Matan
hadith
عن
النبي صلى الله عليه و سلم قال: "إذا
وضع الرجل في قبره أتاه منكر و نكير، هما ملكان فضان غليظان أسودان أزرقان
ألوانهما كالليل الدامس أصواتهما كالرعد القاصف عيونهما كالشهب الثواقب أسنانهما
كالرماح يسحبان بشعورهما على الأرض بيد كل واحد منهما مطرقة لو اجتمع الثقلان الجن
و الإنس لم يقدروا على حملها يسألان الرجل عن ربه و عن نبيه و عندينه".
فقال عمر بن الخطاب:
أيأتيانني و أنا ثابت كما أنا؟ قال نعم!! قال: فسأكفيكهما
يا رسول الله، فقال صلى الله عليه و سلم:
"و الذي بعثني بالحق نبيا لقد أخبرني جبريل أنهما يأتيانك فتقول أنت: والله ربي فمن ربكما؟و محمد نبيي
فمن نبيكما؟ و الإسلام ديني فما دينكما؟
فيقولان:
واعجباه!! ما ندري نحن أرسلنا إليك. أم أنت أرسلت إلينا؟".
Terjemahan
Dari
Nabi shallallahu alaihi wasallam beliau bersabda : " ketika seseorang
telah diletakkan di dalam kuburnya, maka malaikat munkar dan nakir
mendatanginya. Keduanya adalah malaikat
yang keras, kasar, hitam kebiruan warnanya seperti malam yang gelap gelita, suaranya seperti petir
yang menggelegar, matanya seperti api
yang menyala-nyala, gigi-giginya seperti tombak, rambutnya terseret di atas tanah dan di kedua tangannya terdapat
alat pemukul/palu jikalau jin dan
manusia semua berkumpul untuk mengangkatnya maka tidak akan mampu. Kedua
malaikat bertanya kepada ahli kubur tentang Rabbnya, tentang Nabinya, dan
tentang agamanya.
Umar
bin Khattab berkata : "apakah keduanya mendatangiku sedangan aku orang
yang teguh ?"
Nabi
berkata : "benar."
Umar
berkata : " maka aku akan mencukupi kepadamu untuk keduanya wahai
Rasulullah."
Nabi
shallallahu alaihi wasallam berkata : "demi zat yang telah mengutusku dengan kebenaran
sebagai Nabi, telah mengkhabarkan
kepadaku Malaikat Jibril bahawa kedua malaikat mendatangimu kemudian engkau berkata : ' Allah adalah
Rabbku, siapakah Rabb kalian berdua ? Muhammad adalah Nabiku, siapakah Nabi
kalian berdua ? dan islam adalah agamaku, apa agama kalian berdua ?'
Malaikat
Munkar dan Nakir berkata : "sangat mengherankan sekali ! kami tidak tahu
apakah kami diutus kepadamu ataukah engkau diutus kepada kami ?"
Takhrij
HR.
Abdul Razzak dalam Musannaf no. 6738.
Ibnu
Katsir dalam Musnad Faruq 1/240, dhaif, masyhur dan gharibul isnad.
Ibnu
Hajar al-Asqhalani dalam Mathalib al-'Aliyah 5/97 dan As -Suyuthi dalam Syarah
as-Shudur no. 182 berkata hadith ini mursal
dan perawinya tsiqah.
Al-Iraqi
dalam Takhrij al-Ihya' 4/223 berkata hadith ini diriwayatkan oleh Ibnu Abi
Duniya dalam Kitab Kubur, hadith mursal (antara Amru bin Dinar kepada Nabi saw)
dengan sanad dapat dipercaya.
Ustaz
Farih bin Shaleh al-Bahlal, dalam tahqiq “al I’tiqad” al Baihaqi, hal. 254,
setelah menunjukkan jalur yang lemah: “Semoga dengan jalur ini dan beberapa syawahid yang lain, sanadnya menjadi
hasan”.
Syeikh
Abdul Rahman Saheem dalam Alukah.net menilai hadith ini tidak sahih.
Rujukan
Fatwa
Islamweb no. 366613
Fatwa
Soaljawab Islam no. 72400
https://majles.alukah.net/t171190/
No comments:
Post a Comment