan Al-Faruq boleh didengari oleh para sahabat. ‘Umar kemudian
menuangkan batu kerikil di tangannya ke tangan ‘Utsman bin ‘Affan Radhiyallahu
‘anhu. Kembali, batu kerikil itu bertasbih. Suara tasbihnya benar-benar
terdengar oleh para sahabat di sekeliling hamba nan soleh ini.Terakhir, batu
kerikil itu dituangkan ke tangan sahabat lain, tetapi tasbihnya tak terdengar
lagi.
Takhrij
HR.
at-Tahabarani dalam Mu'jam al-Awsath no. 1244 dan al-Baihaqi dalam Dalail
Nubuwah no. 2/555, Ibnu Hajar dalam al-Muqafaqah al-Khabar 1/213 berkata, hadith
gharib dengan wajah ini, manakala Ibnu Jauzi menilai hadith ini mudhtharib dan
membawa penilaian an-Nasaie dalam
al-'Ilal Mutanahiyah bahawa hadith ini munkar batil 1/207).
Dan Syeikh al-Albani pula mensahihkan hadih ini dalam Takhrij Kitab Sunnah no. 1146.
No comments:
Post a Comment